Seperti Apa Diet Pemula untuk Remaja yang Sehat dan Benar?

diet pemula untuk remaja

Mempunyai tubuh yang ideal dan sehat merupakan impian semua orang tidak terkecuali anak remaja. Terlebih saat ini remaja sudah sadar diri akan penampilan serta ingin mempunyai tubuh ideal. Untuk memperoleh hal tersebut banyak remaja yang melakukan diet tetapi dengan pola. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai diet pemula untuk remaja yang sehat dan benar. Sebab pola makan atau diet bisa mengganggu perkembangan dan pertumbuhan.

Umumnya remaja akan mengalami pertumbuhan tinggi badan, pematangan organ, dan hormon seksual. Maka dari itu remaja harus mengatur pola makan atau diet yang benar dan sehat. Jangan khawatir untuk para remaja bisa memperoleh ideal dengan mempraktekkan cara diet berikut ini.

Tips Diet Pemula untuk Remaja yang Sehat dan Benar

Tubuh anak remaja akan mengalami banyak perubahan misalnya seperti terbentuknya otot tubuh, pertambahan tinggi badan, dan perkembangan seksual. Untuk mendukung pertumbuhannya melakukan diet sehat adalah salah satu cara. Tetapi bagaimana diet pemula untuk remaja?

Para remaja bukan berarti mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan. Tetapi dengan menjalankan pola makan yang seimbang dan sehat. Pola makan yang diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan adalah menyeimbangkan berat badan yang ideal dibarengi dengan tubuh yang prima dan sehat.

Makan 3 Kali Sehari

Banyak anak remaja yang ingin menurunkan berat badan dengan melewatkan sarapan dan makan malam. Padahal hal ini adalah pola diet yang salah. Saat melewatkan sarapan dan makan malam bisa membuat tubuh kehilangan nutrisi dan tidak membantu untuk menurunkan berat badan. Tetapi sebaliknya dengan memanfaatkan sarapan para remaja bisa memperoleh vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk proses belajar.

Baca juga :  6 Tips Mengecilkan Badan Dengan Mudah & Alami

Memperhatikan Jumlah Kalori

Dengan memperhatikan asupan kalori yang seimbang salah satu kunci untuk diet pemula untuk remaja. Perlu diingat bahwa remaja sangat membutuhkan kalori yang cukup untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan tubuh, maka dari itu jangan terlalu membatasi kalori. Sebaiknya menghindari makan dalam jumlah porsi terlalu sedikit sebab hal ini bisa mengganggu pertumbuhan.

Untuk acuan dasar, para remaja bisa membagi pola diet menjadi tiga porsi makan besar dan dua kudapan dengan porsi kecil. Jika Anda terbiasa makan dengan berlebih maka bisa mengurangi porsi sedikit demi sedikit. Kalori yang dibutuhkan para remaja sangat bervariasi hal ini bergantung dari usia, jenis kelamin dan aktivitas fisik. Sebaiknya Anda mencoba untuk berkonsultasi kepada para dokter spesialis gizi supaya memperoleh panduan diet yang baik dan benar.

Menghindari Lemak Jenuh Garam dan Gula

Diet pemula untuk remaja yang sehat dan benar harus menghindari asupan yang tidak sehat. Makanan yang termasuk tidak sehat adalah mengandung lemak jenuh seperti makanan cepat saji dan daging olahan. Usahakan untuk mengurangi makanan tinggi gula dan garam.

Remaja berusia 11 tahun ke atas ada baiknya tidak mengkonsumsi garam lebih dari 6 hingga 30 gram dalam kurun waktu 24 jam atau sehari. Mengonsumsi makanan secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kelebihan berat badan pada anak.

Memilih Camilan yang Sehat

Remaja sangat akrab dengan yang namanya camilan, tetapi bukan hal buruk jika memilih cemilan yang sehat. Disarankan untuk tidak memilih cemilan yang mengandung lemak, garam, dan gula, seperti biskuit, minuman soda, coklat, dan keripik. Karena hal ini bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Ada baiknya memilih dan memilih cemilan yang sehat nan ringan kalori semacam popcorn, buah-buahan, atau wortel yang sudah dipotong.

Wajib Minum Air Putih

Minum air putih merupakan cara diet pemula untuk remaja yang bisa dilakukan untuk memperoleh tubuh ideal. Minum air putih dengan jumlah yang cukup minimal 2 liter dalam sehari. Jika Anda mempunyai tinggi badan besar atau sering berkeringat sebaiknya jumlah air yang dikonsumsi lebih dari anjuran. Hindari mengkonsumsi soft drink atau minuman dalam kemasan yang terlalu manis, karena bisa menimbulkan kegemukan dan diabetes melitus.

