Beras Merah Untuk Diet yang Aman dan Sehat

Beras Merah untuk Diet

Beras merah untuk diet memang terkenal sangat populer, sebab memiliki kandungan berupa karbohidrat dan mampu mengontrol diabetes seseorang. Namun saat Anda akan menjalankan program penurunan berat badan, maka harus mempertimbangkan diet rendah karbohidrat.

Salah satu caranya adalah dengan mengganti nasi putih menjadi nasi dari beras merah, karena hanya mengandung karbohidrat rendah. Tidak hanya itu saja, melainkan beras merah juga mengandung nutrisi penting lain dan rendah kalori. Sementara di dalam 100 gram beras merah terdapat 100 kkal energi, 6 gram serat dan 8 gram protein.

Pentingnya Beras Merah untuk Diet, Berikut Manfaatnya

Diet merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan berat badan ideal, dan biasanya ini sering dilakukan oleh sebagian orang yang berbadan gemuk. Namun selama menjalani program tersebut juga haruslah benar, salah satunya adalah dengan memikirkan asupan nutrisi seimbang.

Selain itu ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dari gaya hidup, olahraga, minum sampai mengatur pola makan. Sementara itu untuk bisa mendukung program diet, sebaiknya cobalah untuk pindah mengkonsumsi ke beras merah.

Pasalnya beras atau nasi merah ini memiliki kandungan yang rendah gula atau kalori, sehingga mampu mencegah dari penyakit obesitas dan diabetes. Tidak hanya itu saja, melainkan beras merah juga mempunyai kandungan berupa karbohidrat kompleks daripada beras putih.

Kalori Beras Merah

Beras merah untuk diet memang sangat baik sebab beras tersebut hanya memiliki sedikit kandungan kalori daripada beras putih pada umumnya. Dalam secangkir nasi merah dengan berat 202 gram ada 248 kalori, 1,96 gram lemak, 3,23 gram serat, 51,7 gram karbohidrat dan 5,54 gram protein.

Baca juga :  Menu Sarapan Sehat dan Praktis untuk Diet, Berikut Ini Rekomendasinya

Sehingga untuk bisa menurunkan berat badan yang ideal, maka nasi merah atau beras merah merupakan salah satu makanan yang tepat. Sementara laki-laki dewasa biasanya membutuhkan 2000-3000 kalori/hari, sedangkan perempuan dewasa membutuhkan 1600-2400 kalori/hari guna menjaga berat badan.

Namun hal ini cukup berbeda-beda, semua tergantung dari tingkat aktivitas maupun usia mereka. Sehingga kandungan kalori yang rendah dalam nasi merah mampu membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Beras merah juga mengandung banyak serat daripada jenis beras putih, sehingga lebih cocok untuk menjalankan program diet. Sementara menurut AHA (The American Heart Association) menjelaskan sebaiknya pilih makanan utuh daripada makanan olahan.

Batasan untuk Mengkonsumsi Beras Merah/Hari

Saat menggunakan beras merah untuk diet sebaiknya ketahui batasan yang wajib Anda perhatikan supaya semua programnya berhasil. Seperti yang kita ketahui, bahwa ukuran porsi dari setiap orang tentunya juga akan memiliki batasan yang berbeda-beda.

Sehingga bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan, sebaiknya konsumsi beras merah hingga 158 gram (satu cangkir) saja. Sebab di dalam beras merah ini sudah mengandung banyak serat yang bisa membuat Anda menjadi cepat untuk kenyang.

Memastikan tubuh untuk mendapatkan asupan yang seimbang seperti konsumsi beras merah merupakan cara tepat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tubuh Anda juga dapat menjadi lebih sehat lagi dan akan terhindar dari resiko penyakit tertentu.

Resep Diet Menggunakan Bahan Dasar Beras Merah

Beras merah untuk diet ini bisa Anda kombinasikan dengan menggunakan bahan-bahan lain untuk membuat resep yang enak. Anda hanya perlu menyiapkan satu butir telur rebus dan labu siam rebus saja.

Untuk langkah yang pertama Anda bisa mencuci beras tersebut sampai bersih kemudian masak sampai benar-benar matang. Kemudian rebus telur sampai matang dan rebus labu siam sampai matang atau setengah matang saja.

