Apa Itu Massa Otot? Bagaimana Cara Membentuknya?

apa itu massa otot

Massa otot – Kebanyakan orang yang tidak begitu familiar dengan aktivitas olahraga beranggapan jika kegiatan olahraga dilakukan hanya untuk membakar lemak serta kalori yang ada didalam tubuh yang tujuan utamanya adalah untuk menurunkan berat badan.

Padahal, fungsi olahraga tidak hanya sebatas membakar kalori tapi ada juga manfaat olahraga lainnya yang tentunya tidak kalah penting yakni menambah massa otot. Tidak jarang masyarakat yang belum begitu familiar dengan hal ini dan bertanya detailnya.

Untuk Anda yang penasaran tentang hal ini, pastikan untuk membaca artikel ini hingga selesai. Umumnya ketika anda melakukan program olahraga saat ingin menurunkan berat badan atau diet, Anda sangat sarankan untuk tetap mempertahankan massa otot. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan melainkan sangat bermanfaat untuk tubuh serta kesehatan.

Apa itu massa otot? dan olahraga apa saja yang dapat dilakukan untuk mempertahankannya? Simak jawabannya dibawah ini!

Berdasarkan informasi yang berasal dari dunia medis, otot sendiri merupakan jaringan yang berada didalam tubuh yang memungkinkan Anda untuk bergerak. Otot sendiri terdiri dari tiga bagian, yakni otot halus, otot jantung, dan otot rangka yang menempel pada tulang dan umumnya tersebar di seluruh bagian tubuh.

Apabila berbicara dalam konteks olahraga, kebanyakan orang biasanya akan tertuju  pada otot rangka yang umumnya memang dapat dikontrol atau dibentuk dengan melakukan latihan khusus. Menjaganya untuk tetap sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya untuk orang dewasa.

Pengertian Massa Otot

Anda pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui apa itu massa otot, secara singkatnya merupakan jumlah otot yang terdapat di dalam tubuh. Massa ini biasanya memiliki ukuran dari yang kecil hingga besar. umumnya otot yang besar merupakan otot yang diperoleh dari latihan fisik atau kegiatan fisik tertentu.

Contohnya saja yang dapat dengan mudah kita lihat adalah otot yang terdapat pada tubuh-tubuh para atlet yang umumnya rutin melakukan kegiatan dan program tertentu. Idealnya mereka memiliki otot tangan, dada hingga kaki yang lebih besar jika dibandingkan dengan massa otot orang pada umumnya.

Sementara otot yang berukuran kecil merupakan otot yang umumnya jarang digunakan untuk melakukan aktivitas fisik. Contohnya saja orang sakit mengharuskan dirinya terbaring lama di rumah sakit, hal ini akan membuat orang tersebut memiliki ukuran otot kaki yang lebih kecil jika dibandingkan orang pada umumnya. Hal ini disebabkan kaki tersebut tidak digerakkan untuk melakukan aktivitas dalam waktu yang lama dan tidak digunakan untuk berjalan.

Untuk Anda yang ingin memperoleh massa otot yang ideal, Anda perlu melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dengan konsisten dan rutin serta diimbangi dengan pola makan yang sehat juga.

Dimana Saja Letak Massa Otot dan Apa Fungsinya?

Setelah mengetahui lebih jauh, informasi yang tidak kalah penting adalah dimana letaknya. Idealnya, tubuh manusia terbentuk dari dua komponen yaitu lemak tubuh atau body fat dan tanpa lemak atau lean body mass. Khusus untuk tubuh tanpa lemak dibagi kembali menjadi tiga bagian yakni massa tulang, otot, dan cairan.

Sedangkan untuk letaknya tersebar pada beberapa bagian yaitu pada bagian rangka, organ vital, hingga jantung. Tiga bagian ini  memiliki peranan yang penting untuk tubuh.

