Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg Dalam Seminggu, Emang Bisa?

cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu

Memiliki tubuh ramping dan sehat merupakan impian banyak orang, khususnya mereka yang kelebihan berat badan, Tentunya diet menjadi solusi satu-satunya untuk menurunkan berat badan. Tentunya tak jarang orang yang ingin berat badannya turun dalam waktu yang singkat dan bertanya-tanya bagaimana cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu.

20 kg merupakan angka yang cukup besar ditambah dengan waktu yang singkat, memangnya bisa? Jika dipikirkan mungkin akan terlihat mustahil, tetapi belum tentu tidak bisa.

Sebagai informasi apabila  Anda berniat untuk menurunkan berat badan 20 kg dalam waktu 1 minggu saja, ini berarti Anda harus menurunkan berat badan anda sekitar 2,8 kg dalam satu harinya. Hal ini tentu bisa anda capai jika anda dapat  membakar 2.800 jumlah kalori lebih banyak dari kalori yang dikonsumsi dalam satu hari.

Cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu tentunya sangat perlu dipertimbangkan dengan matang mengingat angkanya yang terbilang cukup besar dan waktu yang singkat.

Memang, menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang singkat seperti satu minggu dapat Anda lakukan. Namun, Cara menurunkan berat badan dalam seminggu tersebut tidak begitu disarankan oleh para ahli kesehatan. Berdasarkan penjelasan yang dilansir melalui Healthline dan Medical News Today, Idealnya berat badan yang anda dapat turunkan dalam satu minggu adalah sekitar 4,5 kg.

Meskipun dapat dilakukan, cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu ataupun 4,5 kg dalam seminggu tentu memiliki resiko sehingga perlu dilakukan pengawasan oleh tenaga kesehatan.

Beberapa risiko yang mungkin terjadi pada anda karena terjadinya penurunan berat badan yang secara drastis antara lain adanya peningkatan batu empedu, mengalami dehidrasi, terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, sakit kepala, mudah merasa lelah, sehingga terganggunya siklus haid pada wanita.

Baca juga :  Jumlah Kalori Seafood Untuk Program Diet

Lalu, berapa penurunan berat badan yang ideal? Berdasarkan penjelasan yang dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, penurunan berat badan yang ideal berada di angka sekitar  0,5 kg hingga 1 kg per minggu, Angka tersebut dinilai aman untuk dilakukan.

Sehingga Anda hanya perlu membakar 500 hingga 1.000 kalori lebih banyak daripada asupan kalori harian.

Walaupun progresnya terhitung lebih lambat, ingatlah bahwa proses penurunan berat badan yang dilakukan sedikit demi sedikit dinilai lebih efektif jika dibanding diet ketat dengan waktu yang kilat.

Apabila Anda berniat untuk menurunkan berat badan yang berlebih dengan cara sehat dan aman, Anda dapat melakukan diet dengan berbagai macam metode yang sesuai dengan Anda.

Apabila anda merasa tidak sanggup untuk menerapkan cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu dimana yang mengharuskan Anda untuk menurunkan berat badan sekitar 2,8 kg dalam satu harinya serta membakar 2.800 jumlah kalori lebih banyak dari kalori yang dikonsumsi dalam satu hari, Anda tetap dapat menurunkan berat badan dalam waktu satu minggu.

Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg Dalam Seminggu

Selain menggunakan cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu yang terbilang sangat berat untuk dilakukan khususnya untuk Anda yang seorang pemula dalam diet. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan aman.

Siapa sih yang tidak menginginkan hasil diet yang maksimal dalam waktu yang sangat minimal? Pastikan untuk baca artikel ini hingga selesai untuk  mengetahui cara menurunkan berat badan dalam waktu seminggu dengan aman!

  1. Mengurangi konsumsi Asupan Karbohidrat

Selain cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu, salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat yaitu dengan mengurangi konsumsi gula dan pati, ataupun karbohidrat. Cara yang satu  ini dapat  Anda lakukan dengan menerapkan pola makan rendah karbohidrat serta  menggantinya dengan mengkonsumsi biji-bijian atau kacang-kacangan.

