DEBM Adalah Singkatan Diet Enak Bahagia Menyenangkan

DEBM adalah

DEBM adalah singkatan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Pola diet ini kini tengah ramai digunakan masyarakat. Pasalnya diet ini dianggap tidak menyiksa diri seperti cara diet yang sebelum-sebelumnya.

Mengenal Hidup Sehat dengan Diet DEBM

Pola hidup sehat sangat penting untuk diterapkan di zaman sekarang ini. Jika kita tak panai dalam menjaga kesehatan maka akan berdampak pada terserangnya tubuh dengan penyakit. Oleh sebab itu kini tengah gencar cara pola hidup sehat seperti dengan diet DEBM. Sebenarnya apa sih diet DEBM?

Pengertian Diet DEBM

Diet sehat DBM ini diklaim penggunanya dengan diet yang menyenangkan untuk dilakukan. Hal ini karena dalam diet DEBM tidak membatasi jenis makanan yang dikonsumsi.

Oleh sebab itu kamu dapat memakan apapun tanpa dilarang. Diet DEBM ini telah diadaptasi oleh banyak orang dan dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat.

Program diet ini dipopulerkan Robert Hendrik Liembono. Ia dikenal bukan dari ahli gizi atau dokter. Namun panduan diet DEBM yang ia buat mampu menciptakan keberhasilan dalam menurunkan berat badan banyak orang.

Adapun diet ini menekankan pada konsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein. Dalam program DBM kamu tidak disarankan mengkonsumsi gula selama menjalani diet ini.

Cara Diet DEBM

Adapun tips cara diet menggunakan cara DBM ini lebih menyenangkan dan tidak memberatkan kamu saat menjalaninya. Selain itu kamu diperbolehkan mengkonsumsi semua makanan tanpa harus menahan lapar. Berikut ini akan dijelaskan cara diet DEBM yang.

Sarapan Tinggi Protein

Cara diet DEBM adalah yang pertama sarapan dengan menu yang tinggi protein. DEBM ini berbeda dengan diet yang lainnya, biasanya diet yang lain melarang kamu untuk sarapan.

Baca juga :  Kandungan Kalori Pisang Rebus Baik untuk Kesehatan Tubuh

Namun saat menjalani diet DEBM kamu diwajibkan sarapan setiap pagi. Pasalnya dengan sarapan di pagi hari akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Oleh sebab itu tidak perlu makan berlebihan di waktu siang hari. Bila kamu melewatkan sarapan dapat memicu rasa lapar berlebih. Oleh karenanya di saat makan siang kamu membutuhkan banyak karbohidrat untuk lebih merasa kenyang.

Saat menjalani diet ini kamu disarankan dengan sarapan menggunakan menu yang tinggi protein. Selain itu kamu diingatkan untuk menghindari konsumsi karbohidrat yang berlebih.

Masalahnya dalam DEBM menganggap karbohidrat menjadi salah satu penyebab obesitas. Selain itu karbohidrat merupakan penyumbang kalori yang cukup besar. Namun jika konsumsi karbohidrat dalam porsi yang cukup banyak.

Oleh sebab itu konsumsilah makanan tinggi protein seperti daging merah, dada ayam, dan atau telur. Saat mengkonsumsi makanan berlemak seperti digoreng tidak masalah karena hal ini bukan pantangan bagi DEBM.

Makan Siang dengan Sayur dan Protein Hewani

Setelah makan pagi kamu akan melanjutkan aktivitas sampai jam makan siang tiba. Untuk DEBM kamu tetap harus menjalani makan siang. Dalam menjaga makan dengan teratur sehingga tidak mengganggu kesehatan.

Selain itu asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat memenuhi nutrisi harian bagi tubuh. Porsi makanan yang masuk dalam tubuh untuk dapat disesuaikan atau tidak makan berlebih.

Saat makan siang kamu dapat mengkonsumsi sayuran dan protein hewani. Adapun jenis sayuran apa saja dapat digunakan.

Namun lebih baiknya kamu mengkonsumsi sayuran berdaun hijau yang masih segar. Sayuran seperti kangkung, bayam, daun katuk, pakcoy, dan lain-lain.

Sayuran hijau memiliki khasiat dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini karena daun hijau kaya serat dan rendah kalori.

Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi sayuran yang banyak di waktu siang dapat membuat perut cepat kenyang dana menahan rasa lapaleboh lama. Selain itu khasiat yang lain dari sayuran hijau ini dapat melancarkan pencernaan. Sehingga dengan diet DEBM kamu memperoleh manfaat dalam kesehatan seperti kesehatan saluran pencernaan.

