Macam-Macam Diet, Kurangi Berat Badan Untuk Tubuh Ideal

Macam-Macam Diet

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Berat badan yang ideal sebenarnya bukan hanya berdampak pada bentuk tubuh saja, tapi juga berdampak pada kesehatan keseluruhan. Melakukan diet kamu juga harus tahu macam-macam diet supaya tidak salah pilih dan bisa mendapat bentuk tubuh proporsional yang diinginkan. Jika kamu masih bingung maka wajib untuk melihat ulasan berikut ini.

Simak Macam-Macam Diet Mengurangi Berat Badan

Diet merupakan pola makan dengan mengkonsumsi makan yang sumber serta cara makannya diatur dan tidak boleh sembarangan, supaya bisa sesuai pada kebutuhan harian tubuh.

Diet bisa berguna untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencapai maupun mengontrol berat badan supaya tetap proporsional dan ideal. Tetapi, tidak semua diet bisa menurunkan berat badan. Ada beberapa diet yang dianjurkan oleh dokter karena memiliki penyakit tertentu.

Melakukan program diet tentu perlu untuk memastikan tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup. Tubuh wajib untuk memperoleh gizi yang seimbang, supaya tubuh tidak gampang loyo dan sakit. Porsi harian tubuh perlu asupan beragam seperti karbohidrat, serat, lemak, vitamin, mineral, dan protein.

Tetapi terkadang kamu lupa akan hal tersebut dan hanya makan sembarangan yang penting perut sudah terasa kenyang. Terdapat cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui kecukupan nutrisi tubuh seperti berikut.

Kecukupan Asupan Nutrisi

  • 1/2 piring yang isinya buah serta syur
  • 1/4 piring berisi protein, seperti ikan, kacang-kacangan, dan ayam
  • 1/4 piring berisi biji-bijian utuh, nasi coklat, karbohidrat, gandum utuh maupun pasta
  • Lengkapi dengan minyak sehat dan cobalah untuk menghindari makanan yang berlemak jenuh serta kolesterol tinggi
  • Minum air putih yang cukup. Cobalah hindari untuk mengkonsumsi susu dan minum minuman yang berpemanis
Baca juga :  Camilan Sehat untuk Anak yang Dijamin Enak!

Inilah Macam-Macam Diet

Terdapat bermacam diet yang dapat kamu lakukan untuk bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Macam diet yang berikut ini lebih baik dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan serta tujuan kesehatan. Berikut beberapa macam diet yang bisa kamu gunakan antara lain.

Diet Paleo

Diet paleo adalah diet yang lebih menekankan untuk mengonsumsi makanan yang sudah mengalami proses alami. Makanan tersebut seperti direbus, dikukus, maupun dibakar. Makanan yang dianjurkan untuk kamu makan bisa berupa rempah-rempah, buah, sayur, makan laut, serta zaitun.

Nah, apa itu zaitun, kamu belum tahu bukan? Zaitun mempunyai kandungan yang bisa menurunkan kolesterol serta lemak jahat yang ada dalam tubuh. Makanan diet paleo mempunyai tinggi protein serta rendah karbohidrat.

Diet Mayo

Pernahkah kamu mendengar diet mayo? Diet mayo adalah salah satu diet sehat yang lebih efektif kamu jalankan untuk menurunkan berat badan. Macam diet tersebut sangat dianjurkan untuk orang yang mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat. 

Makanan yang masuk dalam tubuh akan disisipkan grapefruit sebagai salah satu menu utamanya. Diet grapefruit itu mengandalkan enzim pembakar lemak yang cukup menjanjikan untuk menurunkan berat badan bisa mencapai hingga 5 kg dalam waktu 12 hari saja.

Diet Vegetarian

Kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan diet yang satu ini. Para pelaku diet vegetarian menganut janis lacto ovo vegetarian yang tidak bisa dikonsumsi makan yang sumbernya dari hewan, terkecuali madu, telur atau produk susu. 

Ada juga diet vegetarian yang tidak konsumsi apa pun yang asalnya asalnya dari hewan, termasuk juga madu, telur, yakni diet vegan. Vegan merupakan cara hidup untk menunjang kesimbangan lingkungan serta menghindari berbagai perilakua yang kurang etis pada hewan. 