Baca juga :  Nasi Merah vs Nasi Putih, Cek Fakta Selengkapnya Disini!

Berdasarkan sebuah  studi berjudul The Effects of a Low-Carbohydrate Ketogenic Diet and a Low-Fat Diet on Mood, Hunger, and Other Self-Reported Symptoms, diet rendah karbohidrat ini akan menekan nafsu makan yang berlebihan sehingga membuat konsumsi kalori pun mengalami penurunan.

Selain itu, dengan  mengkonsumsi asupan karbohidrat kompleks sekaligus rendah kalori, seperti kacang-kacangan, dapat membuat anda merasa lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

Dengan kandungan serat yang tinggi pada kacang-kacangan serta membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencerna membuat Anda jadi merasa kenyang. Metode yang satu ini pun sudah dibuktikan oleh banyak orang bisa menurunkan berat badan.

Diet karbohidrat memang dinilai efektif dalam menurunkan berat badan yang berlebihan walaupun hasilnya memang tidak sedahsyat cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu.  Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian komprehensif yang menjelaskan mengenai dampak jangka panjang dari melakukan diet karbohidrat ini.  Sejauh ini diet karbohidrat masih menjadi metode diet yang aman untuk dilakukan.

  1. Mengkonsumsi Jumlah Protein Yang Cukup

Pastikan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang yang umumnya melingkupi  protein, lemak, karbohidrat kompleks.

Jumlah protein yang ideal untuk dikonsumsi per harinya sebanyak 56-91 gram per hari khusus untuk pria, sedangkan untuk wanita disarankan untuk mengonsumsi protein sebesar 46-75 gram per hari. Berbagai jenis asupan yang mengandung protein antara lain adalah daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

  1. Konsumsi Sayur-Sayuran Hijau

Setelah mengkonsumsi asupan dengan jumlah protein yang cukup, mengkonsumsi sayuran hijau juga sangat efektif mengurangi berat badan secara sehat dan alami. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Meskipun dikonsumsi sayuran dalam jumlah yang berlebih pun tidak akan begitu bermasalah karena tidak akan menyebabkan peningkatan kalori atau karbohidrat secara drastis. Beberapa jenis sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi saat diet antara lain adalah brokoli, bayam, tomat.

  1. Olahraga Secara Teratur

Selain pola makan yang sehat dan teratur, Anda harus melakukan aktivitas fisik seperti olahraga yang akan menambah proses penurunan berat badan anda menjadi lebih cepat. Olahraga yang disarankan untuk Anda yang sedang berproses untuk menurunkan berat badan adalah angkat beban.

Baca juga :  Seperti Apa Diet Pemula untuk Remaja yang Sehat dan Benar?

Olahraga angkat beban banyak diterapkan oleh orang dan efektif untuk mengurangi berat badan.  Selain itu, anda juga dapat melakukan olahraga kardio lainnya, seperti jogging, berlari, bersepeda, hingga berenang bisa anda jadikan pilihan aktivitas fisik yang dapat membakar jumlah kalori dalam tubuh anda.

Apabila anda ingin menggunakan cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu anda dapat menerapkan cara-cara tersebut juga hanya saja harus dilakukan dengan lebih ketat lagi.

Itu dia cara menurunkan berat badan yang ideal dalam waktu singkat Apabila anda merasa berat untuk mengikuti  cara tersebut, Anda dapat memulainya dengan cara yang sederhana terlebih dahulu walaupun hasilnya tidak sama dengan cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu.

Untuk anda yang ingin diet atau sedang dalam program diet Anda dapat membeli makanan melalui catering sehat M Kitchen untuk memenuhi asupan diet Anda. Kunjungi websitenya melalui link berikut ini https://healthymkitchen.com/ untuk informasi seputar pemesanan dan reservasi.