Cara Diet Telur Yang Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Diet Telur Yang Sehat

Cara diet telur – Diet telur yakni salah satu cara menurunkan berat badan dengan mengonsumsi telur untuk sumber asupan protein yang utama. Saat memutuskan untuk diet telur ini paling tidak Anda mengonsumsi satu kali dalam sehari. Diet seperti ini termasuk salah satu cara diet rendah kalori dan karbo, namun tetap tinggi protein.

Cara Diet Telur Yang Efektif Turunkan Berat Badan

Kita semua tahu bahwa telur adalah satu dari sekian banyak sumber protein hewani paling populer dan favorit banyak orang karena simpel dan mudah didapat. Telur juga luwes jika digunakan sebagai bahan untuk membuat menu apapun. Selain itu, telur juga mempunyai kandungan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh yaitu kalsium dan vitamin.

Dengan mengonsumsi telur pada saat diet, Anda pun dapat menurunkan berat badan secara cepat namun tanpa harus kehilangan massa otot. Penyajian telur pada saat program diet pun juga dapat Anda sajikan sesuai selera. Bisa dengan direbus ataupun telur dadar biasa.

Idealnya pola makan seseorang adalah tiga kali dalam sehari dengan minuman tanpa kalori seperti air putih. Cara diet telur yang fleksibel pada umumnya bisa Anda sajikan dengan paduan makanan lain seperti ikan, sayuran kukus, atau ayam panggang.

Makan telur ketika sedang melakukan diet juga tidak boleh sembarangan. Saat sarapan pagi, Anda setidaknya mengkonsumsi minimal dua butir telur yang sudah direbus, bisa Anda padukan dengan seporsi sayuran segar seperti asparagus atau tomat. Anda juga bisa melengkapi asupan vitamin dengan mengonsumsi buah rendah karbo seperti misalnya jeruk bali.

Untuk makan siang dan makan malam usahakan menu terdiri dari sayur-sayuran serta telur dikombinasikan dengan makanan dengan kadar protein rendah lemak, bisa dengan ayam ataupun ikan.

Baca juga :  Sering Lupa Karena Kapasitas Otak Terbatas?

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan program diet, tidak cukup hanya membatasi porsi makan dan mengatur pola makan saja. Namun berolahraga ringan juga tidak boleh anda kesampingkan.

Meski olahraga sebenarnya tidak termasuk hal yang wajib ketika Anda melakukan diet. Meski demikian aktivitas ringan seperti bersepeda, jalan cepat, aerobik sangat direkomendasikan untuk hasil diet yang maksimal.

Melihat komposisi dari telur, bagian putih dan kuning telur memang mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda. Putih telur mempunyai protein tinggi, sedangkan kuning telur mengandung nutrisi lain seperti vitamin A, B2, B12, dan D.

Cara diet telur yang baik sebenarnya hanya boleh dilakukan untuk jangka waktu beberapa minggu saja. Setelah itu, lebih disarankan untuk kembali ke pola makan biasa yang sehat dan teratur.

Meski tergolong sehat, diet telur yang dilakukan secara jangka panjang dinilai tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi telur saja akan membuat nutrisi tubuh tidak seimbang sehingga nutrisi penting tidak terpenuhi dengan baik.

Selain itu, telur yang rendah serat mampu memicu gangguan kesehatan berupa sembelit. Ada pula anggapan tentang kuning telur dapat berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan juga resiko kesehatan lain berupa penyakit jantung.

Makanan yang Disarankan Ketika Anda Melakukan Diet Telur

Cara diet telur juga perlu memperhatikan kombinasi menu makanan yang hendak dikonsumsi. Kandungan yang perlu Anda perhatikan adalah bahan makanan yang memiliki protein tanpa lemak, buah-buahan untuk asupan vitamin, serta sayuran yang rendah karbo. Beberapa minuman rendah kalori juga dapat Anda konsumsi.

Berikut ini beberapa makanan yang lebih dianjurkan untuk Anda yang sedang melancarkan program diet telur beberapa minggu kedepan.

