Cegah Perut Buncit Dengan Abdominal Crunch, Begini Caranya!

abdominal crunch

Abdominal crunch – Tubuh yang bagus sudah pasti merupakan mimpi semua orang. lemak pada perut yang berlebihan tentunya tidak baik dan sangat  merusak penampilan Anda sehingga Anda mempertimbangkan untuk menghilangkan lemak yang mengganggu tersebut dengan cara  mengecilkan perut.

Ada banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk mengecilkan atau mengencangkan perut yang berlemak salah satunya yaitu dengan melakukan aktivitas olahraga. Salah satu gerakan jenis gerakan olahraga yang dapat digunakan untuk membakar lemak pada perut sekaligus mengencangkan perut adalah abdominal crunch.

Sebagian orang khususnya penggemar olahraga mungkin sudah tidak asing dengan  yang namanya abdominal crunch ini. Salah satu jenis olahraga yang sering disebut-sebut dapat mengencangkan perut ini sangat sering digunakan oleh para pelaku diet.

abdominal crunch termasuk jenis olahraga yang sudah sangat populer dan terkenal sebagai gerakan yang berfungsi untuk mengencangkan otot perut. Umumnya gerakan yang satu ini dianjurkan untuk dilakukan pada tahap terakhir dari kegiatan olahraga Anda.

Jenis olahraga ini sangat bagus untuk Anda yang sedang melakukan diet yang kemudian dilanjutkan dengan aktivitas olahraga kardio, yang dilanjutkan dengan membentuk  otot tubuh atau building muscle, dan tahap terakhir yaitu dengan melakukan olahraga pembentuk perut ini.

Selain itu, dengan melakukan olahraga ini dapat membantu anda untuk  mengurangi perut yang tampak menonjol  ke depan atau buncit. Tentu perut yang menonjol dan buncit sangat merusak penampilan anda, Sehingga untuk anda yang mempunyai masalah tersebut dapat dianjurkan untuk lebih fokus dalam hal menstabilkan otot yang terletak di sekitar tulang punggung atau yang juga disebut inti otot perut.

Mengenal Lebih Jauh Abdominal Crunch

Jika dilihat secara sekilas, gerakan abdominal crunch tidak jauh berbeda dengan gerakan sit up. Walaupun kedua gerakan ini berfungsi untuk memperkuat otot perut dan inti, sebenarnya pada realitanya, jenis olahraga crunch dan sit up merupakan dua gerakan yang cukup berbeda.

Baca juga :  Menu Diet Debm Seminggu, Itu Apa Sih? Berikut Bahasan Lengkapnya

Perbedaan tersebut terletak pada saat anda mulai dari membaringkan tubuh dan bersiap untuk mengencangkan perut anda, berbeda dengan sit up, olahraga crunch umumnya dilakukan dengan mengangkat kepala sekaligus bahu Anda ke arah atas akan tetapi Anda tidak perlu mengangkatnya terlalu jauh dari posisi lantai. Sedangkan  sit up mengharuskan Anda untuk mengangkat kepala sekaligus bahu hingga berada pada posisi tegak atau seperti posisi duduk.

Saat melakukan olahraga abdominal crunch pastikan untuk melakukannya dengan benar dan tepat, karena apabila dilakukan dengan tidak tepat malah akan menyebabkan perut anda semakin buncit. Tentunya anda tidak ingin ini terjadi bukan? Untuk itu simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui langkah-langkah dalam melakukan olahraga yang satu ini.

Cara Melakukan Abdominal Crunch Dengan Tepat

Langkah pertama – Anda membaringkan tubuh secara terlentang di matras yang digunakan khusus untuk berolahraga. Umumnya dengan menggunakan matras sebagai alas anda berolahraga akan terasa lebih nyaman jika dibanding dengan berbaring di lantai secara langsung tanpa menggunakan alas. Setelah membaringkan badan anda dapat menekuk kedua lutut dan kaki tetap dalam posisi menapak pada matras atau lantai.

Langkah kedua – Selanjutnya Anda dapat meregangkan  lutut dan telapak kaki anda selebar pinggul. Anda dapat meletakan telapak kaki sekitar 30 hingga 45 cm dari tulang ekor.

Langkah ketiga – Anda dapat menyilangkan lengan pada bagian depan dada atau anda juga bisa meletakan tangan pada bagian belakang leher atau kepala anda. HIndari untuk  menunduk atau mendekatkan dagu Anda ke arah dada pada saat melakukan crunch karena akan membuat otot punggung mengalami tegangan apabila anda menunduk.

