Kalori Sepiring Nasi Untuk Kamu yang Sedang Diet

Kalori Sepiring Nasi Putih

Salah satu makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia adalah nasi. Makanan pokok ini tidak bisa terpisah dari kehidupan manusia. Kandungan berbagai macam nutrisi pada nasi memiliki manfaat yang sehat untuk tubuh. Tetapi tahukah Anda berapa kalori sepiring nasi? Simak ulasan berikut untuk mengetahui kalori dari nasi.

Memahami berapa kalori yang terdapat pada nasi putih sangat penting jika ingin menjalani diet. Menghitung jumlah kalori yang masuk merupakan cara termudah untuk menjaga berat badan. Anda perlu memastikan jumlah kalori pada asupan makanan dan aktivitas fisik agar sebanding.

Sayangnya, masyarakat Indonesia terbiasa mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok. Sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi ini sudah awam diketahui memiliki kadar kalori tinggi. Jika dibandingkan, sebenarnya kalori nasi merah lebih rendah dari nasi putih.

Berapa Kalori Sepiring Nasi yang Biasa Dikonsumsi?

Setiap orang mempunyai takaran yang berbeda saat mengonsumsi nasi putih. Ada yang kenyang hanya dalam tiga sendok makan, tetapi ada yang butuh satu centong atau lebih untuk menghilangkan rasa lapar. Tetapi untuk Anda yang memiliki niat untuk menjaga berat badan, pastikan berapa kalori nasi yang dikonsumsi.

Kalori Nasi Putih Dalam Satu Piring

Jika terbiasa, konsumsi satu piring nasi putih dengan lauk serta sayuran sebagai makanan pokok. Banyak orang memperhatikan jenis nutrisi yang dikonsumsi melalui buah dan sayur. Namun sayangnya, banyak yang tidak memperhatikan jumlah kalori pada nasi putih yang dimakan.

Berdasarkan aplikasi penghitung kalori makanan, kalori sepiring nasi mengandung 135 kalori. Jumlah kalori bisa lebih banyak jika mengonsumsi dalam mangkok yang otomatis akan menambah porsi.

Baca juga :  Menu Harian Penderita Diabetes yang Perlu Diketahui

Kalori Nasi 100 Gram

Seorang ahli gizi mengatakan dalam 1 gram karbohidrat ada 4 gram kalori. Jadi nasi 100 gram mengandung kalori sebanyak 400. Dalam asupan sehari-hari sumber karbohidrat seperti nasi atau umbi sebagai sumber energi wajib ada. Pastinya setiap orang porsinya berbeda-beda.

Kalori Nasi Dalam Satu Centong

Nasi putih sebanyak 100 gram sama seperti 2 centong penuh atau 3 centong datar. Berarti dalam satu centong penuh mengandung 200 kalori, sedangkan satu centong datar mengandung 133 kalori. 

Menurut informasi gizi kalori sepiring nasi terdapat 135 kalori, 0,29 gram lemak, 29,3 gram karbohidrat dan 2,79 gram protein. Jadi untuk Anda merasa nasi putih terlalu banyak kalori dan ingin diet, bisa diganti dengan nasi lain. 

Jenis dan Manfaat Beras

Di Indonesia nasi putih paling banyak dikonsumsi masyarakat. Padahal masih ada jenis nasi lain selain nasi putih dan pastinya memiliki manfaat yang berbeda untuk kesehatan. Berikut jenis nasi dan manfaatnya.

Beras Putih

Beras putih merupakan makanan yang umum dikonsumsi pada negara asia termasuk Indonesia. Karena mudah dicerna oleh anak-anak maupun orang dewasa. 

Beras putih makanan yang mudah diolah untuk berbagai jenis makanan bahkan cemilan. Selain mudah diolah manfaat pada nasi putih untuk kesehatan juga baik. Di antaranya mengurangi gangguan pencernaan seperti radang usus besar dan diare. Bahkan bisa mengurangi morning sickness untuk ibu hamil. Tetapi kalori sepiring nasi putih cukup banyak.

Beras Ketan

Beras ini sering digunakan untuk bahan olahan kue. Banyak jenis olahan makanan yang menggunakan beras ketan sebagai bahan dasar. Beras ketan bisa dikonsumsi secara langsung setelah masak dan memiliki rasa yang gurih.

