Makanan Rendah Kalori Yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

makanan rendah kalori

Selain melakukan aktivitas olahraga secara rutin, menghindari peningkatan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap ideal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi asupan makanan rendah kalori. Hal ini dikarenakan kalori memiliki peranan penting dalam naik turunya berat badan. sehingga perlu dipastikan untuk mengkonsumsi kalori dengan jumlah yang cukup.

Memperhatikan asupan makanan merupakan salah satu kunci keberhasilan program diet. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi untuk mencatat jumlah asupan kalori yang masuk kedalam tubuh. Hal ini bertujuan agar kita Anda dapat mengetahui dengan detail jumlah kalori makanan yang Anda konsumsi termasuk kandungan gizi yang dikonsumsi setiap harinya.

Supaya target berat badan ideal Anda tercapai, Anda perlu memastikan jumlah kalori yang Anda konsumsi tidak melebihi jumlah kalori yang dibakar. Selain itu, perlu diperhatikan juga agar  makanan yang hendak dikonsumsi tidak hanya makanan rendah kalori, melainkan juga makanan dengan nutrisi yang seimbang.

Makanan rendah kalori idealnya dikonsumsi untuk membantu menyeimbangkan antara jumlah kalori yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh dan  jumlah kalori yang diperlukan oleh tubuh. Walaupun memiliki tingkat kalori yang rendah, jenis makanan dengan jumlah kalori yang rendah  ini tetap dapat membuat Anda merasa kenyang.

Makanan dengan jumlah kalori yang rendah ini menjadi solusi untuk orang yang ingin menurunkan berat badannya. Hal ini dikarenakan kalori menjadi hal yang paling wajib untuk diperhatikan saat sedang menurunkan berat badan.

Sebagai informasi, Kalori sendiri merupakan bahan bakar yang diperlukan oleh tubuh ketika melakukan berbagai macam aktivitas. Meski diperlukan oleh tubuh sebagai energi bukan berarti membuat Anda dapat dengan bebas mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan apabila asupan jumlah kalori di dalam tubuh lebih besar daripada jumlah yang seharusnya atau terlalu berlebihan akan membuat kalori tersebut tersimpan dalam tubuh menjadi lemak.

Baca juga :  Sudah Cek Gula Darah Belum?

Makanan rendah kalori ini sangat dianjurkan untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Hal ini karena makanan dengan jumlah kalori yang rendah akan sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dan dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun begitu, anda tidak perlu khawatir takut merasa kelaparan karena Anda dapat menyeimbangkan dengan jenis makanan bernutrisi lainnya.

Jumlah Kalori Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Sebelumnya hal yang penting untuk anda ketahui sebelum mengkonsumsi makanan rendah kalori adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh itu sendiri. Karena setiap dapat memiliki kebutuhan yang  berbeda-beda, berdasarkan  jenis kelamin, usia, serta tingkat aktivitas dari setiap tubuh.

Anak-anak berusia 2 hingga 8 tahun idealnya membutuhkan 1.000 hingga 1.400 kalori per harinya. Wanita dengan rentan usia 14 hingga 30 tahun membutuhkan 2.400 kalori per hari, sedangkan laki-laki dengan rentan usia 14 hingga 30 tahun memerlukan 2.800 hingga 3.000 kalori per hari untuk tubuhnya. Selain itu perempuan dan pria dengan aktivitas yang cukup aktif dengan rentan usia 30 tahun lebih membutuhkan sekitar  2.000 hingga 3.000 kalori per harinya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jumlah kalori yang terlalu berlebih dapat berubah menjadi lemak, yang nantinya akan disimpan di dalam sel lemak yakni jaringan lemak tubuh. Namun, apabila kebalikannya apabila Anda mengurangi jumlah asupan kalori ditambah melakukan aktivitas fisik yang sering guna membakar kalori, akan membuat lemak tersebut mengurang.