Baca juga :  Jumlah Kalori Seafood Untuk Program Diet

Makan Malam dengan Mengkonsumsi Protein Hewani

Bagi diet yang lain makan malam perlu untuk dihindari. Namun dalam DEBM mewajibkan kamu untuk makan malam.

Untuk aturan jam makan pada malam hari memang harus dibatasi. Usahakan kamu makan tidak lebih dari pukul 6 sore.

Mengapa demikian? Aturan ini dibuat dengan maksud agar sistem pencernaan pada tubuh kamu lebih banyak memiliki waktu istirahat. Selanjutnya waktu istirahat ini akan menjadi masa untuk proses pembakaran lemak agar lebih maksimal.

Namun jika kamu makan di atas pukul 6 malam berpotensi membuat kadar gula dalam darah masih tinggi. Oleh sebab itu hal tersebut dapat memicu menumpuknya lemak yang disebabkan proses pembakaran yang tidak sempurna.

Untuk menu makan malam ala diet DEBM dengan makanan tinggi protein yang terdapat pada protein hewani. Selain itu mengkonsumsi daging merah dapat memenuhi kebutuhan protein yang berguna dalam pembentukan otot. Adapun pembentukan otot seperti otot perut, lengan dan dada.

Dalam proses diet DEBM adalah kamu mengkonsumsi dada ayam sebagai pemenuhan protein. Adapun porsinya yaitu setengah dada ayam mengandung 3 gram lemak, 142 kalori.

Walaupun rasa dada ayam kurang nikmat dibanding dengan bagian lain. Namun untuk khasiatnya sendiri dalam keberhasilan DEBM lebih kepada dada ayam.

Konsumsi Cemilan Perlu Dibatasi

Dalam diet DEBM adalah diet enak menyenangkan dan tidak ada pantangan. Namun lebih baik untuk membatasi porsi cemilan kamu.

Adapun jenis cemilan yang perlu dibatasi dalam diet DEBM yaitu cemilan yang mengandung gula berlebih. Maksudnya kamu mengurangi makanan atau minuman yang manis.

Selain itu makanan dengan gula  berlebih dapat memicu kenaikan berat badan, sehingga menggagalkan diet. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membatasi asupan gula dalam makanan agar diet yang dijalankan berhasil.

Baca juga :  Pengaturan Jam Makan untuk Diet Sehat Anda

Makanan dengan kandungan garam berlebih memang tidak secara langsung dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Namun zat pada garam dapat meningkatkan retensi air dalam tubuh sehingga berat badan akan naik.

Selain itu makan cemilan dengan kandungan garam terlalu banyak dapat menyebabkan perut kembung. Maka sebaiknya batasi asupan garam agar DEBM dapat berhasil.

Kamu dapat mengkonsumsi cemilan dalam bentuk buah-buahan segar. Selain itu juga kamu dapat mengkonsumsi cemilan yang rendah kalori dan gula. Hal tersebut dapat lebih bermanfaat seperti tubuh menjadi lebih sehat.

Makanan yang Direkomendasikan Saat Menjalani DEBM

Bagi kamu yang sedang menjalani diet DEBM terdapat makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan saat menjalani diet sehat DEBM.

Telur

Makanan yang direkomendasikan pertama saat menjalani DEBM adalah telur. Telur dapat kamu diolah dengan direbus atau digoreng. Semua itu tergantung dengan selera masing-masing.

Ikan

Rekomendasi yang kedua saat menjalani diet sehat DEBM adalah semua jenis ikan. Baik ikan laut atau ikan air tawar dapat kamu masukkan dalam daftar menu.

Sayur Mayur

Sayuran selain sehat juga dapat membuat diet ala DEBM kamu cepat berhasil. Untuk sayuran yang menjadi rekomendasi diet DEBM adalah sayuran hijau dan sayur rendah pati. Adapun sayuran rendah pati yang dimaksud seperti kembang kol, wortel, buncis, brokoli dan lain-lain.

Buah-Buahan

Semua jenis buah dapat kamu makan selama menjalani diet ini. Selain kandungan mineral yang tinggi serat serat yang banyak, buah juga kaya akan vitamin. Namun buah yang direkomendasikan untuk diet DEBM adalah buah dengan kandungan tinggi lemak seperti alpukat.

Perlu diingat keutamaan diet DEBM adalah menjaga kesehatan tubuh dan bentuk tubuh yang ideal. Untuk informasi kesehatan yang lain dapat kamu lihat di M Kitchen.