Macam-macam diet seperti diet vegetarian lebih populer dengan pascatarian, lacto ovo vegetarian, pollotarian, fruitarian vegetarian dan masih banyak lagi. Diet tersebut memiliki manfaat mengurangi penyakit jantung serta pembuluh darah, kanker, serta diabetes. Pelaku yang lebih sering diet vegetarian cenderung mempunyai berat badan lebih rendah, jarang menderita penyakit, dan rentang hidup lebih panjang.

Baca juga :  Catering Sehat Bintaro Dengan Berbagai Varian Menu Diet

Diet Alkaline

Macam diet berikutnya yang bisa kamu gunakan yakni diet alkaline. Lebih fokus terhadap sumber makanan yang mempunyai kandungan tinggi akan alkaline, suatu zat yang alami berkhasiat baik untuk tubuh. 

Sumber makanan yang tinggi alkaline bisa kamu pilih seperti makanan alami yang tumbuhnya dari pohon atau tanah. Makanan yang tinggi alkaline bisa membantu menyeimbangkan pH tubuh sehingga kamu dapat terhindar dari gangguan penyakit yang bisa berpotensi mengancam jiwa misalnya diabetes dan obesitas.

Diet Atkins

Lebih sering dikenal Atkins Nutritional Approach yang fokusnya mengatur jumlah serta kadar insulin dalam tubuh. Cara diet tersebut bekerja dengan mengonsumsi sumber makanan rendah karbohidrat sebagai pengganti asupan protein serta lemak baik. 

Macam diet yang satu ini mempunyai empat fase. Fase pertama boleh konsumsi 20 gram karbohidrat per hari selama dua minggu. Fase yang berikutnya, baru kamu bisa menambah karbohidrat secara perlahan.

Diet Dukan

Diet dukan lebih ke cara mengubah menu makan. Diet ini kamu dapat memilih menu sesukau, selama makan terdapat dalam 100 menu yang sudah ditetapkan sesuai dengan diet yang satu ini. Dari 100 menu terdiri dari 72 sumber hewani serta 28 sumber dari nabati. 

Selain itu juga kamu akan lebih leluasa makan sebanyak mungkin selama sesuai dalam 100 menu tersebut. Diet ini dapat menurunkan berat badan yang lebih signifikan hingga mencapai 1-4,5 kg dalam waktu 5 hari pertama. 

Tapi ternyata diet dukan mempunyai efek samping yaitu hilangnya massa otot serta cairan yang ada pada tubuh hilang karena penurunan berat badan yang cepat. Selain itu, jika kamu melakukan diet dalam waktu lama dapat menyebabkan sembelit, lelah, bau mulut, serta rusaknya organ seperti hati dan ginjal.

Baca juga :  Menu Harian Penderita Diabetes yang Perlu Diketahui

Diet OCD

Obsessive Corbuzier’s Diet adalah diet yang paling banyak disukai sebab dinilai lebih efektif untuk membantu menurunkan berat badan dalam waktu yang cukup cepat. Diet dengan model ini, kamu bisa memakan makan apa pun yang disukai. 

Tetapi, porsi makan tentu yang sewajarnya saja. Diet itu bisa diterapkan sistem puasa, dimana waktu yang dapat meningkat seiring dengan jalannya massa diet. Jika awal saat kamu menjalankan diet, kamu masih diperbolehkan untuk makan kurun waktu 8 jam, maka beberapa hari setelahnya waktu makan itu berkurang menjadi 6 jam atau mungkin 4 jam.

 Nah, di luar dari jam yang sudah ditentukan, kamu akan puasa serta hanya boleh untuk minum air putih. Terbilang efektif karena memberi dampak yang positif bagi tubuh. Bukan hanya itu saja, tapi kamu juga dapat menekan menu makanan yang biasa kamu makan dan kamu sukai selama ini.

Diet Shake

Lebih dikenal sebagai diet susu. Susu diet yang rendah kalori merupakan cara yang ampuh untuk kamu gunakan karena bisa menurunkan berat badan serta tetap memperhatikan asupan yang dikonsumsi.

Diet ini cocok untuk kamu yang kurang mempunyai waktu belanja serta menyiapkan makan sehat sendiri. Cukup dengan membuat susu kurang dari 5 menit maka itu sudah bisa meninggal perut.

Tubuh yang ideal dan proporsional banyak diimpikan oleh setiap orang. Banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan program diet. Nah, untuk itu banyaknya macam-macam diet di atas yang bisa kamu pilih untuk membantu menurunkan berat badan. Kamu juga dapat melihat ulsan lebih lengkapnya di M Kitchen.