Seperti jenis beras yang lainnya, beras ketan mempunyai manfaat untuk kesehatan. Nasi ini mengandung zat tembaga yang bisa memperkuat jaringan ikat meningkatkan fungsi otak sehat serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca juga :  Menu Diet Sehat 30 Hari Dengan Nasi Dijamin Anti Gagal

Beras Merah

Beras merah mempunyai tekstur yang lebih keras jika dibandingkan dengan nasi putih. Karena itu banyak yang tidak menyukai nasi ini. Walaupun demikian, nasi merah mempunyai manfaat untuk kesehatan. Seperti menjaga jumlah zat besi pada tubuh bahkan membantu mengatur insulin dan gula. 

Banyak orang yang ingin diet mengkonsumsi nasi merah karena merasa kalori sepiring nasi putih cukup banyak. Kandungan vitamin B6 ini penting untuk menyeimbangkan pembentukan serotonin lalu sel darah merah untuk produksi sel DNA ada pada nasi merah.

Beras Basmati

Mungkin banyak yang belum mengetahui beras jenis ini. Jenis beras basmati berasal dari India. Satu cangkir beras basmati mempunyai kandungan serat 20% lebih banyak daripada beras lain. Bahkan indeks glikemiknya rendah serta bisa memperlancar sistem pencernaan sebab kaya akan serat.

Beras basmati memiliki arsenik yang rendah. Arsenik merupakan logam yang membahayakan kesehatan serta meningkatkan risiko diabetes, beberapa tipe kanker dan masalah jantung. Sebuah penelitian mengatakan bahwa arsenic banyak terdapat di beras daripada biji-bijian lain.

Beras Hitam

Jenis beras hitam seperti beras hitam melati Thailand dan beras hitam Indonesia yang mempunyai warna hitam pekat. Jenis yang satu ini sulit ditemukan. Beras hitam sering digunakan untuk campuran kolak. Tetapi biasanya beras hitam akan berubah berwarna ungu saat dimasak.

Beras hitam mempunyai antioksidan tertinggi dari semua jenis beras. Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi sel dari kerusakan karena kelebihan molekul radikal bebas, kondisi ini bisa menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif berkaitan dengan kondisi kronis seperti kanker, jantung dan gangguan mental.

Beras ini mengandung anthocyanin, kumpulan pigmen tanaman flavonoid yang kaya akan sifat antioksidan bahkan anti inflamasi kuat. Antosianin terbukti mempunyai sifat antikanker yang kuat. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya antosianin yang lebih tinggi memiliki risiko kanker yang lebih rendah. 

Baca juga :  Healthy Artinya Menjaga Pola Makan Agar Sehat

Beras Coklat

Apa Anda pernah melihat beras yang memiliki warna coklat? Orang sering terkecoh saat melihat beras coklat karena mempunyai warna dan bentuk yang hampir sama seperti nasi merah. Sama seperti nasi merah, beras ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan pati dan kalori sepiring nasi coklat cukup rendah serta tinggi akan serat larut. Beras coklat mempunyai kandungan lapisan kuman dan dedak yang tinggi nutrisi.

Bedak beras coklat mengandung apigenin, antioksidan flavonoid, luteolin dan quercetin. Senyawa ini mempunyai peran penting dalam pencegahan penyakit. Konsumsi makanan yang kaya flavonoid secara teratur bisa turunkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan jantung.

Beras Jasmine

Beras ini mempunyai harga yang jauh lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Hal tersebut karena warna yang sangat putih jika dibandingkan dengan beras putih dan aroma yang menggugah selera. Selain beras jasmine, ada beras pandan yang mempunyai aroma seperti daun pandan. 

Sama seperti jenis beras yang lain, beras jasmine memiliki manfaat untuk kesehatan. Beras jasmine mempunyai manfaat untuk mengurangi rasa sakit otot pada tubuh Anda, karena kaya akan asam amino.

Untuk Anda yang ingin diet bisa mengkonsumsi jenis karbohidrat lain, karena kalori sepiring nasi putih memiliki 135 kalori. Jika Anda tidak bisa jauh dari nasi, bisa mempertimbangkan jenis beras tadi. 

Bagi Anda yang sedang diet, tak hanya penting memperhatikan kalori sepiring nasi saja, akan tetapi juga memilih catering diet sehat M Kitchen.