Makanan Beku Sehat Yang Cocok Untuk Dikonsumsi Saat Diet

makanan beku sehat

Makanan beku sehat – Saat ini makanan beku atau yang lebih populer dengan sebutan frozen food banyak dijadikan pilihan banyak orang, Hal ini tentu dikarenakan karakter frozen food yang simpel dan tidak mudah basi menjadikannya digandrungi oleh banyak orang. Terutama saat pandemi seperti ini dimana Anda harus membatasi diri dari lingkungan luar sehingga mengharuskan anda untuk menyetok makanan untuk beberapa hari.

Beberapa orang mungkin menganggap frozen food kurang bagus jika dibandingkan bahan makanan yang segar. Sebenarnya ada banyak sekali makanan beku sehat yang dapat dikonsumsi dengan aman.

Saat ini pun jenis makan beku sudah sangat beragam mulai dari daging, sayuran hingga buah-buahan. Adanya makanan beku sehat tentunya suatu keuntungan untuk Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk belanja keperluan dapur di pasar. Pasalnya frozen food dapat disimpan pada lemari pendingin dalam jangka waktu yang lama.

Kandungan Gizi Pada Makanan Beku Sehat

Mulai dari daging sapi, ayam, ikan, kentang, ataupun buah-buahan beraneka warna, kini dapat dengan mudah anda jumpai dalam bentuk makanan beku. Reputasi makanan beku di berbagai kalangan memang tidak begitu baik seperti halnya makanan segar, padahal faktanya tidak semua frozen food itu buruk anda dapat menemui makanan beku sehat dengan mudah di pasaran.

Salah satu seorang ahli gizi di Amerika Serikat bahkan mengungkapkan bahwa proses pembekuan yang dilakukan pada makanan beku  tidak menjadikan makanan tersebut dapat diklaim menyehatkan atau tidak. Sehat atau tidaknya sebuah makanan tentu bergantung pada gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Umumnya semua bahan makanan yang umum digunakanan melewati proses yang serupa mulai dari proses panen, penyortiran, pencucian, hingga pengemasannya pun dilakukan dengan cara yang sama. Sehingga tidak ada perbedaan nilai gizi baik sayuran yang beku ataupun sayuran yang segar, sama halnya dengan daging beku dan daging segar.

Baca juga :  Bubur Kacang Hijau Untuk Diet. Manfaat & Cara Membuatnya!

Apabila anda merasa ragu untuk mengkonsumsi makanan beku sehat anda perlu mengetahui satu fakta dimana proses pembekuan suatu makanan justru dapat mempertahankan kesegaran sekaligus kandungan berbagai vitamin yang terdapat dalam suatu makanan tersebut.

Pada situasi tertentu, frozen food dinilai dapat mengandung vitamin sekaligus mineral dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan makanan segar. Hal Ini dikarenakan zat gizi dapat mengalami kerusakan akibat suhu yang  tinggi, paparan cahaya matahari, air, dan faktor-faktor lainnya.

Sehingga dapat dikatakan, proses pembekuan pada bahan makanan tentu tidak berpengaruh pada jumlah kalori total, karbohidrat, protein, serta lemak yang terdapat pada bahan makanan Anda. Namun, Hanya saja apabila berbicara soal vektor,  tekstur serta rasa yang dimiliki makanan beku mungkin saja tidak sebaik rasa yang dimiliki oleh  makanan segar dikarenakan kandungan airnya yang berkurang.

