Menu Sarapan Diet yang Perlu Diterapkan untuk Keberhasilan Diet

menu sarapan diet

Menu sarapan diet kini banyak dijalankan oleh beberapa orang yang sadar akan kesehatan tubuh mereka. Baik laki-laki maupun perempuan banyak diantara mereka menerapkan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat yang diterapkan yaitu menjalankan sarapan diet. 

Konsisten dalam menerapkan waktu makan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program diet sehat. Waktu makan yang wajib dalam program diet sehat yaitu waktu makan di pagi, siang dan malam. Ketiga waktu makan tersebut tidak boleh terlewat.

Inilah Tips Menu Sarapan Diet yang Perlu Diterapkan

Menu sarapan sangat penting dalam keberhasilan diet. Selain itu setiap orang memiliki pilihan menu yang berbeda-beda. Namun untuk sarapan diet yang sehat berikut ini dapat menjadi rekomendasi kamu. 

Edamame

Rekomendasi pertama yaitu kacang kaya protein edamame. Kamu dapat mengkonsumsi kacang kedelai muda bernama edamame. Kacang kedelai berwarna hijau dan atau kuning ini kaya akan manfaat. 

Manfaat kacang edamame dapat menjadi pilihan dalam menu sarapan. Hal ini dikarenakan kacang edamame kaya akan protein dan serat. Selain itu kacang kedelai edamame juga rendah kandungan lemaknya. 

Cara mengkonsumsinya cukup dengan merebus kacang edamame 5-7 menit saja kemudian siap untuk menjadi menu sarapan kamu. Selain itu, kamu juga dapat mengolahnya menjadi edamame bean spaghetti.

Telur Rebus

Kebanyakan orang yang sibuk dan tidak sempat menyiapkan sarapan diet, telur rebus menjadi pilihan terbaik. Selain proses pengolahannya yang cepat telur rebus juga lebih tahan lama dalam menahan rasa lapar.

Baca juga :  Makanan Larangan Asam Urat Ini Jangan Anda Konsumi, Berbahaya!

Kandungan lemak dan protein yang baik dalam telur menjadikannya menu yang pas untuk sarapan. Telur dapat menahan rasa lapar sampai siang hari. Hal tersebut dikarenakan telur dapat mempertahankan massa otot pada pencernaan.

Sereal dan Susu Rendah Lemak

Menu sarapan diet sehat selanjutnya dengan mencampurkan sereal dan susu rendah lemak. Sarapan sereal dan susu dikenal banyak orang karena dapat mengenyangkan lebih lama.

Hal tersebut dapat menahan kamu untuk tidak makan cemilan. Kedua kombinasi tersebut memiliki gizi yang baik bagi tubuh. Selain itu kamu juga dapat menambahkan kismis buah atau kacang-kacangan ke dalamsereal agar terasa lebih nikmat. 

Pisang dan Roti

Menu diet sehat selanjutnya yang direkomendasikan yaitu pisang dan roti. Keduanya membantu dalam memperlambat rasa lapar, sehingga kamu akan terasa kenyang lebih lama.

Selain itu kandungan di dalam pisang yang kaya serat dan kalori yang baik bagi tubuh. Jika satu pisang belum membuatmu kenyang maka dapat mencampurkannya dengan roi rendah gula. 

Ikan Salmon Kukus

Ikan salmon terkenal  memiliki banyak gizi. Oleh karena itu salmon dapat menjadi sarapan diet yang sehat. Kandungan minyak ikan yang terdapat dalam salmon berguna untuk membantu insulin.

Selain itu kandungan salmon dalam transpirasi glukosa dari aliran darah menuju sel. Kandungan salmon yang diproses tersebut dapat mengendalikan tubuh agar tidak kecanduan gula berlebih. Dalam pengolahan untuk sarapan diet sehat kamu cukup mengukus salmon atau direbus saja. 

Oatmeal

Tips menu sarapan diet sehat selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi oatmeal. Oatmeal merupakan jenis biji-bijian yang sehat dan bebas gluten. Di dalam oatmeal terdapat nutrisi seperti sumber mineral,vitamin, serat dan antioksidan yang tinggi.

Baca juga :  Cara Diet Sehat Untuk Remaja yang Efektif dan Aman

Oleh sebab itu nutrisi yang berlimpah  membuat oatmeal cocok dikonsumsi pada pagi hari dan pas untuk menu diet sehat. Selain itu kandungan baik juga terdapat pada oatmeal seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B1 dan B5.

Puding Biji Chia

Menu diet sehat dengan puding biji chia juga menjadi salah satu yang direkomendasikan. Biji chia ini rendah akan kalori, sehingga cocok untuk dijadikan menu diet.

Selain itu biji chia juga dapat kamu campurkan dengan buah-buahan. Kandungan yang terdapat didalam biji chia yaitu nutrisi yang tinggi dan omega 3 yang dapat mengurangi berat badan.

Yogurt

Saat memilih yogurt untuk menu diet sebaiknya pilihlah yogurt dengan rendah lemak. Yogurt juga dapat menggantikan susu rendah lemak.

Yogurt yang bebas gula dapat membuat kamu kenyang lebih lama sehingga pas untuk menu diet sehat kamu. Selain itu yogurt juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Oleh sebab itu BAB menjadi lancar sehingga membuat berat badan lebih baik.Untuk mengkonsumsi yogurt kamu dapat meminumnya secara langsung. Selain itu kamu juga dapat mencampurnya dengan beberapa buah-buahan agar terasa lebih segar. 

Olahan Paprika

Rekomendasi selanjutnya untuk jenis sayuran kamu dapat mengolah paprika untuk menu sarapan sehat. Kamu dapat mengolah paprika dengan mencampurkannya dengan telur, daging atau roti. Selain rasa yang nikmat dari paprika juga kaya akan serat. 

Ubi Kukus

Menu sarapan sehat selanjutnya dengan ubi kukus. Ubi kukus memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat memberikan energi lebih dalam tubuh.

Selain itu kandungan ubi juga kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Makanan satu ini juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk menu diet.

Baca juga :  Jadwal Makan Diet Ketat Terbaik Agar Tetap Sehat

Sayur Bayam

Rekomendasi menu sarapan selanjutnya yaitu dengan sayur bayam. Kandungan di dalam bayam terdapat zat besi dan potasium yang baik bagi kebugaran serta menjaga kesehatan tubuh. Dalam pengolahannya sesuai selera kamu, namun perlu diingat untuk posisi nya agar lebih diperhatikan.

Ada beberapa rekomendasi menu sarapan diet buat kamu. Untuk Informasi yang lain kamu juga dapat membacanya di M Kitchen