Bahaya Lemon Untuk Diet & Tips Diet Lemon Dengan Tepat

bahaya lemon untuk diet

Bahaya lemon untuk diet – Ada berbagai macam cara atau metode yang diterapkan oleh seseorang untuk dapat menurunkan berat badan dan salah satunya yakni dengan memanfaatkan buah contohnya saja lemon. Buah Lemon menjadi salah satu buah yang sangat populer dikalangan pelaku diet karena dinilai memiliki khasiat untuk membantu proses pengecilan badan.

Cara penggunaannya yang cukup praktis tentu memudahkan semua orang yang ingin mengkonsumsinya. Tetapi, kenyataannya ada bahaya lemon untuk diet yang perlu diketahui sebelum anda memilih untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Jeruk lemon banyak dipercaya oleh orang karena khasiatnya yang dapat membantu menurunkan berat badan. Salah satunya cara untuk mengkonsumsi buah yang satu ini adalah dengan mengkonsumsi air lemon yang populer sebagai diet detox lemon.

Jenis diet yang satu ini menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi air dari jeruk lemon dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu, tanpa tambahan asupan makanan padat yang bertujuan untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh atau mendetoks tubuh dari racun.

Inti dari metode diet lemon ini adalah mengurangi jumlah asupan kalori yakni dengan membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Sehingga sebagai ganti dari berkurangnya jumlah asupan tersebut, Anda disarankan untuk meningkatkan jumlah konsumsi air lemon.

Idealnya diet lemon ini dilakukan secara bertahap agar tubuh tidak kaget dengan air lemon. Pasalnya, kondisi tubuh setiap orang tentunya berbeda-beda sehingga untuk menghindari bahaya lemon untuk diet adalah dengan mengkonsumsinya secara pelan-pelan alias bertahap.

Penggunaan buah lemon sendiri memang sangat terkenal di kalangan pelaku diet atau pelaku pola makan sehat. Hal ini dikarenakan air lemon memiliki rasa yang segar dan mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh serta nutrisi penting lainnya. Namun sangat disayangkan, bahaya lemon untuk diet dapat memberikan efek samping yang kurang baik untuk tubuh anda.

Bahaya Lemon Untuk Diet

Diet dengan menggunakan buah lemon ini memang sudah cukup lama menjadi tren untuk menurunkan berat badan berlebih. Kandungan yang dimiliki oleh buah lemon juga sering menjadikan buah berwarna kuning yang satu ini sebagai salah satu buah yang sering masuk kedalam menu makanan untuk pola  hidup sehat.

Namun siapa sangka, ternyata bahaya lemon untuk diet itu benar nyata adanya. Mengkonsumsi buah lemon dengan jumlah yang tidak tepat atau berlebihan memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berdasarkan informasi yang didapat dari seorang peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad menjelaskan soal jumlah kandungan maksimal buah lemon yang diperlukan oleh tubuh perharinya yakni 500 mg perhari.

Sedangkan berdasarkan informasi yang dilansir melalu laman Curejoy.com mengonsumsi buah lemon secara berlebihan dan tidak dengan takaran yang tepat dapat menyebabkan overdosis vitamin C yang tentunya merupakan salah satu bahaya lemon untuk diet  yang kemudian akan menyebabkan dampak negatif untuk tubuh Anda.

Berikut ini bahaya lemon untuk diet yang perlu anda ketahui!

  1. Merusak Gigi

Lemon memiliki Kandungan asam dengan jumlah yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi Anda. Enamel gigi idealnya memiliki pH sekitar 5,5, sehingga apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi buah lemon gigi anda dapat terkikis oleh zat dari buah lemon yang mengandung tingkat keasaman lebih tinggi.

Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan kandungan asam dengan Ph dibawah 4 dapat membuat enamel gigi terkikis. Sedangkan kandungan asam sitrat dan askorbat yang terdapat pada buah lemon memiliki pH sekitar 2.

  1. Menyebabkan Gerd

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi dimana naiknya cairan asam lambung ke tenggorokan. Cairan tersebut dapat menyebabkan peradangan serta mengiritasi lapisan dalam kerongkongan Anda. Gejala utama dari Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah nyeri pada ulu hati secara terus-menerus sekaligus naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Baca juga :  Resep Alpukat Untuk Diet yang Enak dan Mudah Dibuat

Tingkat keasaman yang dimiliki oleh buah lemon terbilang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan iritasi pada lapisan lambung serta kerongkongan. Iritasi pada lapisan lambung tersebutlah yang dapat membuat GERD terjadi salah satunya yakni penyakit maag hal ini merupakan salah satu bahaya lemon untuk diet yang perlu anda hindari.

