Cara Diet Sehat Untuk Remaja yang Efektif dan Aman

Cara Diet Sehat untuk Remaja

Berbagai macam cara diet sehat untuk remaja merupakan hal penting yang dapat dilakukan untuk menghindari adanya obesitas pada usia ini. Sebenarnya obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu masalah bagi segala usia.

Untuk menghindari masalah ini, banyak remaja melakukan upaya diet. Namun tidak jarang banyak remaja melakukan diet dengan yang salah. Seperti kita ketahui, bahwa usia remaja adalah masa pertumbuhan, maka sangat penting bagi para remaja untuk menurunkan berat badan secara lebih sehat dan aman.

Cara Diet Sehat Untuk Remaja

Mempunyai tubuh yang sehat dan ideal tentu menjadi idaman semua orang, tidak terkecuali dengan para remaja. Terlebih, saat ini para remaja telah sadar akan penampilan diri.

Maka mereka pun berlomba-lomba untuk menjaga tubuh agar memiliki bentuk tubuh yang tetap ideal. Remaja pada umumnya masih mengalami pertumbuhan tinggi badan dan pematangan organ serta hormon seksual.

Usia remaja memerlukan adanya asupan nutrisi serat gizi ke dalam tubuh untuk memberikan dukungan terhadap masa pertumbuhan mereka.

Dengan demikian, metode diet yang sembarangan dan tidak sehat justru dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan serta berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, para remaja tetap harus melakukan pola makan serta diet yang sehat dan aman. Berikut ini beberapa tips diet sehat untuk remaja antara lain:

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Pada program diet sehat bagi remaja idealnya tetap memperhatikan makanan gizi seimbang serta padat nutrisi. Remaja harus lebih banyak mengkonsumsi berbagai macam buah, sayur-mayur, protein rendah lemak, biji-bijian dan susu rendah atau bebas lemak.

Baca juga :  Sudah Cek Gula Darah Belum?

Dalam hal ini, Departemen Pertanian Amerika merekomendasikan para remaja untuk mengkonsumsi 45 hingga 65% karbohidrat, 25 hingga 35% lemak, serta 10 hingga 30% protein. Adapun asupan yang dapat dimasukkan ke dalam program diet sehat untuk remaja antara lain:

  • Karbohidrat (sayur, buah-buahan, nasi merah, dan lain sebagainya)
  • Protein (kacang merah, makanan laut, daging, unggas, biji-bijian, dan lainnya)
  • Lemak sehat ( telur, minyak zaitun, alpukat, ikan berlemak, yogurt, hingga kacang-kacangan).

Penuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Kalsium, Fosfor, dan Vitamin D merupakan hal penting yang diperlukan untuk pertumbuhan di usia remaja. Terutama untuk pertumbuhan tulang, gigi dan penambahan tinggi badan.

Selain itu, usia remaja juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. Ini sangat diperlukan untuk metabolisme energi, protein, lemak, serta karbohidrat. Untuk vitamin C sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan kulit.

Dalam pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral, maka disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur dalam jumlah yang cukup. Selain itu, mengkonsumsi susu juga dapat memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh.

Jangan Tinggalkan Sarapan

Tidak hanya usia remaja saja yang sering menyepelekan waktu sarapan, bahkan orang dewasa pun demikian. Sebagian besar kalangan beranggapan dengan melewatkan waktu sarapan dapat memangkas jumlah asupan kalori serta lemak.

Namun faktanya ini adalah suatu hal yang keliru. Sebaliknya, sarapan merupakan waktu makan yang sangat tepat dan penting dan tidak boleh dilewatkan.

Selain mampu memberikan energi, Anda dapat lebih siap dalam menghadapi aktivitas di siang hari. Selain itu, sarapan juga dapat menghindarkan adanya resiko kegemukan. Ketika melewatkan sarapan pagi, mungkin beberapa kalori dapat dipangkas.

Akan tetapi, pada saat siang hari, Anda akan lebih merasa lapar, dengan demikian Anda akan cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan pada waktu makan siang. Oleh karena itu, sebaiknya jangan melewatkan sarapan pagi, karena ini justru adalah waktu makan yang paling tepat.