Baca juga :  Cara Diet Nanas Yang Benar Bisa Turunkan BB Dengan Cepat

Otot pada bagian rangka adalah bagian dari sistem otot yang memiliki kaitan yang erat dengan sistem gerak. Pada sistem otot manusia, otot yang satu ini memiliki peran yang sangat penting karena kemampuannya untuk menghasilkan gerakan.

Sedangkan otot polos merupakan otot yang terletak pada bagian dinding organ seperti pada saluran pencernaan, kandung kemih, pembuluh darah, hingga rahim. Otot yang satu ini mempunyai berbagai fungsi yang berbeda-beda, sesuai dengan tempat dan posisinya di dalam tubuh.

Contohnya, apabila dalam sistem pencernaan, otot polos ini dapat membantu proses kontraksi dan relaksasi sehingga asupan yang masuk ke dalam tubuh dapat diproses  dengan baik.

Yang selanjutnya adalah otot jantung adalah jenis otot yang hanya terdapat di bagian jantung saja. Otot yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting dalam memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Sekarang anda sudah mengetahui lebih lanjut dan dimana letaknya.

Cara Membentuk dan Menjaga Massa Otot

Setelah membahas pengertian beserta letaknya. Anda pasti cukup penasaran untuk mengetahui bagaimana cara membentuk massa otot. berikut penjelasannya:

  1. Lakukan Aktivitas Olahraga Secara Rutin

Anda tentu ingin memiliki massa otot yang stabil. Langkah pertama yang cukup penting dalam pembentukan adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin dan konsisten. Beberapa macam olahraga yang cukup efektif dalam membentuk dan menjaga massa otot antara lain adalah plank, bicycle crunch, mountain climber, dan abdominal crunch.

akan tetapi perlu anda ingat, bila anda merupakan seorang pemula pastikan untuk melakukannya secara bertahap untuk menghindari cedera yang seringkali terjadi.

  1. Konsumsi Asupan Protein Dengan Jumlah Yang Cukup

Setelah mengetahui lebih dalam, anda pasti sudah mengetahui jika mengkonsumsi protein adalah salah satu cara yang dapat Anda terapkan dalam membentuk dan mempertahankan massa otot. hal ini dikarenakan, asam amino yang terkandung dalam protein dapat dimanfaatkan tubuh untuk membangun, memperkuat, serta menebalkan serat otot.

Baca juga :  Menu Sarapan Untuk Diet Pemula Yang Bermanfaat

Bila anda sudah paham lebih dalam, anda pasti sudah paham jenis makanan yang memiliki protein tinggi yang dikonsumsi guna mencegah penurunan, makanan tersebut adalah telur, dada ayam, kacang-kacangan, tahu dan tempe, dan ikan salmon.

  1. Konsumsi Makanan Berkarbohidrat

Selain protein, Anda juga dianjurkan untuk memenuhi asupan makanan yang  mengandung karbohidrat guna  mendukung proses pembentukan massa otot. Hal ini dikarenakan glikogen hasil dari karbohidrat sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otot. Oleh sebab itu, jika asupan karbohidrat tidak tercukupi, maka otomatis jumlah kadar glikogen akan habis dan akan berpengaruh pada massa otot dalam tubuh.

Adapun jenis makanan dengan jumlah kandungan karbohidrat tinggi yang bisa Anda jadikan asupan saat membentuknya yakni beras merah, kentang, oatmeal, sayuran, dan buah-buahan.

  1. Istirahat Yang Cukup

Secara ideal, proses pembentukan dan pertumbuhan massa otot akan berlangsung ketika Anda sedang beristirahat. oleh sebab itu, pastikan untuk beristirahat dan memiliki jam tidur yang  cukup. Apabila tidak dilakukan, upaya Anda untuk membentuk dan mempertahankan massa otot akan sia-sia dan gagal atau bahkan malah bisa menyebabkan cedera.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu massa otot dan bagaimana cara untuk membentuknya. Untuk anda yang membutuhkan asupan dengan gizi seimbang untuk membantu proses hidup sehat, Anda dapat membelinya di catering sehat M Kitchen.