Baca juga :  Makan Malam Untuk Diet, Alasan dan Tips yang Perlu Anda Perhatikan

Jika semuanya sudah selesai, masukkan nasi merah tersebut ke dalam wadah, lalu belah rebusan labu siam dan telur tersebut dan masukkan ke wadah. Cukup mudah bukan? Ini merupakan salah satu cara termudah untuk membuat resep diet sehat dengan beras merah.

Cara Mudah Menurunkan BB dengan Beras Merah

Gunakan beras merah untuk diet yang benar, artinya Anda harus bisa mengkonsumsinya dalam jumlah beraturan pada waktu yang tepat pula. Sebab kebiasaan mengkonsumsi nasi merah mampu menurunkan berat badan dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan begitu saja.

Nah untuk langkah yang pertama selama menjalani program diet, maka jangan lupa untuk selalu melakukan sarapan setiap harinya. Karena dengan sarapan mampu memberi Anda suplay energi dan menjalankan kegiatan harian bisa berjalan lancar.

Itu artinya, diet menggunakan beras merah, itu artinya Anda harus memasukkan nasi merah tersebut ke dalam sejumlah menu makanan Anda. Menu sarapan yang baik adalah 5 sendok nasi merah, sayuran berwarna hijau seperti brokoli kukus dan jus buah.

Selain itu beras merah untuk diet juga bisa Anda konsumsi untuk jam makan siang pula yang tentunya porsinya lebih banyak daripada sarapan. Porsi nasi merah untuk makan siang setidaknya sebanyak satu centong dengan beberapa lauk yang tak menggemukkan badan.

Namun perlu Anda ingat, sebaiknya makanan lauknya jangan yang digoreng, sebaiknya dikukus saja karena lebih sehat untuk diet. Ketika malam hari tiba, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak untuk makan jenis makanan dengan karbohidrat tinggi.

Anda cukup mengkonsumsi nasi merah setengah porsi saja dengan tambahan lauk yang rendah lemak dan karbohidrat. Misalnya seperti sayur bayam bening, tumis sayur maupun ikan salmon panggang.

Sejumlah Manfaat dari Beras Merah

Saat ini beras merah untuk diet sudah semakin digemari oleh banyak orang karena memiliki kandungan yang lebih baik daripada nasi putih. Meski demikian dalam hal konsumsi sebaiknya jangan sampai berlebihan karena berbahaya dan berat badan tidak bisa turun.

Baca juga :  Waktu Makan yang Baik untuk Anda yang Sedang Diet

Salah satu manfaat dari beras atau nasi merah adalah untuk membantu Anda dalam menurunkan kolesterol yang berlebih dalam tubuh. Sebab di dalam beras merah terkandung minyak yang memiliki manfaat untuk menurunkan dan menghilangkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Tidak hanya itu saja, melainkan beras merah juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan cepat. Hal ini karena dalam kandungan beras merah ada karbohidrat kompleks yang mampu dicerna dalam tubuh Anda.

Selain manfaat tersebut, ternyata beras merah juga mampu untuk mencegah terjadinya obesitas atau berat badan yang berlebihan. Sehingga bagi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, mengkonsumsi beras merah adalah cara terbaik untuk mengontrol berat badan. Bagaimana tidak, sebab mangan yang terkandung di dalam nasi merah bisa membantu untuk mensintesis lemak dalam tubuh.

Healthy M Kitchen Pilihannya!

Di Healthy M Kitchen akan mengajak Anda untuk segera memulai hidup sehat tanpa harus merasa khawatir akan tersiksa untuk mengkonsumsi makanan. Sebab di Healthy Catering telah menyediakan berbagai macam menu makanan yang baik dan ampuh menurunkan berat badan Anda.

Tidak hanya itu saja, melainkan dengan berbagai macam menu catering yang rasanya lebih enak dan tentunya sehat untuk Anda konsumsi. Sehingga untuk mencapai gaya hidup seimbang sebaiknya lakukan diet yang happy dan senang agar tidak stress.

Dari beberapa manfaat beras merah untuk diet tersebut, kini Anda bisa mencobanya untuk menurunkan berat badan mulai dari sekarang. Sementara itu untuk membeli menu catering di M Kitchen, Anda bisa langsung menghubungi kami.