Cara Diet Dengan Tomat Yang Benar & Efek Sampingnya

cara diet dengan tomat

Tak hanya memiliki rasa yang segar dan kaya akan vitamin ternyata buah yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai asupan saat menjalankan program diet. Selain dijadikan pelengkap hidangan atau sajian tomat ternyata memiliki segudang manfaat salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Bagaimana sih cara diet dengan tomat? Nah untuk mengetahuinya pastikan untuk membaca artikel ini hingga selesai.

Tomat sendiri merupakan  buah yang kaya akan kandungan airnya dengan sederet zat gizi penting yang diperlukan oleh  tubuh. Berdasarkan informasi yang dilansir melalui Healthline, kadar air yang terkandung dalam buah tomat dapat  mencapai 95 persen, sedangkan sisanya terdiri dari karbohidrat serta serat tak larut air.

Selain itu buah tomat mengandung vitamin sekaligus mineral yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin yang terkandung dalam tomat antara lain adalah vitamin C, K1, K, B9 (folat), B, dan kalium. tidak hanya sebatas itu, tomat juga mempunyai senyawa antioksidan yang penting untuk  kesehatan tubuh seperti likopen, beta karoten, naringenin, asam klorogenik, klorofil, dan karotenoid.

Dengan kandungannya yang memiliki segudang manfaat tersebut, membuat buah tomat sangat dipercaya oleh orang sebagai buah yang sangat menyehatkan. Selain itu Tomat merupakan salah satu jenis buah yang dinilai  mampu untuk membantu  menurunkan berat badan sehingga banyak orang yang mencari informasi cara diet dengan tomat.

Karena kandungannya yang kaya akan nutrisi dan jumlah kalori yang rendah membuat buah yang satu ini cocok untuk dijadikan asupan saat diet. Meskipun memiliki segudang kandungan nutrisi yang banyak, buah tomat belum dapat  benar-benar dikatakan sebagai asupan yang baik atau buruk untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan, baik atau buruknya buah tomat ini bergantung pada cara bagaimana buah tomat ini diolah dan dikonsumsi. Contohnya saja dengan membuat hidangan jus tomat dengan menambah gula tentunya akan membuat manfaat dari buah tomat menjadi hilang meskipun buah ini memiliki jumlah kalori yang rendah.

Manfaat Buah Tomat Untuk Diet

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, kandungan tomat yang begitu banyak dan baik untuk tubuh membuatnya memiliki banyak manfaat terutama saat dikonsumsi untuk program penurunan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan oleh tomat bila Anda mengkonsumsinya dengan cara diet dengan tomat yang tepat.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat menerapkan cara diet dengan tomat yang dapat Anda peroleh adalah kemampuan buah ini dalam meningkatkan metabolisme lipid. Selain itu, buah tomat juga memiliki kandungan asam amino yang tentunya sangat berguna untuk  membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam membakar lemak yang berlebih.

  1. Rendah Kalori Dan Karbohidrat

Khasiat cara diet dengan tomat yang selanjutnya adalah sebagai sumber nutrisi penting dalam memenuhi kebutuhan mineral, vitamin, protein, dan serat untuk tubuh. Tak hanya itu,, tomat juga mempunyai  jumlah kalori yang rendah sehingga membuat  Anda tidak perlu repot-repot mengkhawatirkan terjadinya penumpukan kalori bila Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Selain rendah kalori, tomat juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Sehingga dengan mengkonsumsi satu hingga dua buah tomat dalam sehari dan menerapkannya dalam pola makan Anda dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Memperlancar Pencernaan

Berat badan yang meningkat dapat disebabkan oleh sistem pencernaan yang tidak mencerna dengan baik sehingga dapat menyebabkan sembelit. Dalam konteks seperti ini tomat berguna untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan Anda sehingga diet anda akan berjalan dengan lebih efektif.

