Diet Untuk Penderita Diabetes Dengan Cara Mudah

diet untuk penderita diabetes

Diet untuk penderita diabetes yang perlu Anda ketahui. Diabetes adalah salah satu penyakit dengan indikasi tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Upaya yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes ini seperti dengan melakukan diet sehat, menjaga pola makan, dan mulai memperhatikan pola hidup sehat.

Salah mengkonsumsi makanan dan minuman bisa-bisa kadar gula darah meningkat. Lalu, harus bagaimana cara melakukan diet diabetes yang benar? Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang dapat untuk dijadikan pedomain dalam rangka proses program diet bagi penderita diabetes.

Apa yang Dimaksud Dengan Diet untuk Penderita Diabetes itu?

Upaya untuk mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes adalah dengan melakukan diet diabetes, tentu saja diet ini harus dilakukan dengan benar dan konsisten. Diet diabetes adalah sebuah rancangan pola makan yang sehat dan benar, bertujuan untuk membantu menjaga serta mengontrol kadar gula darah.

Penderita diharuskan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan dalam porsi yang cukup sesuai dengan jadwal makan rutin setiap harinya. Tidak hanya untuk mengatur kadar gula darah saja, diet yang dilakukan dengan benar dan sehat juga mampu mengatur berat badan bahkan mengurangi risiko penyakit jantung.

Karena, jika pola makan tidak dijaga dan terlalu sering mengkonsumsi sembarang makanan dan minuman, apalagi makanan dengan kalori dan lemak yang tinggi. Hal tersebut tentu akan memicu kadar gula bahkan lemak yang pada akhirnya menjadi faktor munculnya penyakit lain. Seperti gula darah tinggi (hiperglikemia), ginjal, jantung, bahkan kerusakan jaringan saraf.

Baca juga :  Yoga Untuk Menghilangkan Stres Yang Bisa Dicoba Dirumah

Oleh sebab itu, peran diet diabetes ini sangat penting supaya kadar glukosa dalam darah berada dalam tingkat yang aman. Diet untuk penderita diabetes juga harus didukung dengan memperhatikan nutrisi dalam makanan yang hendak dikonsumsi.

Bagi Anda yang hendak melakukan diet ini, dianjurkan banyak sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian. Menjaga pola makan untuk diet seperti ini tidak hanya berguna bagi penderita diabetes saja, tapi juga bagus untuk kebanyakan orang yang sadar akan pola hidup sehat.

Lalu, bagaimana cara diet untuk penderita diabetes yang sehat dan benar? Tentu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan kadar gula darah yang terkendali. Pola diet harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan diet yang benar.

Cara Diet Untuk Penderita Diabetes

1. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Mengatur pola makan untuk diet diabetes bisa diawali dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari supaya gula darah terkontrol antara lain sebagai berikut:

  1. Sayur mayur
  2. Buah-buahan
  3. Daging tanpa lemak
  4. Biji-bijian
  5. Daging ayam tanpa kulit
  6. Ikan
  7. Telur
  8. Susu rendah lemak

Beberapa makanan tersebut diyakini mampu mengatur kadar gula dalam darah dengan baik. Dengan mengonsumsi makanan tersebut dan mengatur pola makan, maka harapannya risiko diabetes akan menurun, kadar gula darah juga dalam angka yang aman. Sehingga aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan baik.

2. Pantangan Makanan

Selain melakukan diet dengan konsisten, seorang penderita diabetes sebaiknya juga menghindari beberapa makanan yang menjadi pantangan. Beberapa makanan yang menjadi pantangan diabetes antara lain :

  • Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, seperti gorengan, daging, dan kulit ayam
  • Makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi, antara lain seperti es krim, soda, permen, serta makanan dan minuman manis lainnya
Baca juga :  Rekomendasi Menu Diet Karbo Seminggu yang Bisa Dicontoh

Meski demikian, bagi Anda penderita diabetes tentu saja masih bisa mengonsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung gula. Asalkan, tidak berlebihan, jumlahnya dibatasi dan diatur dalam pola makan yang baik sesuai arahan dokter atau ahli gizi.