  1. Masalah Pencernaan

Mengkonsumsi buah lemon yang berlebihan dapat membuat pencernaan anda bermasalah. Hal ini terjadi dikarenakan buah lemon akan membuat kandungan didalamnya menjadi tidak seimbang yang kemudian dapat membuat pencernaan Anda mengalami masalah dan mengakibatkan kelesuan.

  1. Menyebabkan Sering Buang Air Kecil Dan Dehidrasi

Bahaya lemon untuk diet yang selanjutnya adalah dapat membuat Anda menjadi lebih sering buang air kecil. Beberapa golongan orang bisa saja mengalami dehidrasi dan frekuensi buang air kecil yang meningkat yang kemungkinan salah satu efek samping dari mengkonsumsi buah lemon yang  terlalu banyak. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa jus lemon mempunyai kadar asam askorbat atau vitamin C yang sifatnya diuretik.

Kandungan vitamin C yang sifatnya diuretik ini mendorong proses produksi urin di ginjal. Oleh sebab itu, air lemon dapat membantu tubuh untuk membuang garam yang berlebih dan cairan dalam tubuh lebih cepat. Jika mengkonsumsinya terlalu sering, air lemon dapat membuat frekuensi buang air kecil anda menjadi lebih meningkat daripada biasanya.

Itu dia beberapa bahaya lemon untuk diet yang perlu anda pertimbangkan dan perhitungkan sebelum menjadikannya sebagai salah satu opsi diet anda.

Cara Diet Detox Buah Lemon Yang Tepat

Meskipun ada beberapa bahaya lemon untuk diet yang perlu anda pertimbangkan, anda juga dapat melakukan diet detoks buah lemon ini dengan menggunakan cara yang tepat. Cara dibawah ini dapat anda gunakan untuk menghindari bahaya lemon untuk diet.

Baca juga :  Kandungan Kalori Pisang Rebus Baik untuk Kesehatan Tubuh

Hari ke-1 dan ke-2

Pada diet lemon anda dianjurkan untuk mengurangi konsumsi asupan makanan olahan, minuman beralkohol atau memiliki kandungan kafein, daging, susu, dan pemanis tambahan. Anda dapat berfokus pada asupan makanan yang utuh, seperti buah segar dan sayuran hijau.

Hari ke-3

Anda dapat memulai untuk membiasakan tubuh dengan diet cairan. Anda dapat mengganti makanan Anda dengan sajian seperti smoothie, sup, dan air kaldu sebagai pengganti makanan anda sebelumnya, atau Anda dapat membuat jus dari buah ataupun sayur.

Hari ke-4

Pada hari keempat pastikan untuk Mengkonsumsi air putih dan air lemon segar. Pastikan untuk mengkonsumsinya secara seimbang.

Setelah melakukan tahapan-tahapan diatas Anda dapat memulai diet detoks lemon. Berikut rekomendasi resep yang dapat anda terapkan dalam program diet detoks lemon Anda. resep ini diambil dari Medical News Today.

Bahan yang Anda perlukan dalam membuat menu diet yang satu ini adalah:

  • 2 sdm air perasan lemon
  • 2 sdm gula
  • air

Setelah semua bahan tersedia anda dapat langsung mencampurkan bahan-bahan tersebut dan meminumnya pada saat Anda merasa lapar. Jumlah asupan air lemon yang Ideal adalah 6 kali, dengan jumlah maksimal 12 kali dalam sehari. Selain air lemon, pastikan untuk mengkonsumsi air garam hangat sebanyak 1 liter setiap paginya agar proses pencernaan anda berjalan lancar.

Apabila diet anda sudah berhasil dan sudah mencapai target berat badan yang Anda diharapkan, Anda dianjurkan  untuk segera menghentikan diet detoks lemon tersebut  secara bertahap pula dan kembali ke pola makan sehat pada umumnya dengan gizi dan nutrisi yang seimbang.

Nah itu dia penjelasan mengenai bahaya lemon untuk diet serta tips yang tepat untuk melakukan diet lemon. Selain diet lemon Anda dapat menjalankan program diet dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat Anda beli melalui catering sehat M Kitchen.