Makanan Untuk Diet Pemula Jangan Sampai Salah Pilih

makanan untuk diet pemula

Menu makanan untuk diet pemula memang membutuhkan perhatian yang lebih. Tentunya memiliki tubuh yang ideal menjadi impian bagi semua orang. Makanya tidak jarang orang sering melakukan diet agar mendapat tubuh ideal. Namun yang menjadi kendala adalah memilih makanan sebagai menu diet pemula yang cocok untuk dikonsumsi dan tidak akan menambah berat badan.

Karena nyatanya makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan kebiasaan tidak mengatur pola makan bisa menyebabkan berat badan Anda naik. Sebenarnya diet ini bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja namun juga digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Nah, untuk itu sebaiknya saat ingin melakukan program diet, pilihlah menu pola makan yang sehat karena juga akan berpengaruh pada tubuh Anda. Sekarang ini sudah sangat mudah untuk menemukan makanan diet  bagi pemula, Anda bisa mencarinya di supermarket terdekat.

Rekomendasi Makanan untuk Diet Pemula

Mungkin bagi mereka yang baru pertama kali ingin melakukan program diet sering berpikir dengan biaya yang akan dikeluarkan. Padahal program diet untuk pemula ini tidak membutuhkan banyak biaya, Anda hanya harus pintar-pintar menjaga pola makan dengan diiringi olahraga.

Meskipun begitu biasanya makanan untuk diet ini akan berbeda-beda sesuai dengan diet yang sedang dijalani. Namun tidak selamanya diet hanya ditujukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan saja, tetapi juga biasa digunakan bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu.

Diet memang menjadi cara paling sering digunakan seseorang untuk menurunkan berat  badan, namun jarang yang mengetahui makanan apa yang cocok untuk diet. Nah untuk itu berikut ini beberapa makanan untuk diet yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Baca juga :  Kacang penyebab jerawat. Fakta atau Mitos?

Sayuran Berwarna Hijau

Makanan untuk diet pemula yang pertama bisa Anda coba adalah sayuran berwarna hijau, misalnya seperti kangkung, bayam, pakcoy, atau daun katuk. Sayuran berdaun hijau ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Karena jenis sayuran ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Sayuran hijau ini juga mengandung banyak khasiat selain itu juga rendah kalori dan karbohidrat namun tinggi akan serat.

Tidak hanya itu saja jenis makanan untuk diet satu ini juga sangat aman dikonsumsi bagi ibu yang baru melahirkan dan ingin menjalankan diet. Karena sayuran hijau seperti daun katuk sangat cocok dikonsumsi bagi ibu menyusui untuk memperlancar ASI.

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet ketat makanan berdaun hijau ini juga sangat cocok Anda konsumsi. Karena Anda bisa mengkonsumsinya tanpa harus dibatasi jumlah takaran, hal ini karena sayuran hijau tidak akan menambah kalori dalam tubuh.

Protein Tanpa Lemak

Meskipun Anda sedang menjalani program diet protein tetap menjadi asupan yang harus selalu Anda penuhi karena sangat penting bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, protein yang boleh dikonsumsi sebagai makanan untuk diet pemula ini tidak boleh mengandung lemak.

Hal ini karena lemak menjadi hal yang patut dihindari bagi mereka yang ingin menjalankan program diet, karena lemak inilah yang mengakibatkan kenaikan berat badan. Bagi Anda yang menjalankan program diet maka sebaiknya konsumsi daging merah sebagai sumber protein.

Daging merah ini juga sangat baik dikonsumsi untuk pembentukan otot, namun Anda tetap harus memilih daging merah yang tidak memiliki kandungan lemak. Anda juga bisa mengkonsumsi dada ayam sebagai sumber protein yang rendah lemak dan kalori.

Baca juga :  Bahaya Diet Pisang Yang Perlu Dipertimbangkan

Gandum Utuh

Menu diet pemula berikutnya adalah gandum utuh, saat Anda sedang melakukan program diet makanan yang kaya gandum sangat baik dikonsumsi. Ada banyak makanan olahan gandum yang bisa dikonsumsi seperti roti gandum, oat, atau quinoa.

Makanan yang mengandung gandum utuh ini memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi sehingga sangat baik Anda konsumsi saat sedang diet. Anda juga akan merasa kenyang lebih lama dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gandum utuh ini.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memang sering dianjurkan sebagai menu makanan untuk diet pemula, karena mengandung protein, serat, dan lemak yang baik untuk tubuh. Meskipun kacang-kacangan memiliki kandungan kalori cukup tinggi Anda tetap bisa mengkonsumsinya.

Namun pastikan untuk mengkonsumsinya secara tidak berlebihan, mengkonsumsi kacang-kacangan ini juga baik untuk kesehatan metabolik. Selain itu biasanya orang yang mengonsumsi kacang-kacangan cenderung memiliki tubuh yang ramping dibanding mereka yang tidak.

Buah-Buahan

Menu diet pemula yang wajib dikonsumsi berikutnya adalah buah, tentunya buah ini memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Buah ini mengandung banyak serat yang bisa mencegah pelepasan gula dalam aliran darah.

Selain itu tentunya buah-buahan juga mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Buah-buahan yang Anda konsumsi saat diet ini juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa dengan mudah menurunkan berat badan.

Tentunya sudah seperti apa yang kita bahas sebelumnya jika makanan untuk diet pemula adalah hal yang harus Anda perhatikan ketika berniat untuk mempunyai tubuh ideal. Healthy M Kitchen bisa membantu Anda dalam mendapatkan sajian menu diet praktis nan sehat. Kunjungi https://healthymkitchen.com/ untuk informasi dan  konsultasi selanjutnya.

 

Baca juga :  Kacang Hijau untuk Diet Membantu Turunkan Berat Badan

Referensi :

https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/sehat/menu-diet-sehat/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210705154048-267-663433/menu-diet-sehat-untuk-pemula-selama-seminggu/amp