Resiko Akibat Kelebihan Kalori Dan Tips Menguranginya

akibat kelebihan kalori

Akibat kelebihan kalori – Kalori merupakan sebuah istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi untuk didengar ditelinga, Khususnya orang yang sedang atau pernah melakukan program diet. Pasalnya pada saat diet Anda tentunya sangat fokus pada jumlah asupan kalori yang harus dikonsumsi ke dalam dan harus dibakar untuk menurunkan berat badan.

Hal ini tentunya menjadikan anda sangat familiar dengan kalori. Sebagian orang mungkin juga sudah mengetahui soal dampak buruk yang muncul akibat kelebihan kalori.

Sebagai informasi, Kalori sendiri merupakan sebuah satuan untuk energi yang memperlihatkan seberapa banyak jumlah energi yang dapat diperoleh dari makanan dan minuman. Umumnya tubuh manusia membutuhkan energi dalam satuan kalori ini agar dapat melakukan aktivitas serta menjalankan fungsinya dengan sesuai. Tentunya setiap menu makanan memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, mengapa kalori termasuk hal yang cukup penting untuk tubuh.

Kalori yang didapat dari makanan atau minuman akan diproses dan kemudian diubah menjadi energi melewati proses metabolisme. Kemudian energi tersebut dimanfaatkan untuk mendukung kerja serta fungsi berbagai macam organ dalam tubuh. Kemudian untuk sisa kalori yang tidak diproses menjadi energi akan disimpan dalam tubuh menjadi jaringan lemak.

Meskipun terbilang penting untuk tubuh, jumlah kalori dalam tubuh tidak boleh terlalu tinggi karena akibat kelebihan kalori dapat menimbulkan berbagai masalah untuk tubuh. Secara tidak disadari kelebihan kalori dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Kalori yang tidak dibakar tentunya akan menumpuk di dalam tubuh yang dapat menjadikan seseorang memiliki berat badan yang berlebih.

Selain itu akibat kelebihan kalori tentunya dapat beresiko terkena penyakit seperti obesitas, stroke, hingga penyakit jantung dan juga kanker. Untuk menghindari penyakit tersebut ada baiknya untuk menyimak artikel berikut ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Sehari-Hari

Umumnya jumlah kebutuhan kalori setiap individu berbeda-beda, hal ini bisa dibedakan berdasarkan jenis kelamin, usia, tinggi hingga berat badan, serta metabolisme tubuh. Idealnya, seorang pria dewasa membutuhkan sekitar 2.000 hingga 2.500 kalori dalam satu hari, sedangkan untuk  wanita dewasa memerlukan sekitar 1.600 hingga 2.000 kalori dalam satu hari.

Jumlah kalori ideal diatas merupakan perkiraan keperluan kalori untuk orang dalam kondisi yang sehat serta tingkat aktivitas fisik yang ringan, contohnya saja pekerja kantoran.

Sedangkan pada penderita suatu penyakit tertentu, contohnya diabetes, kanker, sindrom metabolik atau  penyakit jantung dan malnutrisi, dan orang dengan aktivitas fisik yang  tinggi seperti atlet, maka perhitungan jumlah kalori yang diperlukan akan berbeda dengan orang sehat.

Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan serta perhitungan jumlah asupan kalori yang dapat dilakukan di dokter gizi.

Efek Yang Ditimbulkan Akibat Kelebihan Kalori

Kalori yang terdapat dalam tubuh haruslah sesuai tidak boleh kurang ataupun lebih. Karena apabila jumlah kalori dalam tubuh terlalu tinggi, ada berbagai risiko akibat kelebihan kalori yang harus ditanggung nantinya apabila sampai terjadi.

Berikut ini beberapa masalah pada tubuh yang dapat muncul akibat hal tersebut.

Obesitas

terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, lemak dan protein dapat memicu peningkatan berat badan yang berlebih atau yang biasa dikenal dengan sebutan obesitas. Hal ini dapat terjadi apabila terlalu banyak memakan asupan dengan jumlah karbohidrat yang tinggi tanpa diimbangi oleh aktivitas fisik seperti olahraga.

