Pilihan Makanan Diet Protein untuk Kurus dan Ideal

diet protein untuk kurus

Protein merupakan salah satu kebutuhan diet yang sangat menjanjikan. Dalam hal ini ada beberapa makanan diet protein untuk kurus yang bisa Anda pilih. Sehingga berat badan tetap terjaga dengan baik dan selalu ideal.

Memang membutuhkan tenaga ekstra untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun, Anda tidak perlu khawatir ketika memilih makanan. Pada dasarnya makanan dengan kandungan tinggi protein sangat baik untuk memberikan rasa kenyang.

Tentu mampu mencegah rasa lapar dan mampu membantu dalam pembangun jaringan dalam tubuh. Penasaran dengan makanan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Makanan Diet Protein untuk Kurus

Berikut adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan tinggi protein dan cocok untuk diet.

Telur

Makanan pertama adalah telur yang sangat sehat dan bergizi untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Bahkan harga dari telur juga sangat terjangkau bagi semua kalangan. Telur adalah makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak seat.

Kandungan pada telur sangat baik untuk menutrisi otak dan melindungi mata. Termasuk salah satu makanan rendah kalori. Sebutir telur memiliki kandungan 6 gram protein dan 78 kalori.

Perlu diketahui bahwa kandungan protein paling tinggi berada pada bagian putih telur. Anda bisa merebus telur sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Dalam hal ini tidak direkomendasikan untuk menggoreng telur karena mampu memberikan kandungan lemak jenuh yang menghambat proses diet.

Dada Ayam

Kemudian ada dada ayam yang menjadi menu diet protein untuk kurus. Dada ayam termasuk salah satu makanan yang tinggi protein. Bahkan banyak orang yang menjadikan menu tersebut sebagai salah satu kenikmatan tersendiri.

Baca juga :  Ngemil di Kala Lapar Tengah Malam Tanpa Takut

Dalam 53 gram dada ayam memiliki kandungan 284 kalori. Selain proteinnya tinggi makanan ini kaya akan vitamin B6 dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi dada ayam sebaiknya dengan membuang kulitnya karena mengandung lemak.

Anda bisa mengolah dada ayam dengan berbagai cara sesuai selera. Hal terpenting adalah mengurangi penggunaan minyak sayur agar tidak menghambat proses diet protein sehat.

Brokoli

Makanan diet protein untuk kurus berikutnya adalah brokoli. Ini merupakan sayuran yang termasuk pada genus Brassica oleracea dan masih satu keluarga dengan kubis, kangkung, dan kembang kol. Pada secangkir brokoli mengandung 96 gram protein dan 31 kalori.

Brokoli juga memiliki kandungan vitamin serat mineral yang baik untuk tubuh. Keduanya mampu melindungi tubuh dari risiko terjadinya kanker. Anda bisa mengolah brokoli dengan berbagai cara sesuai selera.

Namun, lebih baik jika pengolahan tersebut dengan merebus, mengukus, atau menumisnya. Usahakan tidak memasak brokoli terlalu matang agar kandungan vitamin serta mineral tidak hilang. Dengan begitu diet protein Anda bisa berjalan dengan lancar.

Ikan

Berikutnya ada ikan yang merupakan makanan yang banyak mengandung protein. Kandungan protein pada ikan sebenarnya sangat bervariasi. Misalnya pada ikan tuna yang memiliki kandungan 27 gram.

Selain memiliki kandungan protein ikan juga kaya akan vitamin D. Ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk tubuh dan otak. Hal tersebut mampu mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

Olahan Kedelai

Beberapa olahan kedelai juga merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk diet. Dalam hal ini ada tahu dan tempe. Keduanya tersemat kandungan protein, asam amino, vitamin, dan mineral.

Asam amino adalah senyawa yang sangat penting sebagai pembentukan protein dalam tubuh. Mengonsumsi olahan kedelai sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit seperti jantung, kanker, dan diabetes.

Baca juga :  Rekomendasi Menu Makan Siang Diet Bantu Kuruskan Badanmu

Anda bisa mengolah makanan diet protein untuk kurus ini dengan cara dikukus atau direbus. Hindari mengolah dengan cara menggoreng untuk mengurangi efek lemak jenuh.