Makanan Beku Sehat Yang Bisa Kamu Jadikan Asupan Saat Diet

  1. Edamame – Edamame merupakan kacang kedelai yang masih terletak di dalam polongnya. kacang yang satu ini kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet edamame dapat  menjadi salah satu makanan beku sehat yang bisa Anda stok di kulkas untuk jadi cemilan yang gak bikin gemuk.
  2. Buah cherry – Buah yang satu ini bisa dijadikan makanan beku sehat yang kemudian dapat diolah menjadi smoothies, yoghurt, pie, hingga selai roti. Tidak hanya segar, Buah cherry ternyata mengandung vitamin C yang tinggi, serat, sekaligus antioksidan. Hal ini dapat meningkatkan fungsi otak, sendi serta hati.
  3. Jagung – Buah jagung juga termasuk makanan beku yang mudah untuk ditemui, meskipun dalam bentuk beku tekstur jagung masih tetap bagus meskipun sudah lama.
  4. Bayam – Selain buah, ada juga sayur yang dijadikan sebagai makanan beku. Untuk Anda yang sedang diet bayam beku ini cocok untuk dijadikan smoothie atau salad.
  5. Blueberry – Dengan rasanya yang segar dan asam, buah blueberry cocok diolah menjadi apa saja, contohnya saja smoothies dan dijadikan selai untuk topping pancake. Buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.
  6. Kacang polong – Kacang-kacangan sangat bagus untuk dikonsumsi saat diet. salah satu makanan beku sehat yang bisa dijadikan stok adalah kacang polong yang merupakan salah satu jenis kacang yang mudah untuk  diolah jadi apa saja. mulai dari campuran sup, nasi goreng, pasta, risotto, ataupun dijadikan cemilan.
  7. Brokoli – Sayur yang satu ini sangat terkenal sebagai salah satu asupan saat diet. Hal ini dikarenakan syair yang satu ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B, serat, beta-karoten, serta  mineral yang menjadikan brokoli sebagai makan yang baik untuk dikonsumsi baik yang segar ataupun dalam bentuk frozen food.
Baca juga :  Cemilan Malam untuk Diet, Solusi Badan Ideal dan Sehat

Nah itu dia beberapa makanan beku sehat yang dapat anda jadikan pilihan menu sehat anda, khususnya untuk anda yang sedang menjalankan program diet dan tidak memiliki banyak waktu untuk membeli bahan makanan yang fresh.

Cara Mengolah Makanan Beku Agar Gizi Yang Terkandung Tidak Berkurang

Tentunya anda tidak mau bukan apabila makanan beku sehat anda menjadi tidak bergizi. Maka dari itu anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam mengolah makanan beku yang akan dikonsumsi. Supaya makanan beku tetap aman untuk dikonsumsi serta nilai gizinya tidak hilang tentunya anda perlu mengolahnya dengan benar.

Apabila tersedia Anda dapat mengikuti cara atau langkah-langkah pengolahan yang biasanya tercantum pada kemasan makanan beku. Namun Apabila tidak ada anda dapat mempelajari langkah-langkah berikut untuk mengolah makanan beku anda dengan benar dan baik.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah cara untuk mencairkan makanan beku sehat itu sendiri. kebanyakan orang memilih untuk merendam frozen food kedalam air untuk mencairkannya padahal cara tersebut sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak kualitas makanan itu sendiri.

Cara yang tepat untuk mencairkan makanan beku sehat yaitu dengan menaruhnya pada rak refrigerator yang terdapat di luar freezer. Apabila yang ingin  Anda cairkan adalah produk hewani mentah seperti daging, pastikan cairan atau sisa-sisa darah daging yang mencair tidak menetes dan mengenai makanan lain yang berada disekitarnya.

Setelah makanan beku telah berhasil dicairkan pastikan untuk segera memasaknya untuk menghindari kontaminasi bakteri dari luar.

Menghindari Dampak Negatif Makanan Beku

Meskipun dinilai memiliki gizi yang serupa, tidak semua makanan beku memiliki gizi yang baik. Banyak pula yang mengandung natrium, pemanis tambahan, lemak trans, dan zat aditif. Sehingga anda perlu cermat dalam memilihnya.

Baca juga :  Cara Mengatur Jadwal Diet Untuk Pelajar yang Tepat

Pastikan untuk memilih frozen food yang dibuat dari bahan segar dan memastikan kandungan gizi yang umumnya tertera pada kemasan produk. walaupun mengkonsumsi makanan beku tidak selalu memberikan dampak yang buruk ada baiknya untuk membatasi tingkat konsumsinya untuk menghindari dampak buruk yang mungkin terjadi.

Makanan beku sehat memang sangat membantu Anda yang tidak memiliki banyak waktu, Akan tetapi apabila Anda membutuhkan asupan makanan sehat yang segar anda dapat membelinya dengan mudah di M Kitchen yang menyediakan berbagai menu makanan sehat untuk keperluan diet Anda. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://healthymkitchen.com/.