Bahaya Plank Yang Terlalu Berlebihan & Manfaatnya

bahaya plank

Bahaya Plank – Untuk anda yang sangat gemar melakukan olahraga pasti sudah tidak asing lagi dengan gerakan olahraga yang satu ini yaitu plank. plank sendiri merupakan salah satu olahraga yang dinilai efektif untuk menguatkan otot inti pada tubuh serta dapat membuat perut Anda sixpack.

Sebenarnya ada banyak sekali yang perlu Anda ketahui soal olahraga yang satu ini, mulai dari manfaat plank, bahaya plank, serta cara melakukan plank dengan benar agar hasil yang didapat sesuai dengan ekspektasi Anda.

Manfaat Melakukan Plank Secara Konsisten

  1. Dapat Memperbaiki Postur Tubuh Anda

Apabila anda memiliki postur tubuh yang bungkuk umumnya kondisi ini disebabkan karena otot inti tubuh yang lemah. Sehingga Anda dapat menerapkan olahraga plank ini untuk membuat otot-otot pada bagian atas tubuh Anda tertarik ke arah belakang dan turun.

Dalam waktu bersamaan, plan akan sekaligus mengoreksi tulang belakang yang mengalami  kebengkokan. Selain itu plank juga  memperkuat area punggung bagian atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut.

  1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Otot-otot pada tubuh idealnya haruslah lentur dan fleksibel sehingga Anda akan dengan mudah bebas bergerak. Dengan melakukan plank secara rutin akan membangun otot inti menjadi lebih stabil dan kokoh tapi tetap terasa fleksibel. Namun, perlu diperhatikan untuk melakukannya dengan benar agar terhindar dari bahaya plank.

Dengan otot yang fleksibel koordinasi tubuh akan lebih stabil Anda dapat bergerak lebih leluasa. Dengan otot tubuh yang lentur dapat menahan benturan alami dari sendi anda sekalian menghindari adanya risiko cedera dan mengurangi rasa sakit apabila terjadi cedera.

  1. Memantapkan keseimbangan tubuh

Meskipun bahaya plank dapat menyebabkan cedera apabila tidak dilakukan dengan tepat. Plank juga membuat Anda untuk menjaga keseimbangan untuk waktu yang lama guna memperkuat otot-otot pada area bagian tengah tubuh, punggung bagian atas dan bahu, serta area panggul. Sehingga, terbentuklah otot-otot inti yang kokoh yang dimana akan membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh agar lebih stabil dan memiliki keseimbangan yang bagus.

  1. Mengencangkan perut

Ada setidaknya sekitar sepuluh persen lemak yang mengendap dalam tubuh. Lemak perut merupakan jenis lemak tubuh yang sangat berbahaya. lemak yang berlebihan pada area ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh, seperti penyakit hati, demensia, bahkan hingga kanker payudara. Sehingga pastikan untuk melakukan plank dengan benar, selain dapat terhindar dari penyakit anda juga akan terhindar dari bahaya plank.

Baca juga :  6 Tips Mengecilkan Badan Dengan Mudah & Alami

Nah dengan melakukan plank anda akan merasakan manfaatnya pada perut Anda dimana perut akan menjadi rata dan terasa kencang. Selain itu dengan mempunyai  otot inti yang kokoh dapat membantu untuk mengoptimalkan proses metabolisme tubuh dalam membersihkan racun, penyerapan gizi, hingga proses keseimbangan hormon yang lebih efektif.

Nah itu dia, beberapa manfaat dari plank yang dapat anda rasakan apabila melakukannya secara rutin dan konsisten. Meskipun memiliki segudang manfaat ada juga bahaya plank yang perlu anda hindari. Dari segudang manfaat baik untuk postur maupun kesehatan pun dapat Anda peroleh dengan hanya melakukan plank secara rutin.

Plank menjadi sangat populer karena manfaat tersebut dimana dapat menguatkan otot lengan hingga membantu proses pembentukan tubuh yang ideal. Sehingga tak heran apabila jenis olahraga yang satu ini banyak digandrungi  oleh para wanita untuk menjaga penampilan sekaligus meningkatkan rasa percaya dirinya.

