Labu Siam Untuk Diet. Berikut Manfaatnya!

labu siam untuk diet

Tahukah Anda bahwa labu siam sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu diet? Sayuran sehat ini ialah salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan nutrisi sehingga banyak orang yang memanfaatkan labu siam untuk diet.

Secara teknis, labu siam sebenarnya merupakan buah, namun kebanyakan masyarakat mengolahnya menjadi sayur dalam olahan masakan. Sehingga banyak yang menyebut bahwa labu siam adalah sayur.

Istimewanya seluruh bagian labu siam ini dapat dikonsumsi, entah itu di bagian kulit, biji dan bunganya. Diantara kalian pasti masih banyak yang belum tahu manfaat labu siam untuk dijadikan menu diet. Nah jika belum mengetahui manfaatnya, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Manfaat Labu Siam Untuk Diet

Labu siam memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, labu siam juga akan membantu melancarkan proses diet Anda. Daging labu siam ini berwarna putih kehijauan dan memiliki tekstur renyah saat mentah, namun pada saat dimasak daging labu siam akan melunak. Jadi labu siam ini juga cocok untuk dikonsumsi oleh orang tua yang sudah lanjut usia.

Banyak yang menyukai sayur ini karena citarasanya ringan, dingin, serta sedikit manis. Sehingga menciptakan perpaduan yang nikmat dan cocok untuk dijadikan menu makanan untuk diet. Beberapa manfaat labu siam jika dijadikan menu diet antara lain yaitu:

Kaya Akan Nutrisi

Manfaat labu siam yang pertama yaitu kaya akan nutrisi. Selain itu, labu siam juga memberikan berbagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti serat, mineral, dan vitamin. Tentunya hal ini akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh meskipun sedang diet.

Baca juga :  Cara Membakar Kalori Setelah Makan Mie Instan

Perlu Anda ketahui bahwa dibalik kepadatan nutrisinya, labu siam juga diketahui rendah lemak, kalori, natrium, dan karbohidrat. Sehingga tak heran jika banyak yang menjadikan labu siam sebagai menu makanan untuk diet.

Dapat Mengontrol Gula Darah

Meskipun labu siam ini memiliki rasa manis, Anda tidak perlu khawatir. Sebab labu siam tidak akan memicu naiknya gula darah. Justru makanan ini relatif rendah karbohidrat dan tinggi serat. Sehingga dengan kombinasi seperti ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda.

Selain itu, dengan kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu Anda lebih mudah kenyang. Sehingga akan memaksimalkan proses diet Anda. Serat yang dikandung labu siam juga dapat memperlambat penyerapan karbohidrat pada tubuh. Sehingga tak heran jika banyak yang memanfaatkan labu siam untuk diet.

Anti Kanker

Pada umumnya konsumsi buah dan sayuran dapat mencegah risiko terkena jenis penyakit kanker, terutama pada saat Anda banyak mengkonsumsi labu siam. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Penyakit kanker merupakan sebuah penyakit kronis bahkan dapat menyebabkan kematian. Hal ini tentunya perlu Anda waspadai.

Supaya Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Sebaiknya konsumsi berbagai jenis buah-buahan, sayuran dan yang paling penting adalah labu siam. Sebab khasiat labu siam. Sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh serta menurunkan risiko penyakit hati.

Antioksidan yang Kuat

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang kini telah banyak ditemukan dalam berbagai makanan. Tentunya peran antioksidan ini sangatlah penting untuk tubuh Anda. Sebab dengan adanya kandungan antioksidan dapat memperbaiki kerusakan sel, mengurangi peradangan pada tenggorokan serta dapat menurunkan tingkat stres yang berlebihan.

Baca juga :  Jus Buah Untuk Diet yang Penuh Nutrisi

Menyehatkan Hati

Labu siam yang merupakan salah satu sayur atau buah yang mengandung senyawa dan berperan untuk melindungi penumpukan lemak di hati. Menumpuknya lemak di hati tentu saja akan membuat kesehatan tubuh tidak baik. Hal tersebut tentu saja akan sangat ganggu rutinitas Anda. Maka dari itu, sebaiknya perbanyak konsumsi labu siam.

Selain itu, beberapa sains mengatakan bahwa labu siam dapat membantu mengurangi timbunan asam lemak di hati juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dengan begitu, buah ini sangat recommended untuk dikonsumsi.

Labu siam ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi penumpukan lemak. Sehingga pada saat Anda melakukan program diet, tentunya dengan mengkonsumsi labu siam adalah salah satu upaya sehatnya

Menjaga Kolesterol

Labu siam juga sangat bagus untuk menjaga kolesterol. Sebab karbohidrat yang terdapat pada labu siam tergolong sangat rendah dan tinggi serat. Tentunya hal ini sangat berpengaruh untuk menurunkan kolesterol Anda.

Selain itu, labu siam juga mengandung senyawa myricetin yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu saja, senyawa pada labu siam juga dapat mengendurkan pembuluh darah sehingga akan membuat aliran darah semakin lancar.

Beberapa manfaat dari labu siam tentunya sangat berpengaruh pada kehidupan Anda. Maka dari itu, tak heran jika banyak yang mengkonsumsi labu siam untuk diet. Sebab memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cek menu sehat lainnya hanya di M Kitchen.