Anda juga perlu berhati-hati jika terlalu sedikit mengkonsumsi makanan berkalori juga dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. kurangnya jumlah kalori dalam tubuh dapat menimbulkan risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti diare, gangguan tidur, dan sembelit. Selain itu, saat kalori didalam tubuh anda kurang dari jumlah yang dibutuhkan tubuh dapat membuat Anda menjadi mudah merasa  lelah, letih, serta mengalami kerontokan pada rambut yang cukup  signifikan.

Baca juga :  Pengaturan Jam Makan untuk Diet Sehat Anda

Rekomendasi Makanan Rendah Kalori Yang Cocok Untuk Diet

Setelah membaca penjelasan diatas pastikan untuk mengkonsumsi makanan rendah kalori dengan tepat. Berikut ini rekomendasi makanan rendah kalori yang mengenyangkan dan cocok sebagai pilihan makanan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

  1. Telur

Bahan makanan ini selain praktis juga sangat mudah untuk Anda temui dimana-mana.Selain itu  telur juga padat akan nutrisi. Berdasarkan informasi yang dilansir melalui Fatsecret, kalori yang terdapat dalam sebutir telur yakni sekitar 74 kalori, dengan jumlah lemak 4,97 gram, karbohidrat 0,38 gram, dan protein 6,29 gram. Lebih dari itu, telur juga dinilai kaya akan kandungan asam amino, antioksidan, sekaligus lemak sehat yang baik untuk tubuh.

  1. Buah Apel

Pada dasarnya hampir semua buah memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Tapi, ada beberapa buah yang termasuk makanan rendah kalori karena apabila dikonsumsi dapat memberikan efek kenyang yang lebih besar dan lama sehingga menjadikan Anda untuk mengurangi nafsu makan yang berlebih. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah apel. Selain menyehatkan, buah yang satu ini juga rendah kalori. Buah apel dengan ukuran 125 gram mengandung sekitar 57 kalori serta 3 gram serat, hal ini menjadikannya sangat baik untuk kesehatan usus. selain itu apel juga kaya akan kandungan vitamin C.

  1. Brokoli

Sayur yang satu ini memiliki rasa yang renyah serta lezat ketika dikonsumsi. Selain enak, brokoli juga dinilai sebagai salah satu jenis sayuran paling bernutrisi yang ada di dunia dan tentunya sayur yang satu ini memiliki kandungan kalori yang rendah. Satu brokoli dengan ukuran 91 gram hanya memiliki kandungan sekitar 31 kalori saja sekaligus  mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C harian rata-rata tubuh manusia. Sayuran yang satu ini juga dipercaya dapat membantu melawan kanker.

  1. Wortel

Makanan rendah kalori yang selanjutnya adalah wortel yang merupakan jenis sayuran yang sangat terkenal dan sering dianggap dapat membantu untuk  menjaga kesehatan mata. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan karena wortel kaya akan kandungan beta-karoten yang dapat berubah menjadi vitamin A. Idealnya, Satu porsi wortel dengan ukuran 128 gram hanya memiliki jumlah kandungan kalori sekitar 53 kalori, tetapi buah yang satu ini dapat mencukupi sekitar 400 persen kebutuhan vitamin A harian tubuh manusia.

  1. Bayam

Bayam bukan lagi hal yang asing untuk didengar, pasalnya sayuran berdaun hijau ini  kaya akan kandungan vitamin dan mineral, tetapi memiliki kalori yang rendah. Selain itu bayam juga kaya akan vitamin K, vitamin A, dan folat, sekaligus mengandung jumlah protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayur berdaun hijau lainnya. Umumnya bayam dengan berat 30 gram hanya mengandung sekitar 7 kalori saja yang menjadikannya sebagai makanan rendah kalori.

Baca juga :  Ngemil di Kala Lapar Tengah Malam Tanpa Takut

Nah Itu dia makanan rendah kalori yang dapat dengan mudah Anda olah dan dijadikan asupan sehari-hari saat diet. Selain itu Anda juga dapat membeli makanan melalui catering sehat M Kitchen yang menyediakan berbagai macam menu sehat dan enak. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://healthymkitchen.com/.