Baca juga :  Manfaat Buah Alpukat Serta Cara Makan Alpukat Untuk Diet Yang Baik

Manfaat Melakukan Diet Pemula untuk Remaja

Tentu saja, menerapkan program diet untuk remaja yang benar bukan tanpa alasan. Melainkan akan ada sejumlah manfaat yang bisa Anda ambil.

Menurunkan Risiko Diabetes

Orang yang memiliki berat badan berlebih menjadi faktor risiko diabetes makin besar. Menurut studi lemak pada perut menghasilkan senyawa yang akan menurunkan sensitifitas sel terhadap hormon insulin dalam penggunaan glukosa. Jika hal ini terus dibiarkan kondisi bisa menimbulkan kenaikan gula darah dan sulit digunakan oleh sel agar menjadi energi.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Orang yang mempunyai berat badan berlebih menjadi faktor risiko penyakit jantung termasuk serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Kondisi ini berkaitan dengan obesitas seperti kolesterol tinggi hipertensi. Hal ini menjadi indikator kesehatan sistem pembuluh darah dan jantung. Dengan melakukan diet, Anda bisa memperoleh manfaat berupa penurunan risiko penyakit jantung.

Mengurangi Nyeri di Punggung

Manfaat dari diet pemula untuk remaja bisa mengurangi nyeri pada bagian punggung bawah. Karena berat badan berlebih berkaitan dengan nyeri punggung pada bagian bawah. Jika Anda merasa nyeri punggung di bagian bawah serta mempunyai berat badan berlebih, hal ini bisa menjadi motivasi untuk menerapkan diet.

Menurunkan Tekanan Darah

Semakin naiknya berat badan maka tekanan darah rendah juga akan naik. Para ahli setuju bahwa berat badan berlebih merupakan faktor risiko hipertensi. Penurunan tekanan bisa menjadi manfaat diet yang mempunyai efek signifikan untuk kesehatan secara umum.

Meningkatkan Kualitas Psikologis

Bukan hanya menurunkan risiko penyakit, tetapi dia juga mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang. Hal ini dikarenakan obesitas berkaitan dengan gangguan kecemasan serta masalah mood. Hubungan obesitas dengan gangguan mood sangat dipercaya mempunyai sifat dua arah bahwa berat badan berlebih bisa meningkat karena risiko gangguan psikologis dan sebaliknya.

Baca juga :  Apa Itu Massa Otot? Bagaimana Cara Membentuknya?

Mengendalikan Kolesterol

Diet diketahui bisa mengendalikan walaupun berat badan normal juga mempunyai risiko tetapi orang yang mempunyai berat badan berlebih cenderung rentan mempunyai kolesterol tinggi. Menerapkan diet sehat bisa menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan kolesterol total. Di saat yang sama diet mempunyai manfaat untuk menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Turunkan Risiko Kanker

Manfaat diet pemula untuk remaja ini patut untuk dijadikan pertimbangan karena bisa menurunkan risiko kanker. Menurut National Center Institute terdapat bukti konsisten bahwa kadar lemak tubuh yang tinggi dengan varian jenis kanker mulai dari kanker kerongkongan, endometrium, dan hati.

Ada berbagai mekanisme yang dikatakan para ahli tentang korelasi obesitas dan kanker. Misalnya seperti berat badan yang berlebih berkaitan dengan peradangan kronis pada tubuh dan meningkatkan risiko kanker.

Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah menurunkan risiko stroke. Menurut tadi bahwa stroke signifikan dialami oleh pasien yang lebih mudah di indeks pada massa tubuh yang tinggi. Hipertensi sangat erat berkaitan dengan obesitas, memang bisa meningkatkan risiko stroke.

Berat badan berlebih ditandai dengan indikator kesehatan yang tidak normal seperti kadar gula darah dan kadar kolesterol yang berisiko memicu pembentukan gumpalan dan stroke pada otak dan jantung.

Untuk para remaja yang ingin melakukan diet sebaiknya mengikuti tips diet pemula untuk remaja tersebut. Karena remaja masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang harus terjaga pola makannya. Jangan khawatir, jika Anda masih bingung tentang rekomendasi menu hingga posi makan untuk diet, Anda bisa mencari tahu bersama Healthy M Kitchen. Mulai dari menu cemilan diet hingga sajian diet harian bisa Anda dapatkan di https://healthymkitchen.com/.