Selai Kacang

Kemudian ada selai kacang yang sangat cocok untuk diet. Pasalnya menu cemilan yang satu ini sudah terkenal ke seluruh dunia. beberapa pilihan selai kacang alami bisa Anda padukan dengan berbagai bahan lain sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Membuat selai kacang sendiri adalah pilihan terbaik untuk Anda. Usahakan menggiling kacang tanah yang sudah disangrai lalu menambahkan sedikit garam. Selai kacang tersebut memiliki kandungan protein, serat, dan magnesium.

Dalam satu sendok selai kacang terselip 7 gram protein dan 161 kalori. Penting bagi Anda untuk memperhatikan jumlah kebutuhan tersebut agar diet berjalan dengan lancar.

Edamame

Pada dasarnya edamame merupakan makanan diet protein untuk kurus yang menjadi pilihan terbaik. Edamame adalah bentuk kacang kedelai utuhan yang masih muda ketika dipanen. Pada secangkir edamame 155 gram memiliki kandungan 18,5 protein.

Edamame adalah sumber protein yang utuh untuk menyediakan kebutuhan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh Bahkan termasuk jenis makanan tinggi protein rendah lemak yang sangat cocok dimasukkan dalam menu diet sehat.

Manfaat Diet Tinggi Protein

Diet protein merupakan salah satu metode terbaik untuk mengonsumsi lebih banyak protein dan sedikit karbohidrat Protein merupakan sumber nutrisi penting yang bertanggungjawab pada beberapa bagian tubuh termasuk hormon serta enzim. Bahkan kebutuhan tersebut harus dikonsumsi setiap hari agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Ada beberapa manfaat diet protein untuk kurus yang bisa Anda dapatkan. Simak penjelasannya dibawah ini.

Mengurangi Nafsu Makan

Mengonsumsi camilan dan makanan yang mengandung tinggi protein mampu membuat seseorang menjadi lebih kenyang. Hal tersebut memungkinkan untuk mengurangi nafsu makan. Sehingga Anda akan mengurangi porsi makan hari.

Baca juga :  Menu Diet Sederhana Seminggu Enak & Sehat

Biasanya orang yang sudah mengonsumsi banyak protein secara otomatis mengurangi kebutuhan kalori. Sehingga diet ini memungkinkan Anda untuk meminimalisir kalori dengan lebih mudah dengan diet protein.

Mengubah Beberapa Kadar Hormon Pengatur Berat Badan

Sebenarnya otak merupakan salah satu organ yang sangat berperan dalam kehidupan. Dalam hal ini disebut sebagai hipotalamus yang berperan besar dalam mengatur berat badan Anda. Organ vital tersebut mampu memproses berbagai jenis informasi yang menentukan kapan Anda harus makan dan menentukan jumlahnya agar perut terasa lebih kenyang.

Asupan protein yang cukup mampu meningkatkan kadar hormon kenyang. Hal tersebut mampu memberikan GLP-1, peptidpeptiden kadar kolesistokinin dan mengurangi kadar hormon lapar atau ghrelin.

Melancarkan Metabolisme Protein yang Membakar Kalori

Diet protein untuk kurus memberikan manfaat untuk melancarkan proses pencernaan dan metabolisme protein yang mampu membakar kalori. Dalam hal ini sering disebut efek termik makanan.

Protein Membakar Lebih Banyak Kalori

Adanya efek termal yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme. Hal tersebut mampu membakar kalori sepanjang waktu termasuk ketika tidur. Asupan protein yang cukup mampu meningkatkan kadar kalori yang dibakar sekitar 80 hingga 100 per hari.

Dengan meningkatkan metabolisme maka diet tinggi protein mampu menurunkan berat badan dengan signifikan. Hal ini menjadikan usaha Anda lebih efektif dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Diet protein untuk kurus bisa dilakukan oleh semua orang. Namun, Anda harus bisa memastikan kebutuhan gizi dan nutrisi setiap harinya. Sehingga mampu seimbang antara proses menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Tidak perlu bingung lagi, karena diet menuju kurus Anda akan sangat terbantu dengan hadirnya Healthy M Kitchen. Penasaran menu diet apa saja? Kunjungi https://healthymkitchen.com/.