Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama dan Berbagai Manfaatnya

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama dan Berbagai Manfaatnya

Buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama sebenarnya sangat bermacam-macam. Buah-buahan merupakan salah satu jenis asupan yang sangat penting bagi para ibu hamil. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan berbagai jenis buah yang sangat dianjurkan, maka perkembangan janin pun akan lebih optimal.

Terutama saat trimester pertama, dimana masa tersebut merupakan masa dimulainya kehidupan si kecil dalam perut Anda. Tidak hanya sehat, buah-buahan juga dapat membantu meredakan morning sickness yang sering terjadi pada trimester awal ibu hamil.

Inilah Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Meskipun terdapat banyak sekali buah-buahan yang cukup menyehatkan. Akan tetapi tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Meskipun banyak orang yang tahu bahwa diet sehat harus mencakup banyak sayur, buah, lemak sehat, protein tanpa lemak serta biji-bijian.

Akan tetapi masih banyak yang tidak mengetahui jika terdapat buah-buahan tertentu yang dapat bermanfaat untuk masa-masa kehamilan. Mengenai manfaatnya, tidak perlu diragukan lagi. Kandungan vitamin, mineral dan serta yang terdapat buah-buahan akan membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu dan juga mendukung tumbuh kembang janin.

Bagi Anda yang sedang hamil penting untuk mengetahui buah-buahan jenis apa saja yang sangat bagus untuk mereka konsumsi pada trimester pertama. Buah-buahan tersebut antara lain:

Alpukat

Buah Alpukat merupakan salah satu sumber vitamin C, E, dan K. Selain itu, buah ini juga kaya asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin B, tembaga serta serat. Buah dengan ciri khas berwarna hijau ini mengandung lemak sehat yang mampu menyediakan energi serta membantu mencegah cacat pada tabung saraf.

Baca juga :  Catering Sehat Jakarta Barat Solusi Diet Aman & Halal

Alpukat juga dapat meningkatkan sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun kulit dan juga jaringan otak janin yang sedang berkembang. Kalium yang terdapat dalam buah alpukat dapat meredakan kram pada kaki serta gejala lain yang sering terjadi selama kehamilan.

Dengan mengkonsumsi alpukat saat kehamilan trisemester pertama, maka Anda tetap dapat beraktivitas dengan baik. Selain itu, alpukat juga dapat mengurangi masalah kehamilan seperti anemia, diabetes, serta morning sicknes.

Kandungan asam lemak jenuh pada alpukat juga bermanfaat untuk mengoptimalkan tulang janin serta mencegah cacat saraf pada janin. Buah ini juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang diperlukan bayi untuk memperkuat tulang dan gigi.

Jeruk

Pada masa trisemester pertama, ibu hamil seringkali mengalami mual dan muntah. Atau yang sering disebut dengan morning sickness. Maka dengan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk dapat membantu meredakan.

Penting Anda ketahui, buah jeruk banyak mengandung air, sehingga sangat baik untuk mencegah tubuh saat mengalami dehidrasi. Selain itu, jeruk juga kaya akan asam folat yang sangat penting dalam mencegah bayi lahir dengan neural tube defects. Atau mencegah cacat tabung pada bayi.

Cacat tabung saraf sendiri dapat menyebabkan adanya kondisi spina bifida, yang mana sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik.

Selain itu anensefali yakni bagian besar otak serta tengkorak hilang. Istimewanya lagi, kandungan vitamin C pada buah jeruk juga dapat membantu mencegah kerusakan sel serta menyerap zat besi.

Aprikot

Jenis buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama adalah aprikot. Aprikot merupakan jenis buah yang dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun kering. Buah ini termasuk jenis buah-buahan Rosaceae yang mampu menghasilkan serta sehingga dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah sembelit.

Baca juga :  Kacang penyebab jerawat. Fakta atau Mitos?

Pasalnya, pada trimester pertama, ibu hamil akan mengalami perubahan fisik seperti mudah mual serta sembelit. Sedangkan manfaat aprikot untuk janin. buah ini mengandung asam folat yang mempunyai peranan penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Asam folat tersebut juga sangat dibutuhkan untuk mencegah kelahiran bayi prematur atau dalam kondisi cacat.

Anggur

Mengkonsumsi banyak anggur saat hamil tentu dapat meningkatkan asupan vitamin C dan K, antioksidan, serat, asam organik, folat serta pektin.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah anggur dapat membantu selama perubahan biologis yang terjadi selama masa kehamilan.

Selain itu, buah yang identik dengan warna ungu ini juga kaya akan antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mulai dari tanin, flavonoid, serta geraniol yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi.

Apel

Apel merupakan jenis buah yang banyak mengandung tinggi serta dan sangat direkomendasikan untuk para ibu yang sedang hamil muda. Serat yang terkandung dalam buah apel sangat membantu tubuh dalam membuang racun secara lebih cepat serta mencegah sembelit.

Selain itu, apel juga dipercaya dapat mengatasi mual saat hamil mudah. Kandungan kalsium pada buah apel juga memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang tulang janin. Bahkan buah ini juga dapat membangun sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak akan mudah terserang penyakit saat hamil muda.

Buah Beri

Jenis dari buah beri terdiri dari, seperti blueberry dan juga stroberi. Jenis buah seperti ini cukup kaya vitamin C. Selain itu, buah beri juga banyak mengandung kalium serta folat yang sangat penting untuk perkembangan organ pada janin. Salah satunya adalah pada sistem saraf.

Semangka

Kebutuhan akan cairan pada tubuh ibu hamil dapat meningkat dua kali lipat dari masa sebelum hamil. Jumlah cairan yang besar sangat penting untuk menjaga kualitas serta kuantitas air ketuban. Hal ini memiliki peranan penting terhadap perkembangan masa kehamilan agar dapat terjaga secara optimal dan lebih baik.

Baca juga :  Diet Ala Jepang yang Menyehatkan dan Mudah untuk Diterapkan

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang sangat kaya akan air. Maka dengan mengkonsumsi buah semangka saat masa kehamilan dapat memenuhi kebutuhan cairan yang cukup meningkat. Selain itu, buah semangka juga kaya akan vitamin A, C, serta B6.

Buah Bit

Salah satu jenis buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama lainnya adalah buah bit. Buah ini kaya akan kandungan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah bit sangat bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan serta perkembangan tulang janin dalam kandungan.

Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin dapat mengurangi resiko bayi terlahir cacat. Buah ini juga dapat mencegah osteoporosis pada ibu hamil.

Hal ini dikarenakan, buah bit mengandung sebagian besar silika yang diperlukan tubuh dalam penyerapan kalsium.

Sehingga dapat mencegah dekalsifikasi gigi serta tulang. Istimewanya lagi, buah bit termasuk dalam sumber potasium yang baik yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar elektrolit serta mengontrol metabolisme selama hamil muda pada trimester pertama.

Demikianlah informasi tentang jenis buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama dan berbagai manfaatnya. Namun hal ini juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi jenis makanan bergizi lain agar tubuh tetap sehat serta perkembangan janin dapat lebih optimal.

Untuk info menu makanan sehat yang dapat Anda konsumsi setiap hari, M Kitchen dapat memberikannya secara lengkap untuk Anda. M Kitchen merupakan catering sehat Jakarta yang menyediakan solusi tepat buat Anda yang ingin menjaga hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

 

WA catering