Pilihan Menu Makan Malam Diet yang Menyehatkan

menu makan malam diet

Tiap orang pastinya ingin tubuh yang sehat serta ideal. Tak heran apabila mereka melakukan berbagai cara salah satunya dengan diet sehat. Nah, penting bagi mereka untuk memperhatikan menu makan malam diet yang baik dan tidak membuat berat badan menjadi naik.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa makan malam saat diet tidak diperbolehkan. Padahal beberapa fakta sudah menganjurkan untuk tidak melewatkan waktu makan malam. Sehingga ketika tubuh beristirahat perut tetap terisi oleh menu-menu yang menyehatkan.

Inilah Menu Makan Malam Diet Sehat

Pada dasarnya makan malam tidak hanya mencukupi kebutuhan gizi harian, tetapi juga membuat Anda merasa lebih kenyang. Sebenarnya prinsip utama untuk menurunkan berat badan yakni dengan memastikan kalori yang terbakar lebih besar daripada yang masuk. Untuk menjangkau hal tersebut maka perlu adanya perhitungan kebutuhan kalori.

Ketika makan malam seseorang harus bisa memilih menu terbaik dengan kandungan rendah kalori. Pasalnya ada beberapa makanan yang justru menimbulkan bertambahnya berat badan apabila dikonsumsi saat malam hari. Simak beberapa menu makan malam yang menyehatkan ketika Anda berusaha untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Telur Rebus

Menu pertama adalah telur rebus yang sangat baik untuk mereka dengan pola diet sehat setiap harinya. Telur mengandung protein dan lemak yang menyehatkan. Bahan makanan ini juga memberikan rasa kenyang yang lebih dan tidak membuat Anda merasa lapar saat malam hari.

Menu makan malam diet ini bisa Anda sajikan dengan berbagai buah serta minuman sehat. Hal menarik dari telur rebus adalah kuning telur dengan kandungan semua jenis zat gizi. Sehingga cocok menemani diet rendah kalori yang sedang Anda lakukan.

Baca juga :  Ngemil di Kala Lapar Tengah Malam Tanpa Takut

Sup Kuah Bening

Berikutnya ada sup kuah bening yang termasuk dalam menu makanan rendah kalori. Namun, sup identik dengan kandungan air dan zat gizi yang tinggi. Merupakan kombinasi yang tepat dari berbagai menu makan malam untuk menjaga tubuh tetap ideal.

Dalam hal ini penting untuk memilih berbagai jenis sayuran yang kaya akan protein dan serat. Ada baiknya Anda tidak membuat sup dengan kuah bening berbahan kaldu. Tidak lpa untuk mengurangi kandungan lemak pada sup seperti, santan, dan sup krim.

Salmon dan Tuna

Menu makan malam diet yang menyehatkan adalah salmon dan tuna. Keduanya termasuk jenis ikan berlemak yang digemari banyak orang. Namun, kandungan lemak pada salmon dan tuna tidak membuat berat badan naik.

Perlu diketahui bahwa kedua ikan tersebut kaya akan protein yang membuat seseorang merasa lebih kenyang dalam jangka panjang. Ikan tersebut juga memiliki kandungan yodium dan mineral penting untuk menjaga sistem kerja serta fungsi kelenjar tiroid.

Seseorang yang kekurangan yodium fungsi tiroid dalam mengatur metabolisme akan terganggu. Dampak nyata yang biasanya terjadi adalah timbul rasa lapar dan haus yang sulit terkendali.

Daging Panggang Tanpa Lemak

Menu makan malam diet sehat yang wajib Anda buat adalah daging panggang tanpa lemak. Dalam hal ini daging sapi dan ayam bukanlah musuh mereka yang menjalankan diet. Pada dasarnya daging justru membantu menurunkan berat badan karena tingginya kandungan protein.

Nah, protein merupakan salah satu zat gizi yang memberikan rasa kenyang. Bahkan keberadaannya mampu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Tambahan asupan protein mampu mengurangi rasa lapar terutama saat malam hari.

Jika Anda mengonsumsi daging panggang tanpa lemak secara rutin berat badan bisa turun hingga 0.45 kg per minggu. Membantu Anda yang ingin tetap ideal dan selalu sehat.

Baca juga :  DEBM Adalah Singkatan Diet Enak Bahagia Menyenangkan

Tumis Sayur Berbonggol

Kemudian ada menu makan malam diet yang menyehatkan yakni tumis sayur berbonggol. Biasanya sayuran berbonggol berasal dari keluarga Cruciferous seperti kol dan brokoli. Sayuran tersebut memiliki bentuk yang padat dan kaya akan kandungan serat.

Tak hanya itu, sayuran tersebut termasuk sayuran tinggi protein walaupun tidak sebanyak produk hewani. Serat dan protein mampu menjaga perut dari rasa lapar yang berlebih. Ketika malam hari Anda mengonsumsi tumis tersebut maka tubuh akan beristirahat tanpa merasa lapar.

Alpukat Tanpa Gula

Kebanyakan orang hobi mengonsumsi alpukat yang ditambah dengan gula agar memberi rasa manis. Namun, hal tersebut tidak dianjurkan ketika sedang melakukan diet sehat. Akan lebih baik jika mengonsumsi alpukat tanpa gula ketika malam hari.

Buah alpukat termasuk jenis yang mengandung banyak lemak. Namun Anda tak perlu khawatir karena termasuk jenis lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk tubuh. Lemak tersebut mampu membantu menurunkan berat badan dengan signifikan.

Asam lemak tak jenuh pada alpukat juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kandungan serat dan air dari alpukat juga rendah kalori sehingga cocok sebagai menu makan malam.

Sebenarnya masih banyak menu makan malam diet yang bisa Anda variasikan. Agar lebih memahami carilah informasi lain yang berkaitan dengan diet sehat di M Kitchen.