Menu Diet Mengecilkan Perut Yang Wajib Kamu Tau

menu diet mengecilkan perut

Menu diet mengecilkan perut – Penampilan memang hal terpenting untuk kaum hawa. Perut yang buncit sudah pasti menjadi momok bagi wanita karena akan memperburuk penampilan. Bahkan mereka rela membuat daftar menu diet khusus untuk mengecilkan perut untuk menjaga penampilan.

Diet yang diimbangi olahraga rutin merupakan kombinasi yang tepat untuk mengecilkan perut. Anda hanya memerlukan waktu relatif singkat untuk memiliki perut sesuai yang diidamkan.

Menu Diet Mengecilkan Perut

Memiliki perut yang langsing sudah pasti menjadi impian sebagian besar wanita. Mengubah pola makan dan hidup adalah cara untuk mendapatkan perut langsing.

Perut buncit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari genetika dan gaya hidup. Konsumsi makanan sebagai menu diet menurunkan berat badan disarankan memiliki nutrisi penting yang menyehatkan.

Dengan demikian, Anda dapat mendapatkan dua manfaat, sehat dan perut yang rata. Berikut adalah makanan yang dapat mengurangi konsumsi makan berlebih sehingga menunjang diet mengecilkan perut yang Anda jalani.

Ikan Tuna

Tuna merupakan sumber protein hewani yang tinggi namun rendah kalori dan lemak. Para binaragawan menjadikan tuna sebagai jenis ikan yang sering dikonsumsi.

Konsumsi ikan tuna mampu menjaga kestabilan lemak dan kalori serta meningkatkan kadar protein dalam tubuh. Jadi, pilihan ikan tuna untuk mengurangi lemak di dalam tubuh dan mengecilkan perut adalah cara yang tepat bukan?

Keju Cottage

Keju adalah salah satu produk yang dihasilkan dari olahan susu yang dapat Anda pilih sebagai menu diet mengecilkan perut. Cottage kaya akan protein namun rendah lemak dan kalori. Kadar protein yang ada pada cottage dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Baca juga :  Bubur Kacang Hijau Untuk Diet. Manfaat & Cara Membuatnya!

Alpukat

Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi alpukat saat diet, mampu menurunkan berat badan secara signifikan lebih cepat. Konsumsi alpukat akan membuat Anda lebih sering makan buah dan sayur dalam jumlah yang lebih banyak.

Jeruk Bali Merah

Kehebatan jeruk bali merah ini sudah tidak diragukan lagi. Dalam penelitian, terdapat 91 pasien obesitas dapat menurunkan berat badan hingga 1,6 kg setelah konsumsi setengah jeruk bali merah sebelum makan selama 12 minggu.

Biji Chia

Biji chia terbukti dapat menurunkan nafsu makan. Chia seeds adalah salah satu makanan berprotein tinggi di dunia. Termasuk dalam daftar menu diet yang mengecilkan perut karena kandungan karbohidrat 12 gram dalam 28 gram biji chia.

Sayuran Hijau

Kandungan karbohidrat dan kalori yang rendah pada sayuran hijau, diyakini dapat menurunkan berat badan. Diperkaya dengan vitamin dan mineral berupa kalsium, dapat membantu membakar lemak dalam tubuh.

Kentang Rebus

Kentang rebus dapat mencegah konsumsi berlebih karena efek kenyang yang diberikan. Kandungan kalium dalam kentang mampu mengontrol kadar gula darah.

Konsumsi kentang rebus sebaiknya menunggu hingga suhunya turun. Hal ini berpengaruh pada produksi serat untuk memperlancar BAB sehingga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih.

Telur

Menjadikan telur sebagai menu diet mengecilkan perut adalah pilihan yang tepat. Konsumsi telur akan memberikan rasa kenyang hingga 3 jam setelah sarapan. Bahkan porsi makanan selama 24 jam kedepan juga akan berkurang.

Oatmeal

Konsumsi oatmeal akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga Anda akan terhindar dari rasa lapar berlebih. Lebih baik konsumsi oatmeal daripada sereal.

Kandungan protein dan serat pada oatmeal lebih banyak daripada sereal. Oatmeal memiliki kandungan gula yang rendah. Serat beta glucan yang dimilikinya terbukti ampuh untuk mengecilkan perut.

Baca juga :  Menu Sarapan Untuk Diet Pemula Yang Bermanfaat

Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu menu diet mengecilkan perut karena kaya akan protein tinggi, lemak sehat dan nutrisi penting yang lain. Asam lemak omega-3 pada ikan salmon dapat mencegah peradangan dan obesitas.

 Sayuran Cruciferous

Cruciferous adalah sayuran berprotein tinggi dan kaya akan serat. Kedua jenis nutrisi tersebut diperlukan agar mendapat rasa kenyang yang berkualitas. Contoh sayuran ini adalah kembang kol, kol dan brokoli.

Kandungan protein sayuran cruciferous memang tidak sebanyak pada daging sapi atau ayam. Namun sayuran ini tetap menjadi sayuran yang kaya protein. Sayuran jenis ini ampuh untuk mengecilkan perut dengan kombinasi protein dan serat tinggi yang terkandung di dalamnya.

Mentimun

Menu diet mengecilkan perut dari timun sering dijadikan olahan sebagai bahan pelengkap salad. Buah sekaligus sayuran ini mengandung 96% air. Kandungan air yang cukup banyak ini mempunyai efek menyegarkan dan membuat perut mudah kenyang.

Buah segar ini mengandung vitamin C, K, asam folat, dan antioksidan flavonoid yang berguna untuk kesehatan tubuh. Anda dapat menikmati timun secara langsung, atau dibuat menjadi berbagai sajian makanan seperti salad, acar, atau jus.

Gandum dan Kacang-kacangan

Meningkatkan asupan makanan yang mengandung serat larut adalah salah satu cara menghilangkan lemak perut. Serat larut ini terdapat pada gandum, berbagai jenis berry dan kacang.

Menurut seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Jessica Crandal mengatakan bahwa serat larut dapat mengendalikan gula darah lebih optimal daripada karbohidrat. Usahakan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung serat larut 25-35 gram serat larut setiap harinya.

Dark Chocolate

Menu diet mengecilkan perut selanjutnya adalah dark chocolate. Saat diet, masih boleh kok makan cokelat asal tidak berlebihan.

Pilihan dark chocolate mengandung 65% kakao yang mengandung asam lemak jenuh tunggal. Asam lemak inilah yang dapat membantu proses metabolisme dengan cepat.

Baca juga :  Makanan 0 Kalori Cocok untuk Program Diet Anda

Yoghurt

Konsumsi yoghurt yang mengandung bakteri baik akan membuat perut kenyang lebih lama. Anda pun akan terhindar dari ngemil sembarangan.

Bakteri baik juga menyehatkan pencernaan dan mencegah perut kembung. Yoghurt dengan potongan buah segar dapat Anda nikmati pada sore hari.

Cabai

Menurut penelitian, kandungan capsaicin pada cabai dapat mengurangi keinginan untuk konsumsi makanan berlemak, manis, dan asin. Capsaicin adalah zat aktif yang menciptakan rasa pedas pada cabai saat dikonsumsi. Inilah mengapa cabai dipilih sebagai menu diet mengecilkan perut meski memiliki rasa pedas.

Buah Pepaya

Bau khas pepaya terkadang tidak disukai orang. Namun buah ini mengandung vitamin A, C, dan E yang sehat untuk tubuh. Pepaya kaya akan serat dan mengandung enzim proteolitik yang dapat mencegah kembung, peradangan, dan berbagai masalah pencernaan.

Pisang

Pisang merupakan cemilan aman yang dapat Anda pilih sebagai menu diet saat berjuang mengecilkan perut. Karbohidrat sehat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, pisang juga mengandung kalium tinggi yang berfungsi mengatur kadar natrium kembali normal setelah mengkonsumsi makanan asin. Makanan asin dapat menahan air yang membuat tubuh terasa lebih berat.

Semua makanan di atas dapat Anda pilih sebagai daftar menu diet mengecilkan perut asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Kemudian, yang perlu diingat adalah saat mengkonsumsinya usahakan diimbangi olahraga rutin dan pola hidup sehat.

Makanan diet tidak selamanya mempunyai rasa yang tidak enak. Anda bisa membuat beberapa jenis menjadi kreasi menu sesuai selera Anda asalkan mempertimbangkan jumlah kalori dan karbohidrat yang terkandung.

Untuk mengetahui berbagai informasi unik dan menarik tentang menu diet mengecilkan perut, Anda bisa mengunjungi website M Kitchen.