3. Aturlah Jumlah Kalori Makanan yang Hendak Dikonsumsi

Setelah memperhatikan nutrisi dan menjauhi makanan yang menjadi pantangan diabetes, upaya diet untuk penderita diabetes yang selanjutnya untuk mendukung diet adalah dengan mengatur asupan kalori dari makanan yang hendak dikonsumsi setiap hari.

Kalori sendiri adalah sumber energi untuk tubuh Anda yang berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak. Kebutuhan kalori masing-masing orang berbeda. Dipengaruhi banyak faktor, seperti jenis kelamin, usia, kadar gula darah, bahkan tingkat aktivitas masing-masing orang. Berapa jumlah asupan kalori yang ideal dan dibutuhkan oleh tubuh dapat diketahui saat Anda konsultasi dengan dokter.

Berikut ini sebagai contoh menu makanan untuk diet diabetes :

  • Sarapan
    Bisa dilakukan dalam rentang waktu antara pukul 06.00 sampai 08.00. Menu yang dikonsumsi bisa berupa roti gandum 2 tangkep dengan isi telur. Bisa juga oatmeal 3 sendok takar.
  • Makan Siang
    Waktu makan siang ideal untuk diet antara pukul 12.00 s/d 13.00. Bisa mengkonsumsi nasi merah atau kentang rebus dengan lauk ayam tanpa kulit dan tumis buncis. Untuk kebutuhan seratnya bisa dengan sup kacang merah dan wortel.
  • Makan Malam
    Waktu makan malam sebaiknya antara pukul 19.00 s/d 20.00. Usahakan nasi merah. Untuk lauk bisa dengan sop ikan, serta kebutuhan serat dicukupi dengan sayur bayam. Lalu waktu ngemil bisa dilakukan saat jam 10.00, 16.00, dan 21.00.

Penderita diabetes bisa mengkonsumsi cemilan di sela-sela antara waktu makan besar. Pagi sekitar pukul 10, sore kisaran pukul 4, dan malam bisa ngemil sedikit sebelum tidur. Ngemil di jam-jam tersebut bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah tetap stabil.

Baca juga :  Menu Diet Sehat Golongan Darah B yang Aman untuk Anda Konsumsi

4. Atur Jadwal Makan Teratur dalam Program Diet Untuk Penderita Diabetes

Konsumsi makanan dan mengatur nutrisi serta kalori makanan yang hendak dikonsumsi masih belum optimal untuk mendukung program diet. Upaya penting yang wajib diperhatikan dalam sebuah diet adalah tentang waktu atau jadwal makan yang teratur.

Dalam melakukan sebuah diet, Anda wajib mengatur jadwal makan. Tujuannya adalah supaya gula darah selalu terkontrol, terlebih ketika Anda sedang mengkonsumsi obat diabetes.

Selalu ikuti dan patuhi saran dokter tentang jadwal makan yang baik dan benar. Tiap penderita diabetes memiliki jadwal makan yang berbeda. Hal tersebut tergantung dari tingkat parahnya penyakit diabetes yang dialami. Pada umumnya jadwal makan yang disarankan dokter adalah sebagai berikut :

  • 3 kali makan berat. Meliputi sarapan, makan siang,dan makan malam.
  • 2 kali makan ringan. Meliputi makan siang dan makan malam.

Penting untuk diketahui bagi penderita diabetes sebaiknya tidak melupakan sarapan di pagi hari. Sarapan penting bagi tubuh untuk mendapatkan energi yang pas. Dengan sarapan, maka nafsu makan saat waktu makan siang dapat terkontrol dan tidak berlebih. Sehingga kadar gula otomatis akan terkontrol dengan baik.

5. Imbangi Dengan Melakukan Olahraga Teratur

Supaya manfaat diet membuahkan hasil yang maksimal, Anda perlu mengimbangi dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga ini akan merangsang tubuh memproduksi banyak insulin yang membantu pengolahan glukosa dan mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Olahraga yang bisa dilakukan sebagai cara diet untuk penderita diabetes tidak perlu melakukan aktivitas fisik berat. Diet dan upaya-upaya untuk mengontrol kadar gula darah yang telah disebutkan di atas sangat penting dilakukan. Segera konsultasikan kebutuhan makanan harian kamu kepada catering sehat M Kitchen. Klik tombol dibawah.

 

WA catering