Kacang Hijau untuk Diet Membantu Turunkan Berat Badan

kacang hijau untuk diet

Ada beberapa makanan yang kerap kali diusulkan untuk membantu program diet, salah satunya yakni kacang-kacangan. Walaupun begitu, tetapi dibanding dengan jenis kacang-kacangan yang lain kacang hijau bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Kacang hijau untuk diet bisa membantu Anda dan orang diluar sana untuk program menurunkan berat badan. Kacang hijau ini dipercaya mampu untuk melunturkan lemak karena terdapat kandungan yang baik untuk kesehatan serta bagus untuk menjalani diet.

Intip Penggunaan Kacang Hijau untuk Diet

Kacang hijau merupakan bahan makanan yang seringkali orang gunakan untuk membuat masakan khas Indonesia. Biasanya dibuat bubur kacang hijau yang rasanya manis serta bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat. Selain rasanya yang nikmat, kacang hijau juga ada banyak mengandung manfaat yakni bisa membantu untuk menurunkan berat badan serta cocok untuk kecantikan.

Kelebihan berat badan atau istilah lainnya obesitas menjadi fenomena yang sudah menjamur karena pola hidup yang tidak sehat. Hal lain yang menjadi penyebab yakni kurangnya olahraga serta kebiasaan makan yang buruk. Jika kelebihan berat badan itu terjadi pada Anda pastinya bingung bukan bagaimana cara untuk menurunkan.

Nah, salah satu caranya yakni dengan menjalani program diet. Anda bisa menggunakan kacang hijau untuk membantu menjalankan diet sehat Anda. Hanya dengan membuat bubur yang bahan dasarnya dari kacang hijau bisa membantu penurunan berat badan.

Baca juga :  Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg Dalam Seminggu, Emang Bisa?

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau untuk Diet

Membuat bubur kacang hijau untuk membantu proses diet Anda tidak usah. Cukup dengan beberapa bahan dirumah saja bubur bisa Anda nikmati. Ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Jadi jangan lewatkan untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau yang biasanya orang makan pada saat sarapan.

Bahan

  • 80 gr kacang hijau yang sudah direndam dalam air selama 5 jam
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 500 ml air matang
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh jahe bubuk
  • 1 sendok makan gula pasir

Cara Membuat

  1. Langkah pertama yakni bersihkan kacang hijau dengan mencuci bersih setelah itu tiriskan
  2. Rebus dalam panci dengan air matang
  3. Setelah rebusan kacang hijau mendidih masukkan gula pasir, jahe, serta daun pandan
  4. Aduk-aduk terus sampai merata dan bubur pecah
  5. Cicipi terlebih dahulu jika kurang rasanya bisa ditambahkan
  6. Tuangkan dalam mangkuk,  bubur bisa dinikmati selagi masih hangat

Kandungan Kacang Hijau

Membuat bubur kacang hijau sangat mudah bukan. Anda bisa praktek sendiri di rumah. Bahannya yang gampang untuk dicari dan harganya yang terjangkau. Kacang hijau memiliki banyak kandungan yang akan mendatangkan berbagai manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa kandungan kacang hijau.

  1. Vitamin C

Vitamin C yang terdapat pada kacang hijau berfungsi sebagai obat luka. Selain itu juga bisa menjadi pencegah penyakit kanker yang mematikan.

  1. Vitamin K

Kacang hijau mengandung vitamin K yang fungsinya untuk mempercepat sistem pertumbuhan. Bukan hanya itu, tetapi cocok juga bagi orang yang sedang menderita osteoporosis.

  1. Serat

Memiliki kandungan serat dan bagus untuk pencernaan, kacang hijau dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di tubuh. Selain itu bisa mengatur kadar gula darah dan melancarkan sistem pencernaan.

  1. Sumber Protein

Protein dalam kacang hijau mempunyai asam amino yang cukup lengkap. Hal itu bisa Anda rutin konsumsi sebab bisa membantu proses reproduksi yang stabil. Anda bisa mendapatkan kandungan protein tersebut dari rebusan kacang hijau.

  1. Rendah Karbohidrat

Kacang hijau banyak mengandung karbohidrat sekitar 19 atau setara dengan 100 gram. Sehingga sangat baik untuk Anda yang menjalani program diet dan untuk pembentukan otot.

Baca juga :  Diet Sayuran Rebus, Menu Diet Sehat yang Kaya Nutrisi

Manfaat Kacang Hijau untuk Diet

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Orang yang melakukan diet akan selalu menjaga bobot dengan ketat sehingga perlu juga untuk menjaga asupan makanan yang diserap oleh tubuh. Nah, karena pengawasannya yang ketat biasanya orang-orang akan berusaha untuk menahan nafsu makan sehingga banyak orang yang sedang diet akan merasa tersiksa.

Hal semacam itu bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi kacang hijau. Kacang hijau kaya akan serat yang bisa membantu untuk menahan rasa lapar serta bisa membuat kenyang lebih lama. Tentunya hal ini bisa menekan asupan makan yang masuk dalam tubuh sehingga diet Anda bisa berjalan lancar.

  1. Membantu Menyerap Nutrisi

Peneliti mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B bisa membuat lambung serta usus mengalami waktu pengosongan lebih lama. Hal tersebut berpengaruh pada penyerapan nutrisi dan bisa memungkinkan nutrisis tidak bisa terserap dengan baik.

Kacang hijau mempunyai enzim yang bisa membantu untuk menyerap nutrisi sehingga orang yang diet akan tetap mendapat nutrisi yang cukup meskipun asupan makanannya berkurang. Selain itu bisa juga mencegah penumpukan kotoran pada lambung serta usus.

  1. Bantu Melancarkan Pencernaan

Selain perlu untuk mengurangi asupan makanan, diet juga perlu melakukan pembuangan kelebihan cadangan makan di dalam tubuh. Maka dari itu, pencernaan menjadi bagian yang penting dalam hal ini.

Kacang hijau yang tinggi serat membantu organ pencernaan untuk mencerna makanan dengan baik. Sehingga proses pembuangan sisa makanan lancar serta tidak akan mengalami penumpukan dalam tubuh. Tentunya program diet akan bisa mencapai bobot yang Anda inginkan.

Kacang hijau untuk diet bisa Anda coba dengan mengolahnya menjadi bubur. Penambahan gula tidak cukup berpengaruh pada diet Anda, yang terpenting tetap memenuhi aturan dalam proses pembuatannya. Kandungan dalam kacang hijau yang banyak sangat mendukung program diet Anda. Ulasan cara diet sehat lebih lengkap, bisa Anda simak pada M Kitchen.

Baca juga :  Cara Diet Telur Yang Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan