Menu Sarapan Untuk Diet Pemula Yang Bermanfaat

Menu Sarapan Untuk Diet Pemula

Sarapan untuk diet pemula merupakan suatu kegiatan mengonsumsi makanan utama pada waktu pagi hari sebelum seseorang melakukan suatu aktivitas. Biasanya sarapan dilakukan pada rentang waktu antara pukul 06.00 pagi hingga 10.00 pagi. Sarapan mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, sekalipun itu bagi Anda yang sedang menjalankan diet sekalipun.

Sarapan Untuk Diet Bagi Pemula

Jika Anda sedang mencoba menjalankan program diet, sebaiknya Anda tidak meninggalkan sarapan di waktu pagi hari. Anda tidak perlu takut berat badan naik, justru sarapan akan membuat berat badan lebih dapat terkontrol dengan baik.

Berat badan mereka yang rutin sarapan tepat waktu justru lebih cenderung mempunyai berat badan yang terkontrol dibandingkan dengan yang melewatkan sarapan di pagi hari.

Mengapa bisa demikian? Berdasarkan teori dari sebuah studi, sarapan dengan menyantap makanan yang sehat di saat pagi akan mampu mengurangi rasa lapar yang berlebihan sepanjang hari.

Selain itu dengan sarapan, kita akan mampu mengontrol menu makanan yang sehat untuk tubuh. Berbeda dengan mereka yang tidak sarapan. Bagi yang melewatkan sarapan pagi, biasanya akan mudah kelaparan sebelum waktu makan siang tiba.

Dampaknya, seseorang tersebut akan makan banyak saat makan siang tiba dan akan makan makanan lain untuk membuat perut kenyang. Hal seperti inilah yang justru akan merusak program diet bagi Anda yang sengaja melewatkan sarapan pagi.

Manfaat Sarapan bagi Pelaku Diet Sehat

Pentingnya sarapan saat melakukan diet bagi pemula, selain mampu mengontrol berat badan, sarapan dengan menyantap makanan yang sehat saat pagi hari juga akan mencukupi kebutuhan energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Tidak hanya itu saja, sarapan juga bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga konsentrasi, mengoptimalkan kinerja tubuh, menjaga daya tahan, dan mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Baca juga :  Menu Harian Penderita Diabetes yang Perlu Diketahui

Meskipun Anda salah seorang yang rutin sarapan, namun hal yang perlu dicatat adalah jangan hanya asal sarapan menyantap makanan yang sembarangan.

Berdasarkan penelitian, sarapan untuk diet pemula yang sehat yaitu menu makanan dengan kandungan nutrisi berupa protein, bisa berupa biji-bijian utuh, karena dapat berkontribusi untuk penurunan berat badan. Usahakan hindari menu yang banyak mengandung kalori dan lemak.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein dan serat ketika sarapan pagi, Anda akan lebih lama merasa kenyang. Sehingga nafsu makan juga dapat terkendali sepanjang hari. Lebih bagus lagi jika Anda menambahkan asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi buah-buahan serta sayuran sewaktu sarapan.

Hindari juga sarapan dengan menu makanan berat semisal nasi putih dengan lauk-pauk. Perlu Anda ketahui, bahwa nasi putih mempunyai kandungan karbohidrat simpleks.

Karbohidrat simpleks ini akan mudah dicerna dan diubah menjadi energi, namun sayangnya pasokan energi dari karbo simpleks ini bersifat fluktuatif. Kadang bisa cepat menanjak, tapi kadang juga cepat menurun. Hal ini berakibat tubuh Anda merasa lemas dan mengantuk.

Menu makanan untuk sarapan yang direkomendasikan bisa kombinasi buah-buahan yang mudah Anda dapatkan seperti pisang, apel, alpukat. Selain itu bisa Anda lengkapi dengan yoghurt rendah lemak, bisa juga bubur gandum atau roti gandum.

Menu Sarapan Saat Diet

Berikut ini beberapa contoh menu makanan sarapan untuk diet pemula yang bisa Anda coba.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Selain mengandung tinggi kalium, buah ini juga kaya serat dan kandungan air. Anda dapat mencampurnya dengan oatmeal atau bisa juga memakannya langsung.

