7 Manfaat Bengkoang Untuk Diet & Cara Mengkonsumsinya

bengkoang untuk diet

Bengkoang untuk diet – Siapa yang tidak kenal dengan bengkoang? buah yang satu ini sangat mudah ditemui di Indonesia khususnya Anda yang suka mengkonsumsi rujak. Bengkoang yang memiliki nama ilmiah Pachyrhizus erosus sebenarnya adalah tumbuhan yang berasal dari daratan Meksiko.

Selain rasanya yang segar, Umbi-umbian yang satu ini ternyata memiliki segudang manfaat mulai untuk kecantikan, kesehatan hingga tak jarang juga banyak orang yang menggunakan bengkoang untuk diet.

Selain banyak ditemukan pada produk-produk kecantikan wanita, Bengkoang atau Pachyrhizus erosus sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran dalam sajian rujak. Selain rujak, bengkoang juga sering dikonsumsi secara langsung dalam bentuk untuk. Terlepas dari rasanya yang sangat segar karena kandungan airnya yang tinggi manfaat dari buah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi.

Bentuk buah bengkoang sendiri idealnya membulat dan agak pipih seperti gasing, dengan permukaan kulit yang tipis dan berwarna kuning pucat atau kecoklatan. Bagian daging dari buah ini  berwarna putih dengan tekstur yang renyah dan berair.

Kandungan Buah Bengkoang

Kandungan dalam bengkoang membuat buah yang satu ini sangat populer dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan salah satu banyak orang yang menggunakan bengkoang untuk diet. Bengkoang memiliki profil kandungan nutrisi yang menakjubkan dimana sebagian besar kalorinya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari jumlah protein serta lemak dengan jumlah yang kecil.

Bengkoang juga dinilai memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting sekaligus sejumlah besar serat. Idealnya dalam satu buah bengkoang dengan ukuran 130 gram mengandung kandungan sebagai berikut ini.

Baca juga :  Nasi Merah vs Nasi Putih, Cek Fakta Selengkapnya Disini!

Faktanya, satu gelas (130 gram) bengkuang mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 49
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 6,4 gram
  • Vitamin C: 44% dari RDI
  • Zat besi: 4% dari RDI
  • Magnesium: 4% dari RDI
  • Kalium: 6% dari RDI
  • Mangan: 4% dari RDI
  • Protein: 1 gram
  • Folat: 4% dari RDI

Sebagai informasi RDI merupakan Reference Daily Intakes atau disebut Nilai Harian. Selain kandungan diatas, Bengkoang juga memiliki kandungan vitamin E, tiamin, riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, fosfor, dan seng. Dengan Kandungan seperti di atas tak heran banyak orang memanfaatkan bengkoang untuk program diet dan keperluan lainnya.

Manfaat Bengkoang Untuk Diet

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terkandung dalam bengkoang, maka sudah jelas umbi yang satu ini sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan salah satunya bengkoang untuk diet. Sebenarnya manfaatnya tidak hanya sebatas itu saja, melainkan untuk kecantikan dan kesehatan lainnya juga.

Berikut ini manfaat bengkoang yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan dengan efektif dan alami.

Membantu Mempercepat Proses Penurunan Berat Badan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bengkoang mengandung banyak air, sekaligus memiliki jumlah kalori yang rendah kalori serta tinggi akan serat yang menjadikannya salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi saat Anda menjalani program diet. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah yang satu ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk Anda yang sedang diet.

Menyehatkan Jantung

Tak berbeda jauh dengan kebanyakan jenis sayuran dan buah pada umumnya, tingginya kandungan air serta nutrisi dan kandungan jenis molekul karbohidrat dan oligofructose inulin dalam buah yang satu ini akan sangat baik dalam  menjaga kesehatan kardiovaskular dan membantu untuk menurunkan jumlah kadar kolesterol dengan lebih cepat.

Baca juga :  Inilah Menu Makanan Penderita Gagal Ginjal yang Baik dan Sehat

Sehingga dengan menggunakan bengkoang untuk diet dapat membuat dan meningkatkan kesehatan arteri sekaligus mengurangi radang yang umumnya disebabkan oleh beberapa penyakit kronis seperti kolesterol tinggi, diabetes, sindrom metabolik serta resistensi insulin.

Baik Untuk Pencernaan

Serat serta kandungan air memang sangat dianjurkan  untuk dikonsumsi oleh siapapun guna mengatasi berbagai masalah pencernaan, hal ini dikarenakan bengkoang dapat menghidrasi sekaligus menyediakan serat, elektrolit esensial dan juga nutrisi yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan usus.

Bengkoang juga menjadi salah satu umbi yang dapat dicerna dengan sangat mudah karena kandungan airnya yang tinggi serta serat alami yang dapat melancarkan pencernaan Anda.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebagai buah dengan sumber prebiotik tinggi, molekul serat yang terdapat dalam bengkoang akan menyeimbangkan pertumbuhan mikroba baik yang terdapat di dalam usus besar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan para ahli, makanan dengan kandungan  prebiotik yang  tinggi seperti buah bengkoang ini memiliki fructans tipe inulin dengan karakter yang dapat melindungi dan menurunkan resiko kanker usus besar.

Bengkoang dengan kandungannya dapat  melawan dampak dari toksin serta karsinogen pada usus, menurunkan pertumbuhan jamur serta menghentikan peradangan agar tidak semakin menyebar.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat bengkoang yang selanjutnya adalah menurunkan jumlah kadar kolesterol yakni dengan cara dimana serat akan mengikat kolesterol yang kemudian akan mencegah usus untuk menyerap empedu kolesterol ke dalam tubuh. Kemudian kolesterol ini akan dikeluarkan melalui dalam tubuh dengan cara sistem ekskresi.

Mempertahankan Kadar Gula Normal

Bengkoang terbukti sangat bagus untuk dijadikan sebagai makanan penunda lapar saat diet sehingga banyak yang menggunakan bengkoang untuk diet. Lebih dari itu, buah yang satu ini juga sangat baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya yang rendah sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula nantinya.

Baca juga :  Kalori Nasi Uduk Komplit, Baca Selengkapnya Disini!

Inulin yang terkandung dalam bengkoang akan menghasilkan rasa manis dan tentunya tidak mengandung kalori sedikit pun. selain itu jenis karbohidrat yang terkandung di dalamnya juga tidak akan menghambat proses metabolisme tubuh.

Menguatkan Tulang

Saat sedang menjalankan program diet dan menggunakan bengkoang untuk diet yang tentunya juga diimbangi dengan aktivitas. Anda membutuhkan bengkoang untuk memberikan asupan nutrisi untuk tubuh serta magnesium supaya dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih baik.

Nah itu dia berbagai macam manfaat bengkoang untuk program diet yang perlu anda ketahui. Setelah mengetahuinya Anda tentu penasaran bagaimana cara mengkonsumsi bengkoang. Simak penjelasan dibawah ini!

Cara Mengkonsumsi Bengkoang Untuk Diet

  1. Dengan Mengkonsumsinya Secara Langsung

Cara pertama dalam untuk mengkonsumsi bengkoang untuk diet adalah dengan memakannya secara langsung. Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah, tetapi jangan lupa untuk mengupas kulitnya. Anda dapat mengkonsumsinya sebelum makan-makanan berat agar nantinya dapat mengurangi porsi makan yang berlebih.

  1. Dibuat Menjadi Jus Yang Segar

Anda dapat membuat buah bengkoang ini menjadi hidangan jus. Jus bengkoang dinilai  sangat baik untuk dikonsumsi pada saat Anda selesai beraktivitas fisik seperti olahraga. Kandungan serat pada jus bengkoang tersebut akan membuat proses pencernaan menjadi lancar.

Nah itu dia penjelasan seputar buah bengkoang untuk diet, Anda dapat memanfaatkan buah ini dengan mudah untuk membantu proses penurunan berat badan Anda. Selain bengkoang Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk memenuhi asupan gizi selama diet.

Anda dapat membeli makanan sehat dengan Mudah di M Kitchen, Kunjungi websitenya sekarang juga di https://healthymkitchen.com/ untuk informasi lengkap seputar makanan sehat.