Meal Prep. Ini Manfaat & Tips Membuatnya

meal prep

Untuk para pegiat diet Istilah meal prep pasti sudah sangat familiar untuk didengar. Istilah tersebut menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Jika diartikan secara harfiah, artinya adalah istilah yang berasal dari singkatan meal preparation atau bila diartikan kedalam bahasa Indonesia memiliki pengertian mempersiapkan makanan.

Pada praktiknya, meal preparation merupakan sebuah teknik untuk menyiapkan makanan dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu.  Proses teknik untuk menyiapkan makanan ini diawali dengan membuat perencanaan menu makanan, membeli bahan yang akan digunakan, hingga menyimpan makanan yang sudah dibuat.

Teknik untuk menyiapkan makanan ini sangat cocok untuk diterapkan oleh Anda yang memiliki segudang kegiatan sehingga tidak memiliki waktu yang terbatas untuk sekedar memasak.

Pasalnya, dengan meluangkan sekali waktu untuk menerapkan teknik untuk menyiapkan makanan ini dapat membuat Anda menghemat banyak waktu untuk memasak di waktu selanjutnya, karena idealnya semua bahan makanan telah disiapkan sebelumnya sehingga anda hanya perlu mengolahnya.

Kebanyakan orang yang menerapkan konsep meal prep ini idealnya meluangkan satu hari khusus, antar Sabtu atau Minggu ataupun hari dengan waktu luang yang cukup, untuk menyiapkan makanan selama untuk jangka waktu satu minggu kedepan.

Setelah diolah dan dimasak, makanan tersebut akan langsung dimasukan  ke dalam kotak makan yang kemudian akan disimpan dalam lemari pendingin atau freezer agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Konsep menyiapkan makanan  ini sangat efektif dan efisien bagi Anda yang suka memastikan agar makanan selalu tersedia pada waktu makan dan tidak suka repot sekaligus membuang waktu untuk memasak setiap hari yang membutuhkan banyak waktu.

Untuk Anda yang bekerja kantoran pun, konsep menyediakan makanan untuk jangka waktu yang lama ini dapat dijadikan pilihan alternatif dalam menyiapkan bekal tanpa harus repot memasak sebelum berangkat kerja di pagi hari. Dengan adanya konsep ini Anda hanya perlu memanaskan makanan yang sudah dibuat dan membawanya kerja.

Manfaat Meal Prep

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan dari konsep menyiapkan masakan yang paling utama konsep yang satu ini banyak dianggap dapat membantu untuk menurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan program diet. Selain itu ada beberapa manfaat dari meal prep yang perlu Anda ketahui antara lain:

  1. Membantu Anda Menghemat Biaya Makan

Untuk sebagian orang yang memiliki banyak kesibukan, salah satu solusi yang sering digunakan  untuk menghemat waktu dalam mempersiapkan makanan yakni dengan cara  membeli makanan melalui restoran-restoran di luaran.

Tentunya apabila hal ini dilakukan secara terus menerus dapat membuat pengeluaran anda membengkak dan menjadikan Anda sangat boros. Hal ini menjadikan konsep yang satu ini patut Anda coba untuk menekan pengeluaran Anda.

  1. Memangkas Waktu Menyiapkan Makanan

Dengan menerapkan konsep meal prep yang satu ini Anda tetap dapat mengonsumsi makanan rumahan tanpa perlu repot-repot memasaknya setiap anda ingin makan. Karena anda hanya perlu menghangatkannya menggunakan microwave atau menggunakan kompor selama beberapa menit, dan makanan anda pun dapat langsung dimakan tanpa memakan banyak waktu.

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Dengan menerapkan konsep meal preparation sendiri menjadikan Anda mampu mengontrol jumlah porsi sekaligus kalori yang terkandung di dalam makanan. Hal ini tentu akan membantu Anda dalam  mengontrol berat badan dengan lebih mudah apabila dibandingkan dengan membeli makanan di luar seperti fast food.