Bahaya Plank Bagi Tubuh

Namun, perlu untuk diperhatikan beberapa bahaya plank yang dapat menyerang Anda apabila terlalu banyak melakukan plank. Dimana bahaya plank ini dapat menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh Anda. Simak bahaya plank dibawah ini!

Menyebabkan Kelelahan

Plank sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan cara menempelkan seluruh berat badan di kedua tangan. Pada saat tubuh terlalu sering melakukan gerakan ini dapat menjadikan anda merasa lelah dan sulit menjalani aktivitas sehari-hari.

Menyebabkan Kram Pada Lengan dan Punggung

Bahaya plank yang selanjutnya apabila dilakukan terlalu sering akan menimbulkan kram pada lengan dan punggung. Hal ini dikarenakan otot lengan dan punggung dijadikan salah satu tumpuan paling besar pada saat melakukan olahraga yang satu ini. Sehingga otot lengan dan punggung yang terus digunakan akan lebih rentan mengalami tegang.

Baca juga :  Kalori Tteokbokki Sangat Tinggi? Benarkah?

Menyebabkan Insomnia

Meskipun  insomnia atau gangguan tidur dapat diatasi dengan berbagai macam solusi olahraga seperti plank. Namun, hal tersebut dapat menjadi berbahaya apabila dilakukan secara berlebihan oleh penderita insomnia. Penderita insomnia yang melakukan plank secara berlebihan  justru malah memperparah kondisi tersebut.

Sebab, plank yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan otot lengan dan punggung mengalami stres dan tegang. sehingga menyebabkan produksi hormon kortisol akan meningkat dan membuat penderita insomnia mengalami gangguan tidur yang semakin parah.

Menimbulkan Gangguan Kesehatan Pada Jantung

Bahaya plank yang terlalu berlebihan yaitu memicu munculnya gangguan pada  jantung. Hal ini dikarenakan plank merupakan jenis olahraga yang membutuhkan jumlah energi yang tinggi sehingga meningkatkan kinerja jantung.

Hal ini dapat membuat  fungsi jantung mengalami penurunan bila digunakan secara terus-menerus untuk melakukan plank. Sehingga, ada baiknya untuk menyusun jadwal dalam melakukan plank Agar tubuh pun juga dapat beristirahat dan terhindar dari bahaya plank.

Penyakit Osteoarthritis

Penyakit osteoarthritis dapat mengintai Anda sewaktu-waktu Apabila Anda terlalu sering melakukan plank. Penyakit osteoarthritis yang satu ini umumnya rentan terjadi pada golongan lansia lantaran faktor usia. Namun, ternyata penyakit yang satu ini juga dapat menyerang para generasi muda apabila tidak waspada.

Salah satu gejala dari penyakit ini yang dapat dirasakan yakni seperti nyeri hingga kram yang terjadi pada sendi lengan. Apabila hal ini cukup sering terjadi, persendian pun akan mengalami pembengkakan yang signifikan.

Cara Melakukan Plank Dengan Benar Agar Tidak Bahaya

Selain memperhatikan durasi saat melakukan plank, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan juga adalah teknik dasar melakukannya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan terhindar dari bahaya plank.

Baca juga :  Mangga Untuk Diet dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Langkah pertama Anda dapat meletakkan siku Anda di atas lantai kemudian letakan pergelangan tangan di depan dengan posisi yang sejajar dengan siku.

Kemudian dorong tubuh menggunakan tangan ke arah atas dengan posisi leher lurus. Sedangkan posisi kaki Anda berada pada posisi lurus ke belakang. Sehingga yang menempel pada lantai hanya ujung jari Anda.

Selain itu pastikan badan lurus sambil mengencangkan otot perut. Anda dapat menahan otot perut saat mengencang. Anda juga akan merasakan otot gluteal atau area pada pantat mengencang guna menahan tubuh tetap lurus. Anda perlu menahan gerakan plank sambil terus bernafas secara normal.

Disarankan untuk melakukan plank dengan durasi yang sesuai dengan kemampuan anda. Nah itu dia penjelasan mengenai manfaat plank, bahaya plank serta cara melakukannya dengan tepat.

Untuk anda yang sedang menjalankan pola hidup sehat jangan lupa untuk penuhi asupan gizi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat Anda beli di catering sehat M Kitchen.