Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 kg Dengan Mudah

cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg

Menurunkan berat badan bukanlah suatu proses yang mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang dapat konsisten dalam menjalankan program diet. Selain itu tidak semua orang juga memiliki waktu luang untuk melakukan langkah-langkah menurunkan berat badan secara rutin. Ditambah lagi cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang pastinya rumit untuk dijalani karena angka yang diturunkan tidaklah kecil. Membayangkan prosesnya saja sudah cukup melelahkan, bagaimana menjalaninya?

Menurunkan berat badan sebesar 15 kilogram memang terlihat cukup sulit. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang dapat anda lakukan dengan mudah dan yang pastinya tips yang satu ini merupakan tips yang sehat dan alami tanpa perlu minum obat pelangsing tubuh.

Anda juga tidak perlu melakukan diet secara ketat untuk mendapatkan penurunan berat badan yang anda inginkan berapapun angkanya. Tentunya siapa saja juga dapat melakukan diet asal dilakukan dengan konsisten dan rutin hasil yang didapatkan pun nantinya akan sangat maksimal.

Dengan menerapkan cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang akan dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat langsung menyusun dan merencanakan program diet yang sehat dan alami secara mandiri.

Berapapun angka yang ingin anda turunkan baik 15 kg ataupun lebih tidak menjadi  masalah masalah sama sekali. Hanya saja, sebagai informasi yang cukup penting, saat anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan hindari untuk melakukannya secara terburu-buru demi mendapatkan hasil yang instan.

Penurunan berat badan dalam waktu yang singkat sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan karena dapat memberi dampak atau resiko buruk untuk tubuh anda.

Selain itu, diet yang terlalu ketat dan ekstrim kerap memberikan efek yang buruk bagi tubuh atau yang biasa disebut efek balik. Sehingga supaya lebih  aman dan mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengikuti cara berikut ini.

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg Dengan Mudah

1. Menentukan Target Waktu Atau  (Timeline) Diet

Target waktu diet merupakan target waktu yang ingin anda capai untuk menurunkan berat badan sesuai yang anda inginkan. Seperti yang dijelaskan sebelum-sebelumnya, Ideal berat badan yang dapat diturunkan dengan aman yang dianjurkan para ahli adalah sekitar  0,5  hingga 1 kg dalam satu minggu.

Hal ini berarti, waktu ideal untuk anda menurunkan berat badan dari 60 Kg ke 45 Kg yakni sebesar 15 kilogram adalah sekitar 15 sampai 30 minggu.

2. Menentukan Pengurangan Kalori Harian

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang selanjutnya adalah menentukan jumlah pengurangan Kalori Harian dimana lemak sejumlah 1 kg mampu memberikan energi sekitar 7.700 kalori. Hal ini berarti, apabila berat yang ingin anda turunkan dalam satu minggu adalah 1kg Anda perlu mengurangi asupan sebesar 7.700 kalori setiap minggunya.

Hal ini dapat anda lakukan dengan mengurangi asupan kalori yang anda konsumsi atau membakarnya dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

3. Menentukan Jumlah Asupan Kalori Harian

Kebutuhan kalori tubuh manusia idelanya sekitar 2.700-2.750 kalori untuk pria dan 2.200-2.250 kalori untuk wanita. Sehingga apabila anda ingin mengurangi 1 kg dalam satu minggu, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi kurang lebih 1.500 kalori/hari untuk pria dan 1.200 kalori/hari untuk wanita.

4. Membuat Jadwal Menu (Meal Plan)

Membuat rencana menu (meal plan) salah satu cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang perlu anda lakukan. meal plan ini dapat mempermudah anda dalam melaksanakan diet yang lebih teratur dan sistematis. Dengan adanya meal plan anda dapat mengatur asupan harian anda saat diet. Anda juga dapat menyusun menu Anda sendiri sesuai selera dan aktivitas anda.

Baca juga :  Jadwal Diet Pemula Agar Program Lebih Terencana

5. Pola Makan Untuk Diet

Dalam membuat meal plan untuk menerapkan cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg, ada beberapa ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. hal ini  akan membantu proses penurunan berat badan Anda agar berjalan lancar dan tidak menyiksa.

Anda dapat menghilangkan semua menu cemilan seperti  kue, cookies, gorengan, dan semacamnya karena dinilai memiliki kalori yang tinggi. Konsumsi sumber energi utama seperti protein dan lemak. Pilih protein yang rendah lemak seperti  ikan, daging tanpa lemak, hingga ayam tanpa kulit.

Pastikan untuk menghindari lemak jenuh seperti gorengan yang akan membuat kolesterol meningkat. Usahakan untuk  mengkonsumsi karbohidrat,  Apabila ingin mengkonsumsi Kacang-kacangan, gunakan kacang yang masih berbentuk utuh (masih memiliki kulit ari).

Karena dinilai mengandung serat serta  nutrisi yang bermanfaat yang dapat  mencegah Anda mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Utamakan konsumsi protein, buah, dan sayuran sebagai menu utama. Hal ini akan sangat membantu karena Anda akan merasakan kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Konsumsi air putih  yang cukup setiap hari pun juga merupakan cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg. Hal ini dikarenakan Air putih akan memperlancar proses metabolisme tubuh Anda sekaligus membersihkan tubuh Anda dari sisa-sisa metabolisme yang disebabkan dari menu yang memiliki protein yang tinggi.

6. Aktivitas Fisik dan Olahraga

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg tidak hanya meliputi asupan yang dikonsumsi tubuh saja, melainkan anda tentu memerlukan aktivitas fisik juga. Selama melakukan program ini yaitu dengan membatasi konsumsi dengan 1200 kalori saja, sebenarnya anda tetap dapat mencapai target yang anda inginkan. Hanya saja, dengan melakukan aktivitas olahraga akan membuat tubuh anda memiliki bentuk yang bagus dan sehat serta bermetabolisme dengan baik.

Baca juga :  Makanan Rendah Kalori Yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga dapat membantu untuk mempercepat dalam mencapai target diet Anda. Lebih dari itu, Dengan olahraga Anda dapat membakar kalori dalam tubuh yang berlebihan. lakukan aktivitas fisik atau olahraga anda secara rutin.

Anda tak wajib untuk melakukan aktivitas olahraga di minggu pertama. hal ini dikarenakan anda sudah  membatasi asupan 1.200 kalori yang bisa jadi terlalu ketat dan ekstrim bagi beberapa orang sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Anda dapat memulai olahraga yang sedang-sedang saja dan hindari untuk olahraga yang terlalu berat di minggu pertama. Hal ini bertujuan untuk memberikan tubuh Anda waktu yang cukup untuk beradaptasi. Anda dapat olahraga dengan jalan kaki saja, senam, atau olahraga kardio lainnya yang idealnya dilakukan dalam waktu 10 menit setiap harinya.

Setelah tubuh anda sudah mulai  terbiasa, Anda dapat meningkatkan konsistensi olahraga Anda yang dapat diselingi dengan olahraga angkat beban setiap 2 atau 3 hari sekali hal ini bertujuan untuk menambah massa otot anda. Anda dapat menerapkan prinsip ini mulai dari yang ringan, sedang, hingga yang berat, apabila dilakukan dengan konsisten, dijamin anda akan mencapai target diet anda dengan cepat.

Itu dia cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang dapat anda lakukan dengan mudah. Apabila anda membutuhkan asupan makanan yang sehat untuk program diet, anda dapat membelinya melalui M Kitchen. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://healthymkitchen.com/ untuk informasi lebih lengkap.