Otot punggung akan mengalami peregangan jika Anda menunduk. Supaya lebih aman, lakukan dengan menyilangkan lengan pada bagian depan dada Anda. Apabila ingin meningkatkan resistansi, Anda dapat memegang  pelat halter dengan berat  2 hingga 5 kg di depan dada.

Baca juga :  Cara Diet Cepat Yang Mudah Dan Sederhana

Langkah keempat – Langkah selanjutnya anda dapat mengangkat punggung atas dari matras dengan cara gerakan mengalir yang terkendali. Saat melakukan gerakan pastikan untuk mengatur nafas anda dengan baik. Tarik nafas lalu buang kembali nafas sambil mengaktifkan otot perut serta mengangkat punggung Anda dari lantai.

Pastikan untuk mengangkat punggung Anda, hal ini bertujuan agar tulang belikat tidak menyentuh lantai atau matras. Jika bahu anda sudah naik, anda dapat menahannya sekitar 1 hingga 2 detik. Pastikan untuk tidak mengangkat seluruh tubuh anda karena dapat menyebabkan punggung bawah anda mengalami cedera. Selain itu, otot fleksor pada pinggul dapat mengambil alih apabila Anda mengangkat tubuh hingga ke posisi duduk. Gerakan abdominal crunch dinilai lebih efektif dalam melatih otot perut jika dibandingkan dengan  sit up penuh.

Kemudian pastikan punggung bawah, tulang ekor, dan telapak kaki Anda menyentuh matras selama proses olahraga berlangsung. Jaga leher agar tetap merasa rileks.

Langkah kelima – Selanjutnya Anda dapat menurunkan punggung kembali ke arah  lantai secara perlahan-lahan dengan gerakan yang mengalir. Kemudian tarik nafas dalam-dalam selama proses menurunkan tubuh ke arah lantai. Jangan sampai tubuh terbanting ke matras. Gerakan yang mengalir dan terkendali akan lebih efektif untuk  melatih otot perut dan mencegah terjadinya cedera.

Setelah tubuh anda berhasil berbaring kembali di matras Anda dapat  berhenti sejenak sebelum memulai untuk melakukan gerakan  abdominal crunch yang berikutnya. hal ini dikarenakan Gerakan yang terlalu cepat dapat menyebabkan terjadinya cedera punggung. Untuk langkah selanjutnya anda dapat melakukan gerakan yang serupa sebanyak 12 kali. Hal ini bertujuan untuk melatih otot perut secara menyeluruh.

Itu dia langkah-langkah melakukan  abdominal crunch yang dapat anda lakukan dirumah dengan mudah. pastikan untuk melakukan langkah demi langkah dengan benar untuk menghindari cedera pada otot.

Baca juga :  Apa Itu Massa Otot? Bagaimana Cara Membentuknya?

Manfaat Gerakan Abdominal Crunch

Walaupun abdominal crunch bukanlah satu-satunya gerakan olahraga yang dapat mengecilkan perut yang dapat  Anda lakukan, tapi menjadikannya salah satu pilihan anda dan melakukannya selama satu hingga dua kali dalam seminggu selain untuk mengecilkan perut ini juga sangat berguna untuk punggung, panggul, obliques, dan abdominis melintang Anda.

Itu dia salah satu kegiatan olahraga yang dapat anda lakukan saat diet, untuk anda yang membutuhkan asupan bergizi untuk program diet dapat membelinya melalui M Kitchen, kunjungi websitenya sekarang juga di https://healthymkitchen.com/.

Tidak berbeda jauh dengan gerakan olahraga lainnya, abdominal crunch akan memberikan anda banyak  manfaat yang tentunya baik bagi tubuh.berikut manfaat melakukan crunch.

Memperkuat Otot Perut

Manfaat gerakan abdominal crunch yang paling utama tentunya digunakan  untuk membantu memperkuat otot perut. Jika Anda ingin memiliki perut yang sixpack anda dapat melakukan gerakan yang satu ini secara rutin. Hal ini dikarenakan crunch merupakan  gerakan yang dilakukan dengan  menargetkan perut dan membuatnya untuk bekerja secara teratur.

Membakar Kalori

Untuk anda yang sedang melakukan diet, jenis olahraga yang satu ini dapat anda jadikan pilihan untuk membakar kalori anda. Hal ini akan mempermudah proses penurunan berat badan anda. Selain itu gerakan olahraga yang satu ini juga dapat  membuat Anda menjadi lebih kuat dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Mudah Untuk Dilakukan

Umumnya kebanyakan orang yang sedang melakukan program diet lebih memilih untuk melakukan olahraga di gym. Padahal anda dapat melakukan olahraga yang dapat membantu program diet anda dengan hanya dirumah saja menggunakan alat-alat yang sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Anda dapat melakukan abdominal crunch dimana saja termasuk dirumah.