Jumlah Kalori Seafood Untuk Program Diet

kalori seafood

Kalori seafood – Siapa yang tidak suka dengan seafood? hidangan laut yang satu ini tentu sangat lezat untuk disantap dengan berbagai macam bumbu yang dapat menggugah selera. Meskipun lezat, hidangan laut yang satu ini sering dihindari oleh orang yang sedang diet karena beberapa orang menganggap kalori seafood sangatlah tinggi.

Padahal seafood termasuk jenis asupan daging yang memiliki kalori rendah jika dibanding dengan jenis daging lainnya.

Saat menjalankan program diet, selain mengurangi porsi makanan sehari-hari Anda tentunya juga diwajibkan untuk menghindari berbagai jenis makanan yang dapat membuat berat badan Anda naik. Contohnya saja seperti makanan dengan jumlah lemak yang tinggi, memiliki kandungan karbohidrat, dan memiliki kadar gula yang tinggi.

Meskipun memakan makanan sehat seperti buah-buahan sangat dianjurkan saat melakukan program diet  Namun, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan asupan protein dengan mengkonsumsi daging-dagingan. Nah, apabila dibandingkan dengan daging ayam, sapi, atau  kambing, hidangan laut atau seafood justru kalori seafood jauh lebih sedikit.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir untuk menyantap hidangan laut yang lezat ini karena seafood menjadi salah satu makanan yang sangat cocok untuk dijadikan asupan saat Anda menjalankan program diet.

Kalori Seafood Yang Penting Untuk Diketahui

Jika dipahami, kunci diet sendiri adalah mengatur pola makan yang dapat Anda lakukan dengan mengurangi asupan kalori harian. Apabila melakukan diet dengan konsisten, tentu saja  tubuh Anda akan dengan mudah menyesuaikan keperluan kalori maupun energi yang biasanya dihasilkan oleh metabolisme.

Hasilnya, dengan mengurangi asupan kalori yang berlebihan membuat tubuh dapat menyimpan cadangan makanan di jaringan lemak yang jauh lebih sedikit, sehingga dapat mempermudah proses  penurunan berat badan saat diet.

Baca juga :  Menu Diet Sehat Golongan Darah B yang Aman untuk Anda Konsumsi

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu mencemaskan kalori seafood apabila ingin menyantap hidangan laut saat menjalani program diet. Sebagai informasi, Seafood adalah sumber  protein hewani yang sangat efektif dalam pembentukan serta peningkatan massa otot Anda.

Dengan kandungan protein hewaninya ini menjadikan seafood masuk kedalam daftar  makanan yang baik bagi otot Anda.

Ada banyak sekali metode diet yang dapat anda terapkan salah satunya dengan menggunakan sistem pola makan sehat guna menurunkan berat badan. Salah satu metode diet yang dapat anda terapkan adalah diet Mediterania, metode diet yang satu ini menganjurkan Anda untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan dan sayuran.

Selain itu juga ada metode diet peskatarian dimana diet yang satu ini menganjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan ikan atau hidangan laut lainnya sehingga anda tidak perlu cemas terhadap kalori seafood.

Ikan atau seafood termasuk asupan dengan tingkat kalori yang rendah dan tinggi akan protein dengan jumlah lemak jenuh yang sedikit atau bahkan tidak ada.

Hidangan laut ini memberikan asam lemak omega-3 yang sangat berguna dan dapat membantu untuk melindungi Anda dari berbagai penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, kanker, hingga demensia.

Lebih dari itu, hidangan laut dinilai mengandung zat besi sekaligus vitamin B yang tinggi. Peneliti dari University of Michigan Integrative Medicine bahkan merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan 2 hingga 4 kali dalam seminggu dengan porsi sekitar 4 sampai 6 ons.

Umumnya, Jumlah lemak omega-3 tertinggi banyak ditemukan pada jenis ikan yang berminyak seperti ikan salmon, tuna serta ikan trout.

Walaupun kalori seafood terbilang rendah, beberapa hidangan laut juga mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Tapi hal itu bukan berarti Anda dilarang untuk mengkonsumsi seafood saat program diet.