  • Telur (putih dan kuning telur)
  • Sayuran rendah karbohidrat seperti kangkung, tomat, bayam, brokoli, dan paprika.
  • Protein tanpa lemak seperti daging ayam tanpa kulit, ikan, daging sapi rendah lemak, dan beberapa jenis daging bebas lemak lainnya.
  • Buah rendah karbo yang mengandung vitamin yang kompleks seperti lemon, jeruk, jeruk bali, semangka, dan berry.
  • Berbagai minuman seperti air mineral biasa, sparkling water, teh atau kopi tanpa pemanis.
  • Jika Anda ingin mengolah menu makanan dengan rempah, bisa gunakan beberapa rempah seperti bawang putih, kunyit, merica, kemangi, oregano, dan rosemary.
  • Anda juga boleh mengonsumsi varian makanan lain seperti susu rendah lemak, yoghurt, susu skim, atau keju rendah lemak.
Baca juga :  Diet Sayuran Rebus, Menu Diet Sehat yang Kaya Nutrisi

Meski ada beberapa makanan yang diperbolehkan ketika Anda sedang menjalankan diet telur, tentu ada pula beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari. Kebanyakan makanan yang perlu Anda hindari adalah makanan dengan kandungan karbo yang tinggi seperti sayuran bertepung, buah-buahan berkarbohidrat, dan biji-bijian.

Beberapa minuman dengan tambahan bahan pemanis juga tidak direkomendasikan, seperti soda yang dikonsumsi bersamaan dengan camilan manis dan asin, apalagi makanan cepat saji.

Cara diet telur yang baik adalah dengan menghindari beberapa makanan seperti di bawah ini:

  • Sayuran dengan karbohidrat tinggi contohnya jagung, kacang, ubi jalar, dan kentang.
  • Buah yang tinggi karbohidrat seperti pisang, mangga, nanas, dan buah-buahan kering lainnya.
  • Biji-bijian seperti barley, roti, pasta, farro, dan buckwheat.
  • Makanan olahan seperti junk food, keripik, aneka kue, pretzel, dan manisan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika Anda sedang diet telur.
  • Minuman dengan tambahan pemanis gula seperti soda, teh manis, jus, dan minuman isotonik juga patut Anda hindari selama diet.

Cara Diet Telur Dengan Sajian yang Mudah dan Praktis

Telur Rebus

Anda dapat merebus telur dengan air panas dengan tingkat kematangan sesuai selera. Rebus sekitar kurang lebih 6 menit untuk mendapatkan tekstur putih yang matang dengan kuning telur setengah matang.

Untuk mendapatkan tingkat kematangan yang optimal, Anda cukup merebusnya selama 7 sampai 8 menit saja. Setelah itu kupas cangkangnya dan telur rebus siap disantap.

Telur Dadar atau Omelet

Cara diet telur yang lain adalah dengan olahan telur dadar atau omelet. Biasanya memasak omelet menggunakan minyak goreng ataupun mentega, namun pada saat diet usahakan hindari atau kurangi bahan tersebut untuk meminimalisir lemak. Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau bunga matahari sebagai pengganti minyak goreng.

Baca juga :  Makanan Tinggi Kalori dan Protein yang Aman dan Sehat untuk Tubuh

Lalu, hindari juga menggoreng dengan suhu yang terlalu panas, karena dapat teroksidasi sehingga membentuk radikal bebas yang berbahaya. Masaklah telur jangan terlalu lama supaya nutrisi tidak hilang.

Pilih telur omega 3 atau organik. Selain itu, Anda juga bisa memilih telur bebek untuk variasi. Untuk menambah gizi pada diet telur ini, Anda bisa menambahkan sayuran seperti irisan wortel, bayam, tomat, jamur, dan sayuran lain sebagai topping.

Masak dengan tingkat kematangan sesuai selera Anda. Jika Anda menyukai omelet bertekstur lembut, bisa Anda tambahkan susu low fat ketika sedang mixing. Tambahkan juga garam atau lada secukupnya. Jika kurang menyukai asin, Anda dapat mengganti garam dengan keju.

Pada dasarnya, cara diet telur yang benar dan sesuai porsinya cukup aman dan baik untuk dijalankan. Diet telur Anda akan berhasil jika Anda tahu berapa batas aman jumlah telur yang dikonsumsi dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk program diet seperti ini. Mengingat diet telur yang terlalu lama justru sangat jauh dari kata baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Jadi, tetaplah bijak dalam menjalankan diet yang tepat demi mendapatkan tubuh yang sehat. Anda bisa mengunjungi website M Kitchen untuk mengetahui berbagai cara untuk diet telur yang baik dan benar.