Baca juga :  50 Tips Diet Sehat yang Mudah Dilakukan Tanpa Obat Kimia

Lebih dari itu, buah yang satu ini juga mempunyai kandungan serat yang dapat mendukung proses kerja bakteri baik di dalam usus. Serat juga dapat membuat perut Anda terasa  kenyang lebih lama sehingga cara diet dengan tomat mendukung anda untuk menekan nafsu makan berlebih yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

  1. Indeks Glikemik Rendah

Tomat menjadi salah satu asupan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik sendiri merupakan indikator yang memperlihatkan  seberapa cepat makanan dalam meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi nilai yang terlihat, semakin besar pula  pengaruhnya terhadap peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Tomat memiliki nilai indeks glikemik sekitar 38, sedangkan makanan dengan kategori indeks glikemik yang rendah adalah makanan yang memiliki nilai di angka 55. Oleh sebab itu, mengkonsumsi tomat dinilai mampu membantu untuk mengurangi peningkatan jumlah kadar gula darah dalam tubuh.

Cara Diet Dengan Tomat Yang Efektif

Cara diet dengan tomat dapat Anda lakukan dengan mudah dan simpel. diet yang satu ini mengharuskan Anda untuk menyantap tomat pada saat waktu makan. Anda dapat mengikuti cara diet tomat dibawah ini:

  1. Diet Secara Total

Cara diet tomat secara total ini mengharuskan Anda untuk mengkonsumsi buah tomat saja. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung  dengan memakan buah secara mentah, memanggangnya, dijadikan sajian  jus tomat, dan sebagainya. Metode diet tomat yang satu ini dinilai efektif dalam menurunkan berat badan dengan cepat secara alami, namun sayangnya tidak bertahan lama.

Selain itu, kekurangan dari metode yang satu ini dapat membuat tubuh Anda menjadi kekurangan nutrisi karena hanya mengkonsumsi tomat tanpa diimbangi dengan asupan lainnya.

  1. Diet Tomat Dengan Cara Kombinasi

Cara diet dengan tomat kombinasi  ini dianggap lebih sehat jika dibandingkan dengan diet tomat secara total yang hanya menganjurkan mengonsumsi tomat saja. Manfaat tomat untuk diet bisa Anda peroleh dengan mengkombinasikan buah ini dengan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca juga :  Kalori Sepiring Nasi Untuk Kamu yang Sedang Diet

Memang hasilnya mungkin tidak akan seperti melakukan diet tomat total yang cepat dan menghasilkan hasil yang sedrastis diet tomat total, tetapi diet dengan metode kombinasi ini lebih menyehatkan dan lebih mudah untuk Anda terapkan.

Cara diet dengan tomat menggunakan metode ini yaitu mengkonsumsi buah tomat dengan memasukkan buah ini sebagai pelengkap ke dalam menu makan Anda sehari-hari, Contohnya saja mencampurkannya dengan salad, mengkonsumsinya dengan roti dan lain sebagainya atau bahkan menjadikannya smoothie yang lebih menarik untuk dikonsumsi.

Resiko Efek Samping Diet Tomat

Meskipun cara diet dengan tomat memiliki segudang manfaat buah tomat tetap memiliki efek samping bila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya yang perlu Anda hindari. Khususnya, bila Anda sedang dalam kondisi kesehatan khusus, contohnya penyakit rematik, gangguan ginjal, atau asam lambung. Beberapa potensi efek samping yang dapat timbul apabila mengkonsumsi tomat secara berlebihan. antara lain dapat menyebabkan refluks asam lambung, menimbulkan alergi, resiko terbentuknya batu ginjal.

Pembengkakan dan peradangan pada sendi dan masih banyak lainnya. Sehingga untuk menghindari resiko-resiko tersebut, pastikan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Selain melakukan cara diet dengan tomat Anda harus mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang untuk memperlancar proses penurunan berat badan. Anda dapat membeli makanan sehat dengan rasa yang lezat di catering sehat M Kitchen dengan mudah. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://healthymkitchen.com/ untuk informasi yang lebih lengkap.