Baca juga :  Menu Makan Sore Untuk Diet Untuk Bantu Program Diet

Hanya saja seperti hall lainnya, sesuatu yang berlebihan biasanya tidak baik sehingga anda  perlu membatasi asupan seafood saat anda sedang diet.

Hidangan Laut / Seafood Yang Baik Untuk Diet

Anda tidak perlu khawatir soal kalori seafood dan takut mengalami peningkatan berat badan jika mengkonsumsi seafood saat sedang diet. Berbagai macam hidangan laut justru memiliki kandungan protein hewani yang sangat baik dalam pembentukan serta peningkatan massa otot.

Hal ini juga disebabkan mengkonsumsi seafood saat sedang diet merupakan pilihan yang tepat karena kalori seafood yang rendah, kadar protein yang tinggi, ditambah kandungan lemak yang rendah pula. Selain kalori seafood yang rendah, seafood juga memiliki segudang nutrisi penting, contohnya saja asam lemak omega-3 yang berguna bagi kesehatan.

Berikut macam-macam seafood yang dapat Anda konsumsi dengan aman saat sedang diet:

  1. Scallop

Berdasarkan penelitian yang dilansir dari Journal of Food Science, scallop memiliki sifat “anti-obesitas” hal ini dikarenakan kandungan protein yang  tinggi serta kalori yang rendah. Selain itu scallop juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan jumlah kadar kolesterol dalam darah sehingga membuatnya aman untuk dikonsumsi.

  1. Cumi-cumi

Terkenal akan kandungan nutrisi yang tinggi, Cumi-cumi juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari udang serta mengandung lemak yang sedikit. Oleh sebab itu, cumi-cumi dapat dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalankan program diet.

  1. Ikan Salmon

Selain tidak menyebabkan gemuk, mengkonsumsi ikan salmon saat sedang diet juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh yakni dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega-3  pada yang sangat baik untuk jantung.

Lebih dari itu, kalori seafood yang satu ini juga rendah dengan kandungan protein yang tinggi sehingga dapat menstabilkan hormon pada tubuh yang dapat mengontrol nafsu makan berlebih.

  1. Ikan Tuna

Hidangan laut dengan kalori seafood yang rendah selanjutnya adalah ikan tuna. Dengan protein rendah lemak pada daging ikan ini tidak akan membuat Anda gemuk. ikan yang satu ini sangat menyehatkan karena kandungan vitamin B12 dan vitamin D, dan juga  kandungan kalsium serta zat besinya.

  1. Lele

Siapa sangka jenis ikan yang sangat mudah sekali ditemui sekaligus dengan harga yang sangat murah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Kalori seafood pada ikan yang satu ini cukup terbilang rendah. Hal ini membuat ikan lele dapat memenuhi keperluan nutrisi tubuh karena kandungan vitamin serta lemak sehat, seperti halnya omega-3 dan omega-6.

Baca juga :  Tips Membuat Olahan Tempe Untuk Diet, Mudah dan Enak

Tips Makan Seafood Saat Diet

mengkonsumsi seafood saat sedang diet sebaiknya disesuaikan dengan keperluan asupan kalori harian Anda. Umumnya asupan  kalori yang diperlukan saat sedang program diet sekitar 1.500 hingga 1.800 kalori dalam perharinya sedangkan keperluan asupan protein untuk orang dewasa normalnya di angka 10 hingga 15 persen dari kebutuhan kalori harian.

Selain itu, pastikan untuk memperhatikan jenis hidangan laut serta cara pengolahannya yang akan  Anda makan, hal ini disebabkan karena beberapa jenis hidangan laut mengandung merkuri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda sendiri.

Itulah penjelasan mengenai kalori seafood yang sangat berguna sebagai informasi program diet anda. Selama Anda dapat menghindari untuk mengkonsumsi seafood yang mengandung kadar merkuri yang tinggi seafood dapat dijadikan pilihan asupan makanan yang sehat saat diet.

Untuk mensukseskan program diet Anda, tentunya membutuhkan asupan makanan yang sehat, anda dapat membeli asupan diet anda melalui catering sehat M Kitchen yang menyediakan berbagai jenis makanan sehat yang dapat anda konsumsi saat diet.