Ubi Untuk Diet Ketahui Manfaat dan Menunya

ubi untuk diet

Mungkin memang sebagian besar orang memimpikan memiliki berat tubuh yang ideal. Maka jangan heran apabila banyak program diet sehat banyak digunakan oleh semua orang salah satunya yaitu diet dengan ubi. Mengapa diet dengan ubi? ingin tahu jawabannya langsung saja simak artikel kali ini akan mengulas jelas ubi untuk diet apa saja manfaatnya beserta menunya.

Manfaat Ubi Untuk Diet

Diet merupakan salah satu cara dan solusi tepat untuk menurunkan berat badan, namun tentunya diet ini dilakukan secara sehat. Banyaknya program diet yang bisa dilakukan oleh semua orang, namun cara paling ampuh yaitu dengan diet ubi.

Diet ubi dinilai sebagai program diet baik lantaran ubi salah satu sumber karbohidrat. Jadi, Anda ingin tetap merasa kenyang dengan waktu lama meski tidak menyantap nasi. Nah salah satu makanan baik dikonsumsi sebagai menu diet yaitu ubi.

Ubi memang terkenal dengan rasa manis dan tekstur lembut, namun ubi satu ini bisa menjadi aneka santapan lezat dan sehat terhitam untuk menu diet. Kandungan nutrisi dalam ubi bisa membantu menurunkan berat badan dengan efektif. Berikut ini khasiat dan manfaat ubi untuk diet, diantaranya.

  1. Ubi Kaya Akan Air

Salah satu alasan mengapa ubi sering digunakan untuk menu diet yaitu mempunyai banyak kadar air tinggi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka proses metabolisme akan menurun apabila ketika melakukan program diet.

Baca juga :  Ini Dia Manfaat Kayu Secang untuk Diet Sehat yang Mujarab

Mengonsumsi ubi ketika diet bisa membantu dehidrasi dalam sel tubuh semakin kuat serta meningkatkan metabolisme. Hal tersebut akan mencegah timbunan lemak pada tubuh, mengelauarakn racun dalam tubuh, serta menyeimbanagakn pH. Tingginya kadar air dalam tubuh mampu membuat kenyang dan tahan lapar lebih lama.

  1. Menjaga Kesehatan Usus

Anda tahu ketika melakukan program atau sedang menjalankan program diet usus tidak sheta. Hal seperti itu tentu tidak akan terjadi, apabila menggunakan ubi untuk menu diet sehari-hari. Hal ini dikarenakan ubi mengandung prebiotik seperti inulin, rafinosa, serta FOPS (Frukto Oligosakarida/serat pangan). Kandungan tersebut akan dicerna oleh mikroflora dengan baik, dan hasil dari cerna tersebut akan menjaga usus menjadi sehat ketika melakukan program diet.

  1. Mempunyai Banyak Kandungan Serat

Ubi memang mempunyai banyak kandungan serat jika dibandingkan dengan nasi. Hal tersebutlah menjadi alasan penting mengapa ubi untuk diet. Kandungan serat dalam ubi ini berfungsi untuk mencerna bahan makan di dalam tubuh dibandingkan dengan nasi. Hal tersebut akan mempercepat transit aman di dalam sel usus, sehingga hal ini akan lebih cepat dibuang dari dalam tubuh. Ubi ini menjadi salah satu alternatif diet secara cepat dalam menurunkan berat badan.

  1. Ubi Lebih Voluminous Dibandingkan Nasi

Menjalankan program diet tidak harus menyiksa diri dengan menahan kelaparan. Namun ketika menggunakan ubi sebagai menu diet, Anda akan merasa lebih kenyang. Hal tersebut karena, kandungan karbohidrat dalam ubi lebih banyak. Anda perlu mengkonsumsi umbi lebih banyak seperti satu centong nasi dengan satu ubi berukuran sedang saja.

  1. Ubi Berkalori Lebih Rendah Untuk Program Diet

Ubi untuk diet memang cara paling tepat dan benar, hal ini karena ubi mempunyai kandungan kalori lebih rendah. Ubi dan nasi tentu memiliki kandungan kadar kalori yang berbeda, seratus gram nasi mengandung kalori sebanyak 130, sementara untuk ubi hanya mengandung kalori sebanyak 90. Hal inilah yang menjadikan ubi sebagai menu terbaik dalam program menurunkan berat badan.

Baca juga :  Khasiat Daun Gaharu untuk Obat

Aturan Diet Menu Ubi Mampu Menurunkan Berat Badan

Ubi untuk diet memang pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan secara efektif. Menu diet ubi rupanya mampu memberikan hasil nyata untuk semua orang yang sedang menjalankan program diet. Sebab menu diet ubi ini bisa menurunkan berat badan sampai 5kg.

Bahkan ubi sendiri menjadi alternatif bagi seseorang yang ingin mengurangi makan dengan nasi. Satu buah ubi dengan berat kurang 130 gram saja mempunyai 112 kalori dengan 4 gram serat. Maka jangan heran apabila mampu menahan lapar dan kenyang lebih lama.

Menurut para penelitian, ubi juga bisa membuat pencernaan dalam tubuh menjadi lancar, sehingga lebih memudahkan menurunkan berat badan. Sedangkan dibawah ini ada berapa menu diet makan siang, malam, dan sore menggunakan ubi.

  1. Sarapan

Aturan diet menggunakan ubi yaitu ketika sarapan gunakanlah 1 buah ubi rebus dengan menu diet tambahan seperti 1 butir telur dan 1 gelas teh hijau.

  1. Makan Siang

Aturan kedua yaitu ketika waktu makan siang menggunakan 1 buah ubi rebus dengan menu tambahan lainnya seperti 85 gram dada ayam panggang, dan 1 gelas yogurt.

  1. Makan Malam

Ketika waktu makan malah, gunakan 1 mangkok ubi, dengan menu tambahan diet lainya yaitu roti gandum dibakar, serta 1 gelas yogurt.

Ubi untuk diet menjadi salah satu menu diet terbaik dan sehat untuk Anda terapkan ketika menjalankan program diet, selain menggunakan ubi Anda juga harus mengalahkan menu lainya seperti telur, singkong, dan beras merah. Info lebih lanjutnya bisa langsung ke website M Kitchen.