Pengaturan Jam Makan untuk Diet Sehat Anda

jam makan untuk diet

Kadang banyak yang mengartikan diet hanyalah  mengurangi porsi makan dan memilih jenis makanan yang dipilih. Faktanya, keberhasilan diet juga terletak pada pengaturan jam makan untuk diet. Konsumsi makanan camilan juga diperbolehkan asal ada pengaturan jadwalnya.

Apabila kita tidak konsisten mengatur waktu makan setiap harinya, maka dapat menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan yang lain. Kasihan organ dalam perut karena harus bekerja ekstra.

Jadwal Jam Makan untuk Diet yang Disarankan

Agar pencernaan dapat berfungsi dengan baik, jangan biarkan perut kosong selama lebih dari 3 jam. Dengan jadwal makan yang teratur setiap harinya membuat perut dapat menyesuaikan kerja alat-alat pencernaan.

Jadwal makan yang teratur membantu mencegah konsumsi berlebih serta dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Berikut adalah jadwal makan terbaik yang disarankan untuk Anda

Makan Pagi

Makan pagi atau yang lebih kita kenal dengan sarapan, tidak boleh kita abaikan setiap harinya. Sarapan yang baik dilakukan dalam waktu satu jam setelah bangun dari tidur. Jam makan untuk diet disarankan antara pukul tujuh hingga pukul delapan setiap harinya.

Mengapa? Hal ini dikarenakan saat kita tidur, perut kosong selama enam sampai delapan jam sehingga tubuh membutuhkan kalori untuk tenaga dan merupakan waktu yang efektif untuk mencegah penumpukan lemak.

Konsumsi menu sarapan sebaiknya memilih makanan yang kaya protein tapi rendah gula dan karbohidrat. Anda dapat memulai menu sarapan menggunakan perpaduan oatmeal dengan buah segar, irisan bayam yang dicampur telur dadar, dan roti gandum dengan campuran selai kacang.

Baca juga :  Kandungan Kalori Pisang Rebus Baik untuk Kesehatan Tubuh

Hal yang perlu diingat adalah hindari makanan manis. Konsumsi makanan manis  dapat meningkatkan gula darah dan membuat kita mudah merasa lapar sebelum jam makan siang. 

Camilan Setelah Sarapan

Siapa bilang saat diet tidak boleh ngemil? Konsumsi camilan 2- 4 jam setelah makan pagi tidak akan menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh.

Tapi ingat untuk konsumsi camilan yang sehat saja ya. Irisan apel atau pisang, segenggam kacang tanpa garam, atau dengan smoothie/ yoghurt yang rendah lemak. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah munculnya rasa lapar sampai waktu makan berikutnya.

Makan Siang

Jam makan untuk diet waktu makan siang diusahakan sekitar lima sampai enam jam setelah makan pagi. Kira-kira sekitar pukul sebelas atau dua belas siang.

Anda bisa memilih jenis makanan berprotein tinggi tanpa lemak, berserat, dan mengandung lemak baik. Misalnya kalkun, ayam, ikan, pasta, roti gandum, dan nasi merah.

Lalu bagaimana bila Anda sering melewatkan waktu makan siang karena banyaknya aktivitas yang dilakukan. Solusinya adalah dengan menyiapkan camilan sehat dan tepat yang dapat dikonsumsi antara waktu sarapan sampai makan siang tiba.

Camilan Siang

Jam makan untuk diet juga ada waktu menyantap camilan diantara makan pagi dan makan siang. Hal ini diharapkan dapat membantu mengurangi rasa berlebih dan mengganjal perut supaya tidak keterusan makan.

Camilan seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan merupakan makanan tinggi serat yang mengenyangkan. Bolehlah dengan menambahkan susu rendah lemak atau kedelai, dan teh, atau kopi tanpa gula.

Makan Malam

Kadang orang akan mengkonsumsi makan berlebih saat makan malam. Hal ini dikarenakan mereka beranggapan tidak makan cukup dalam kesehariannya.

Jam makan untuk diet saat bersantap hidangan malam adalah sekitar tiga jam sebelum tidur, antara pukul enam sore. Sebaiknya beri tenggang waktu antara jam makan malam dengan waktu tidur.

Baca juga :  Makanan Tinggi Kalori dan Protein yang Aman dan Sehat untuk Tubuh

Berdasar penelitian, jeda waktu antara jam tidur dan makan malam dapat mencegah peradangan, penurunan resiko terkena kanker, dan resistensi. Konsumsi makan malam yang terlalu dekat jaraknya dengan waktu tidur juga dapat mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah dan insulin. Hal inilah yang menyebabkan Anda susah tidur.

Pemilihan menu makan yang baik adalah makanan yang paling ringan. Hidangan yang disajikan disamakan seperti menu makan siang. Paling tidak kita berlatih untuk mempraktikkan mindful (Mindful Eating) dengan menentukan waktu terbaik makan malam untuk diet.

Camilan Malam

Anda juga diperbolehkan makan cemilan diet pada malam hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah rasa lapar dari mulai tidur hingga terbangun nanti.

Jam makan untuk diet yang dilakukan secara konsisten setiap hari dapat menunjang keberhasilan diet sehat Anda. Dengan jadwal makan yang teratur membuat tubuh paham dan mengerti kapan waktunya mencerna makan mulai dari makan pagi, siang, malam, hingga konsumsi makanan cemilan.

Pengaturan jadwal makan yang sedemikian akan membuat Anda menjadi pribadi yang disiplin. Disiplin perihal tidak akan makan diluar jadwal yang dibuat walau rasa lapar menyerang tiba-tiba.

Diet yang sehat bukanlah diet yang menyiksa. Faktanya kita masih dapat konsumsi makanan cemilan. Hanya saja kita memang harus pandai memilih jam makan untuk diet  serta jenis makanan yang tepat jadi cemilan. Info lengkapnya, Anda bisa kunjungi M Kitchen.