Baca juga :  Cara Diet Dengan Tomat Yang Benar & Efek Sampingnya

Kerusakan Otak Dan Hati

Kekurangan kalori juga dapat merusak saraf otak, begitupun juga akibat kelebihan kalori dimana organ hati dan otak dapat terancam kesehatannya saat asupan kalori terlalu banyak dalam tubuh. Kalori yang berlebihan dapat menimbulkan racun dalam tubuh yang akan mengakibatkan kerusakan pada hati dan juga otak.

Berisiko Terkena Kanker

Akibat dari nutrisi yang tidak seimbang atau bahkan berlebihan, terutama kalori lemak, ditambah tidak diimbangi dengan asupan dengan kandungan serat tinggi, akan memudahkan sel kanker untuk tumbuh dan berkembang dalam tubuh.

Dehidrasi

Akibat Kelebihan kalori yang lain yaitu dapat memicu terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Sehingga pastikan untuk banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Kerusakan Organ Ginjal

Sebagai informasi, ginjal berfungsi sebagai penyaring berbagai  bentuk senyawa maupun zat yang dihasilkan oleh organ tubuh lainnya. Sehingga akibat kelebihan kalori dalam tubuh dapat memperberat kinerja ginjal saking banyaknya racun yang harus disaring oleh ginjal.

Sembelit

Memakan makanan dengan kandungan kalori yang tinggi secara terus-menerus akan memberikan dampak buruk pada sistem kinerja tubuh terutama kinerja pencernaan yaitu perut dan usus. hal ini terjadi karena proses mencerna lemak membutuhkan waktu yang lama sehingga menimbulkan sembelit.

Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat kelebihan kalori, hal ini sering diderita oleh orang yang sering mengkonsumsi protein hewani. hal ini terjadi karena sumber lemak jenuh yang sangat tinggi sehingga menyebabkan kadar  kolesterol ikut meningkat. Tentunya kolesterol yang meningkat memberikan pengaruh terhadap kondisi asam urat.

Karies Gigi

akibat dari tingginya asupan kalori yang diterima oleh tubuh juga memiliki dampak yang buruk untuk  kesehatan mulut serta gigi di mana dapat terjadi karies gigi. Kerusakan jaringan keras pada gigi ini perlu diwaspadai dikarenakan zat asam yang tertinggal dalam waktu yang lama di dalam gigi dapat menyebabkan kehancuran pada lapisan enamel gigi lambat laun.

Baca juga :  Menu Makan Sore Untuk Diet Untuk Bantu Program Diet

Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah kondisi yang tidak boleh diabaikan dan perlu dikhawatirkan karena penyakit yang satu ini  dapat memberi efek buruk dari akibat kelebihan kalori karbohidrat yang memberi dapat merusak metabolisme tubuh. Tidak hanya hipertensi, penyakit jantung atau kondisi lainnya bisa saja muncul.

Tips Mengurangi Resiko Akibat Kelebihan Kalori

Jika anda mengalami kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya, Anda dapat mencoba mengurangi asupan kalori dan menjalani diet kalori serta melakukan aktivitas fisik dengan rutin olahraga selama 30 menit setiap harinya. Apabila hendak mengurangi jumlah asupan kalori untuk menurunkan berat badan, anda dapat menyimak tips di bawah ini:

  • Tingkatkan  asupan protein serta karbohidrat kompleks untuk meningkatkan metabolisme serta mengendalikan nafsu makan yang berlebih.
  • Hindari untuk mengkonsumsi makanan atau  minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi seperti kue, coklat, permen, es krim, minuman kemasan, dan minuman bersoda.
  • Minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Biasakan diri anda untuk minum 1 gelas air sebelum makan untuk menekan nafsu makan berlebih.
  • Lakukan aktivitas fisik seperti olahraga dengan sesuai konsisten untuk membakar kalori berlebih pada tubuh.

Itu dia penjelasan seputar kalori mulai dari pengertian, resiko akibat kelebihan kalori, serta tips untuk mengurangi resiko buruk yang terjadi akibat kalori yang berlebih. Apabila anda sedang diet dan membutuhkan asupan dengan nutrisi yang seimbang Anda dapat membelinya melalui M Kitchen yang merupakan salah satu catering sehat terbaik. Kunjungi websitenya segera melalui link berikut https://healthymkitchen.com/.