Kalori Nasi Uduk Komplit, Baca Selengkapnya Disini!

kalori nasi uduk komplit

Kalori nasi uduk komplit memang terbilang cukup tinggi. Hal tersebut karena komposisi lauk pauknya, cara mengolahnya dengan digoreng serta dibuat memakai campuran santan untuk mendapatkan cita rasa yang gurih.

Siapa yang tidak mengenal nasi uduk? Nasi uduk yang menjadi makanan khas dari Betawi ini sering dijual saat pagi hari untuk sarapan. Hampir di seluruh daerah Jakarta banyak yang menjajakan nasi uduk tersebut. Bahkan di luar daerah Betawi pun sudah banyak yang menjualnya.

Menilik Jumlah Kalori Nasi Uduk Komplit

Pada kesempatan kali ini fokus pembahasan kita adalah kalori nasi uduk komplit. Kira-kira berapa jumlah kalorinya? Apakah jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan kalori Anda atau justru melebihi keperluan?

Nasi Uduk

Nasi uduk terbuat dari bahan nasi putih yang diaroni dan selanjutnya dikukus dengan santan sampai matang. Rasa nasinya yang gurih dengan aroma kombinasi serai dan daun salam. Biasanya terdapat tambahan bumbu halus, merica, garam, gula, juga penyedap.

Rata-rata nasi uduk ini banyak pedagang yang menjualnya saat pagi hari. Sehingga dapat menjadi santapan untuk sarapan. Penyajiannya dalam satu porsi biasanya, didampingi dengan beragam lauk pauk yang lain, seperti bihun goreng, kering tempe, sambal, tahu bali, ayam goreng, juga telur.

Nah, melihat sebanyak itu lauk pendamping untuk nasi uduk, kira-kira berapa total jumlah kalorinya?

Jumlah Kalori Nasi Uduk Komplit

Dengan takaran nasi kira-kira 150 gram, nasi uduk lengkap dengan lauk kering, tempe, bihun goreng, dan kerupuk mempunyai jumlah kandungan kalori sekitar 435,2 kal, 8,17 gr protein, kemudian 9,89 gr lemak, dan 60,8 gr karbohidrat, serta 1,92 gr serat.

Baca juga :  Jus Buah Untuk Diet yang Penuh Nutrisi

Jumlah tersebut belum termasuk lauk pauknya yang bersifat memiliki kandungan protein hewani, misal pada telur balado yang mempunyai kalori sekitar 572,6 kalori, 15,61 gr protein, lalu 16,37 lemak, serta 61,22 gr karbohidrat.

Total jumlah kalori yang cukup tinggi untuk sarapan. Mengingat kalori nasi uduk komplit cukup tinggi, maka hendaknya Anda jangan mengkonsumsi nasi uduk setiap hari. Khususnya bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan. Anda harus mengimbangi konsumsi nasi uduk dengan memakan buah-buahan segar supaya asupan serat bertambah.

Selain itu, Anda sebaiknya berhati-hati dengan nasi uduk, sebab mengandung banyak lemak yang berasal dari santan. Oleh sebab itu, Anda harus mengkonsumsi nasi uduk lebih sedikit ketimbang nasi putih. Lemak yang terdapat pada nasi uduk memang bisa membuat dan mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga sangat pas sebagai menu sarapan.

Apabila saat sarapan sudah makan nasi uduk, maka pilihlah menu makan siang hari yang direbus maupun ditumis. Contohnya seperti nasi, bening bayam, dan pepes ikan, dapat Anda jadikan pilihan untuk menu makan siang. Anda juga dapat mengakali dengan mengurangi konsumsi kalori saat siang serta malam hari, supaya asupan kalori yang masuk tidak berlebihan.

Cara Membakar Kalori Setelah Makan

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membakar kalori sesudah makan, antara lain:

  • Naik turun tangga. 15 menit naik tangga bisa membakar lemak sejumlah 140 kalori, hal ini setara dengan 1/2 porsi nasi makan siang Anda.
  • Berlari. Berlari kira-kira 5 hingga 7 menit saja, bisa membakar kira-kira 100 kalori.
  • Lompat tali. Saat Anda melakukan lompat tali selama 30 menit, maka kalori Anda akan terbakar sebanyak 340 kalori. Selain lompat tali, Anda juga dapat melakukan gerakan meloncat secara berulang-ulang.
  • Berkebun. Kegiatan berkebun seperti mencabuti rumput liar di pekarangan rumah selama 10 menit, ternyata bisa membakar kalori Anda hingga 100 kalori.
  • Berenang. Berenang selama 15 menit bisa membakar sampai 100 kalori, akan tetapi ini juga tergantung dari gerakan yang Anda lakukan saat berenang.
  • Menari. Menari selama 30 menit mampu membakar lemak sejumlah 220 kalori dengan memilih lagu yang memiliki tempo dan ritme cepat.
Baca juga :  Makan Malam Untuk Diet, Alasan dan Tips yang Perlu Anda Perhatikan

Jumlah Kalori yang Perlu Dibakar Supaya Cepat Langsing

Pedoman sebagai upaya diet menurunkan berat badan yang populer saat ini yaitu dengan mengurangi kalori sari asupan makanan sehari-hari. Manajemen berat badan Anda tergantung pada kalori yang dimakan serta kalori yang dibakar.

Mulailah dengan menghitung jumlah kebutuhan kalori Anda per harinya. Kebutuhan kalori tersebut bergantung pada usia, jenis kelamin, serta tingkat keaktifan aktivitas Anda setiap hari.

Rata-rata wanita dengan usia 19 hingga 30 tahun yang memiliki kegiatan ringan memerlukan 2000 kalori. Sedangkan pria yang berumur 19 hingga 30 tahun dengan kegiatan ringan memerlukan 2200 kalori.

1 kg setara dengan kira-kira 7.700 kalori, maks kalori yang perlu Anda bakar untuk mengurangi berat badan sejumlah 1kg yakni 7700 kalori.

Secara umum, apabila Anda mengurangi sejumlah 300 kalori setiap harinya, maka Anda akan bisa menurunkan berat badan dalam waktu kurang lebih 25 hari. Menurunkan berat badan akan semakin cepat bila jumlah kalori yang terbakar juga semakin besar (dalam batas aman) serta dibarengi dengan olahraga.

Jumlah terendah nilai kalori setiap harinya yakni 1000 hingga 1100 kalori, serta sangat tidak disarankan menurunkan kalori hingga melampaui batas tersebut.

Nah, itu tadi perhitungan jumlah kalori nasi uduk komplit. Bagi Anda yang suka menyantap nasi uduk, namun sedang diet maka sebaiknya imbangi dengan berolahraga. Anda bisa mencoba diet sehat ala M Kitchen. Berbagai menu diet sehat bisa Anda dapatkan disana dengan mengunjungi websitenya di https://healthymkitchen.com/.