Oatmeal polos

Sebagai sumber karbo yang kompleks dapat menjadi energi untuk tubuh Anda, selain itu memiliki serat yang berguna untuk menangkal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga :  Diet Ala Jepang yang Menyehatkan dan Mudah untuk Diterapkan

Secangkir oatmeal yang matang memiliki kandungan kisaran serat 4 gram dan protein sebanyak 6 gram. Menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan untuk diet pemula yang cocok untuk Anda konsumsi.

Smoothie

Selain praktis, smoothie juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan cocok untuk Anda yang baru memulai program diet tapi ingin tetap menjaga perut tetap kenyang dan nyaman.

Lebih baiknya lengkapi smoothie untuk diet Anda dengan sayuran dan buah yang rendah kalori. Hal ini supaya asupan serat tercukupi dan kenyang lebih lama. Anda juga dapat menambahkan makanan dengan protein tinggi seperti biji-bijian atau bisa juga bubuk protein.

Meskipun smoothie merupakan menu sarapan untuk diet pemula yang lezat, namun menu yang satu ini juga dapat menjadi masalah bom kalori jika Anda menambahkan terlalu banyak bahan yang mengandung kalori tinggi ke dalamnya.

Jadi, tetap perhatikan baik-baik komposisi smoothie Anda ketika memutuskan untuk menjadikan menu sarapan di kala sedang program diet.

Apel

Tidak hanya pisang, buah yang bagus untuk santapan di waktu sarapan selagi Anda diet adalah apel. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi namun tetap aman untuk dikonsumsi.

Selain berserat, apel juga praktis untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki aktivitas yang sibuk. Jadi, dengan mengkonsumsi apel, Anda tetap bisa melakukan aktivitas yang padat tanpa melewatkan sarapan yang penting untuk menjaga asupan gizi tubuh saat diet.

Dada ayam

Makanan yang satu ini mungkin bukan termasuk menu sarapan yang umum. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa dada ayam memiliki kandungan protein yang tinggi.

Sajikan olahan dada ayam (tanpa lemak) dengan sayuran yang tinggi serat sebagai menu sarapan untuk diet pemula, sehingga asupan energi tubuh Anda tetap terpenuhi sepanjang hari.

Baca juga :  Cara Diet Air Putih Yang Baik Dan Aman

Telur

Satu lagi makanan yang berasal dari ayam yang bisa disajikan ketika sarapan untuk diet pemula Anda yaitu telur. Menurut penelitian, dua butir telur dengan ukuran besar memiliki kandungan protein sebanyak 12 gram.

Selain sebagai sumber protein yang tinggi, telur juga mengandung nutrisi lain seperti kolin yang berfungsi sebagai pembakar lemak. Kolin ini juga bisa Anda dapatkan dari bahan makanan lain seperti daging tanpa lemak dan berbagai makanan yang berasal dari laut.

Bagi Anda yang sedang berniat memulai program diet, maka menu makanan di atas dapat menjadi solusi sarapan untuk diet pemula Anda. Usahakan juga untuk menghindari kebiasaan ngemil cemilan yang tidak sehat.

Pilih makanan yang bergizi tinggi guna mencukupi asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh supaya kebutuhan energi cukup untuk melakukan aktivitas seharian meskipun sedang diet.

Perhatikan juga pola makan yang teratur tiga kali dalam sehari. Karena kesalahan yang fatal adalah banyak yang menghindari bahkan menghilangkan sarapan dan makan malam hanya supaya berat badan tidak bertambah. Padahal hal tersebut merupakan sebuah kesalahan.

Faktanya makan tiga kali dalam sehari (sarapan, makan siang, dan makan malam) itu lebih menyehatkan. Banyak penelitian para ahli yang menyatakan bahwa seseorang yang memiliki pola makan tiga kali sehari cenderung mempunyai kadar lemak dalam darah yang rendah.

Asalkan tetap menjaga kombinasi menu makanan sehat seperti sayuran, biji-bijian utuh, produk susu yang rendah lemak, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, unggas, telur, dan tidak lupa juga buah-buahan. Jadi meskipun Anda sedang melakukan diet, usahakan tetap menjaga pola dan porsi makan yang cukup supaya asupan gizi terpenuhi.

Setelah mengetahui pentingnya sarapan untuk diet pemula, maka tubuh ramping yang sehat bisa dengan mudah Anda wujudkan. Bisa juga kunjungi website M Kitchen untuk informasi kesehatan atau seputar diet Anda.