Baca juga :  Menu Diet Rendah Kalori dan Cara Pengolahannya

Konsumsi Banyak Air Putih

Mengkonsumsi banyak air putih juga masuk dalam tips diet sehat untuk remaja yang perlu Anda pettimbangkan. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup yakni minimal dua liter dalam sehari atau lebih. Hindari mengkonsumsi soft drink atau minuman berpemanis. Pasalnya ini justru dapat memicu kegemukan hingga diabetes melitus.

Hindari Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Diet sehat untuk remaja salah satunya adalah dengan membatasi konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, makanan mengandung lemak jahat, makanan dengan garam berlebih, serta makanan tinggi gula.

Terlalu banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan tidak sehat tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan berbagai masalah tidak sehat lainnya.

Mengontrol Porsi Makan

Mengkonsumsi makanan secara berlebih tanpa adanya kontrol yang tepat seringkali menjadi pemicu berat badan berlebih. Jumlah yang banyak serta waktu makan yang sering dapat membuat asupan kalori serta lemak tertimbun di dalam tubuh.

Kondisi inilah yang memicu kenaikan berat badan yang lebih pesat. Maka bagi remaja yang ingin menurunkan berat badan serta memperoleh tubuh yang ideal, sebaiknya mengontrol porsi makan secara lebih baik.

Sebaiknya makan dengan jumlah yang sedikit meskipun sering. Hal ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama serta dapat menghindarkan Anda dari risiko akibat kegemukan akibat dari menahan lapar dalam waktu yang lama.

Biasakan Ngemil Cemilan Sehat

Selama menjalankan diet sehat untuk remaja, ngemil adalah suatu hal yang boleh dilakukan. Akan tetapi ngemil yang dilakukan adalah ngemil cemilan yang sehat. Terdapat banyak sekali jenis camilan sehat yang dapat dikonsumsi.

Seperti buah dan yogurt, kacang-kacangan tanpa garam atau dark chocolate.Kesemuanya jenis camilan tersebut tidak akan menyebabkan gemuk apalagi obesitas saat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Baca juga :  50 Tips Diet Sehat yang Mudah Dilakukan Tanpa Obat Kimia

Kurangi Intensitas Makan di Luar

Seringkali banyak remaja yang memilih nongkrong bersama teman. Terkadang para remaja juga gemar jajan jajanan di pinggir jalan. Hal ini tentu sangat tidak baik terutama untuk kesehatan dan berat badan Anda.

Terlalu sering makan diluar justru akan membuat berat badan Anda naik dengan mudah. Pasalnya kandungan makanan yang dijual dipinggir jalan atau di tempat-tempat kaki lima tidak dapat dipastikan kehigienisannya.

Selain itu, penggunaan bahan-bahan yang mengandung lemak dapat saja dimasuk tanpa memperhatikan aturan yang berlaku. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan berat badan naik secara tidak terkontrol.

Olahraga Rutin

Banyak kalangan remaja yang menghabiskan waktunya dengan gadget. Sedangkan gaya hidup seperti inilah yang sering dikaitkan dengan berat badan berlebih. Maka untuk dapat menurunkan berat badan secara lebih sehat adalah dengan rajin bergerak dan berolahraga secara teratur. Luangkan waktu untuk dapat melakukan olahraga setiap harinya.

Rencanakan Diet Sehat yang Menyenangkan

Merencanakan diet sehat untuk remaja adalah salah satu cara untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik lagi. Untuk dapat tetap sehat dengan kondisi tubuh yang prima, maka Anda harus banyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar.

Hal ini harus Anda lakukan secara konsisten. Ubah pola makan yang kurang sehat, seperti mengkonsumsi coklat, keripik kentang atau makanan kosong lainnya.

Itulah tips & cara diet sehat untuk remaja yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang bingung dengan menu sehat yang akan dikonsumsi, maka kamu dapat memesannya di M Kitchen. Salah satu catering diet sehat dengan berbagai tawaran menu sehat terbaik dan sangat untuk dikonsumsi. M Kitchen telah menjamin semua menu yang ditawarkan selalu enak dan lezat sesuai dengan menu diet sehat untuk remaja.