  1. Memberikan Nutrisi Yang Seimbang Untuk Tubuh

Tentunya konsep meal prep ini sangat cocok untuk anda yang menerapkan pola hidup sehat pada kehidupan sehari-hari Anda. Pasalnya dengan menyiapkan dan mengolah sendiri makanan Anda, Anda dapat dengan mudah menentukan jenis asupan, jumlah lemak, karbohidrat, protein, serat, garam, gula, maupun komponen lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  1. Menghindari Kebingungan Dalam Memilih Makanan

Untuk sebagian orang memilih menu makanan yang ingin dimakan bukanlah perkara yang mudah, ditambah saat melakukan aktivitas yang padat. Sehingga dengan menerapkan konsep meal prep ini dimana makanan sudah disiapkan dari jauh-jauh waktu, membuat Anda tidak perlu memikirkan menu apa yang harus Anda santap.

  1. Zero Waste Cooking

Hal selanjutnya yang membuat konsep menyediakan makan ini sangat digandrungi oleh banyak orang karena penggunaan bahan-bahan makanan yang dinilai lebih efisien. Dengan menerapkan meal prep, maka secara otomatis Anda  akan terdorong untuk lebih memaksimalkan penggunaan bahan-bahan makanan, seperti bumbu-bumbu dapur, pada saat pengolahan makanan.

Baca juga :  Daftar Menu Diet Sehat Sehari-Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain itu pastinya sebelum ataupun saat berbelanja pun Anda pasti akan menghitung jumlah belanjaan Anda dengan cermat sesuai kebutuhan dan total porsi makanan yang akan disiapkan untuk seminggu kedepan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari kebiasaan menimbun sayuran atau bahan makanan di kulkas sampai layu dan gak bisa dipakai!

Jenis-Jenis  Meal Prep

Makanan lengkap yang siap pakai: Anda dapat mengolah seluruh bahan makanan dan kemudian menyimpannya di lemari pendingin atau freezer.

Memasak atau membekukan: Anda dapat Membuat makanan dalam jumlah ganda kemudian membagi dan menyimpannya. konsep yang satu ini cocok untuk resep-resep yang dapat dimasak dengan mudah oleh Anda.

Makanan untuk satu – Anda dapat menyiapkan makanan dan membagi menjadi beberapa bagian pada wadah.

Persiapan bahan –  Apabila anda salah satu orang yang  suka memasak dan menyajikan makanan dalam waktu yang sama, anda hanya perlu menyiapkan resep dan memotong bahan makanan seperti sayuran, campuran rempah-rempah atau bumbu daging terlebih dahulu sehingga dapat menghemat waktu saat Anda ingin memasak.

Tips Membuat Meal Prep Yang Sehat

  1. Buat Rencana Menu Dengan Rapi

Hal terpenting dari konsep meal prep adalah dengan menyusun rancangan menu dengan rapi. Anda dapat menuliskan menu yang ingin dimasak untuk beberapa waktu kedepan dengan detail.  Catat semua bahan yang diperlukan untuk mempermudah Anda belanja bahan makanan.

  1. Pilih Bahan Makanan Yang Sehat

Untuk anda yang menjalankan pola hidup sehat pastikan untuk memilih bahan makanan yangs sehat seperti sayur supaya makanan yang disiapkan dapat membantu proses penurunan badan dengan efektif.

  1. Gunakan Wadah Dengan Kualitas Yang Baik

Wadah penyimpanan yang berkualitas tentu menjadi hal terpenting yang perlu diperhatikan saat Anda menerapkan konsep meal prep ini. Sehingga pastikan untuk menggunakan wadah yang bisa tertutup dengan rapat agar dapat menjaga makanan Anda tetap aman dan bertahan lama.

Baca juga :  Apa Itu Massa Otot? Bagaimana Cara Membentuknya?

Nah itu dia penjelasan mengenai meal prep mulai dari manfaat hinga tips untuk memulainya. konsep ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tanpa perlu repot-repot membuang waktu untuk menyiapkannya!

Selain menggunakan konsep meal prep Anda juga dapat mengkonsumsi makanan sehat dengan membelinya melalui catering sehat M Kitchen yang menyediakan berbagai menu makanan sehat yang cocok untuk melengkapi pola hidup sehat Anda. Kunjungi websitenya sekarang juga melalui link berikut ini https://healthymkitchen.com/.