Gak Perlu Khawatir Sama Batuk Berdahak!

Batuk Berdahak

Gak terasa ya kita sudah mulai menghadapi masa pancaroba. Biasanya disaat seperti ini banyak orang yang imunnya terganggu dan mudah untuk terkena flu. Batuk, pilek, bersin, tenggorokan kering, dan lain sebagainya. Mimi juga salah satu orang yang terkena dampak pancaroba, suara mimi jadi serak banget karena batuk berdahak, benar-benar gak nyaman. Kalian tau gak kalau batuk itu merupakan refleks yang dihasilkan tubuh jika ada iritasi di tenggorokan ataupun paru-paru. Jadi saat kita batuk, tubuh akan berusaha mengeluarkan iritan melalui dahak.

Baca juga :  Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama dan Berbagai Manfaatnya

Batuk berdahak ini juga bisa muncul dengan gejala-gejala lainnya loh. Gejalanya pun bisa bervariasi, tergantung dari penyakit atau gangguan kesehatan apa yang mendasarinya. Dari beberapa gejala yang muncul, kalian bisa mewaspadai gejala-gejala berikut:

  1. Gejala pada sistem pernapasan seperti henti napas (apnea), nyeri dada, napas terengah, batuk darah atau batuk dengan lendir bening.
  2. Gejala lain seperti ascites, napas yang buruk, kelelahan, demam tinggi, kehilangan nafsu makan, malaise atau lethargy, detak jantung yang cepat, dan penumpukan lendir pada rongga sinus.
  3. Gejala serius seperti bibir atau ujung jari yang kebiruan, pingsan, hemoptysis (batuk berdarah), demam tinggi, gangguan pernapasan.

Tapi kalian gak perlu khawatir, jika memang masih mengalami batuk berdahak dengan gejala yang ringan, kalian bisa melakukan hal-hal berikut untuk mengatasinya.

  • Mandi air hangat
  • Minum lebih banyak
  • Mengonsumsi madu dan peppermint
  • Minum obat batuk

Tapi jika kalian sudah mengalami gejala yang berat lebih baik periksakan langsung ke dokter ya, jangan sampai terlambat. Semoga infomasi ini bisa bermanfaat untuk kalian.