Pengganti Nasi Untuk Diet, Apa Saja Sih Jenisnya?

Pengganti Nasi Untuk Diet

Ada banyak sekali jenis makanan sehat pengganti nasi untuk diet saat ini. Meskipun Anda sedang menjalani program diet sebaiknya juga tetap mengonsumsi karbohidrat, karena karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh.

Karbohidrat ini tidak harus Anda dapatkan dari mengkonsumsi nasi saja, karbohidrat tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan selain nasi.

Biasanya banyak program diet yang tidak memperbolehkan mengkonsumsi karbohidrat karena akan mudah menambah berat badan. Hal itu tentunya tidak benar karena karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi dan tidak boleh dilewatkan.

Apa Saja Pengganti Nasi Untuk Diet?

Sebaiknya saat Anda melakukan diet Anda juga harus tetap mengkonsumsi makanan Pengganti nasi untuk program diet yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi. Sehingga tubuh Anda tetap memperoleh karbohidrat sebagai sumber energi tubuh.

Sekarang ini sudah banyak makanan pengganti nasi yang biasa digunakan untuk diet, ini juga baik bagi kesehatan  jika mengkonsumsi karbohidrat dan serat tinggi. Karbohidrat dengan serat tinggi atau sering disebut karbohidrat kompleks akan bertahan pada tubuh lebih lama.

Jadi saat Anda sedang menjalankan diet jangan takut untuk mengonsumsi karbohidrat karena sangat penting bagi tubuh. Nah berikut ini makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa Anda coba.

Kentang

Pastinya kita sudah tahu bahwa jenis umbi-umbian satu unu mengandung karbohidrat seperti halnya nasi. Makanya tak heran jika kentang sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Tetapi orang-orang malah sering mengkonsumsi kentang sebagai lauk pendamping nasi, hal ini justru salah karena sebaiknya kentang tidak dikonsumsi bersamaan dengan nasi. Kentang sendiri mengandung pati resisten, jenis pati ini sulit dicerna sehingga tidak akan menyebabkan berat badan Anda naik.

Baca juga :  Apa Itu Frozen Food? Kenali Beberapa Jenis Frozen Food yang Populer

Meskipun begitu sebaiknya jangan konsumsi kentang goreng karena hal ini justru akan menambah lemak dan dapat menaikan berat badan Anda. Sebaiknya konsumsi kentang rebus atau kukus saja atau bisa Anda jadikan mashed potato.

Ubi Jalar

Selain kentang ubi jalar juga dapat dijadikan makanan Pengganti nasi untuk diet, karena ubi jalar juga mengandung karbohidrat seperti nasi. Selain itu ubi jalar juga mempunyai manfaat kesehatan yang cukup banyak.

Ubi jalar ini mengandung setidaknya 100 gram kalori, 25 gram karbohidrat sehat, serta vitamin A dengan jumlah yang besar dalam setiap satu ubi jalar. Ubi jalar ini juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan resiko penyakit diabetes karena dapat mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh.

Jagung

Makanan pengganti nasi untuk diet selanjutnya ini sudah tidak asing lagi, karena pastinya sering kita dengar di berbagai daerah jagung digunakan sebagai nasi. Di dalam 100 gram biji jagung terkandung 86 kalori dan vitamin B1, B3, B5 dan B9.

Kandungan vitamin B dalam jagung ini cukup besar dan dapat memenuhi 10% sampai 19%  yang harus Anda konsumsi. Jagung juga mengandung serat, magnesium, fosfor, serta vitamin C. Serat dalam jagung ini yang tentunya memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh.

Singkong

Singkong ini cukup mudah ditemukan terutama di Indonesia Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengganti nasi untuk diet. Selain itu mengkonsumsi singkong dinilai juga dapat membantu mengobati dehidrasi, kelelahan, infeksi, bahkan untuk menginduksi persalinan.

Untuk kandungan gizinya sendiri singkong ini sama dengan kentang jadi sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Namun Anda harus memasaknya dengan benar karena di dalam singkong mengandung zat kimia yang melepaskan sianida dan tentunya sangat berbahaya.

Beras Merah

Meskipun sama-sama nasi nyatanya nasi merah ini lebih baik dibandingkan dengan nasi putih, karena alasan lebih sehat. Hal ini karena beras merah mengandung serat yang jauh lebih tinggi dan merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan glikemik rendah dan kaya vitamin B6, zinc dan zat besi.

Baca juga :  Rekomendasi Menu Makan Siang Diet Bantu Kuruskan Badanmu

Selain itu beras merah ini juga mengandung antioksidan antosianin yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Nasi merah juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih sehingga akan mengendalikan gula darah.

Oatmeal

Makanan ini juga sangat baik Anda konsumsi saat sedang mengikuti diet, kebutuhan karbohidrat juga tidak akan terlewatkan dengan mengkonsumsi oatmeal. Apalagi serat dalam oatmeal ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, selain itu juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan alasan tersebut, oatmeal sangat cocok dijadikan sebagai salah satu makanan pengganti nasi untuk diet Anda.

Namun sebaiknya tetap perhatikan juga makanan apa yang akan dijadikan pendamping oatmeal tersebut, jangan sampai mengandung lemak berlebihan. Atau malah terkadang mengandung kalori dan gula sehingga akan membuat makanan tersebut menjadi tidak baik dikonsumsi saat diet.

Quinoa

Mungkin nama makanan satu ini masih sedikit asing di telinga Anda, quinoa sendiri merupakan biji-bijian dengan fitonutrien yang sangat banyak. Nutrisi yang terdapat di quinoa ini berfungsi untuk melindungi  tubuh Anda dari peradangan serta mencegah penyakit dari radikal bebas.

Quinoa ini juga kaya akan serat dan karbohidrat jadi sangat baik Anda konsumsi saat sedang masa diet. Selain itu quinoa juga bebas dari gluten serta mengandung asam amino dan senyawa anti kanker.

Shirataki

Shirataki merupakan jenis makanan pengganti nasi untuk diet yang populer saat ini. Makanan selanjutnya merupakan jenis mie yang dibuat menggunakan ubi konnyaku, yang sering digunakan sebagai bahan pangan. Konnyaku sendiri rendah kalori dan kaya akan serat yang baik untuk Anda.

Selain itu shirataki ini juga sangat mudah dalam pengolahannya, Anda hanya perlu mengolahnya seperti ketika Anda mengolah makanan dari mie. Namun tetap perhatikan penggunaan bahan pendampingnya ya agar sesuai dengan program diet Anda.

Baca juga :  Macam-Macam Diet, Kurangi Berat Badan Untuk Tubuh Ideal

Kembang Kol

Mungkin Anda jarang mendengar jika kembang kol dapat kita fungsikan menjadi pengganti nasi untuk diet? Jika belum pernah Anda harus mencobanya. Apalagi kembang kol ini kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh, Anda juga tidak perlu repot saat mengolahnya.

Jika Anda ingin mengonsumsinya Anda hanya perlumengukus atau menyangrainya saja, Anda juga bisa menyimpannya di kulkas sehingga tidak takut akan basi. Tentunya kembang kol ini merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan, seperti betakaroten, kuersetin, asam sinamat, serta beta-cryptoxanthin.

Selain itu kembang kol juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu juga mengandung Vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Brokoli

Makanan pengganti diet selanjutnya ini bisa Anda olah seperti nasi dengan cara dicincang, serat dalam brokoli ini sangat baik untuk Anda yang sedang diet. Dengan mengonsumsi brokoli ini Anda juga akan lebih cepat kenyang, selain itu sayuran ni juga rendah akan kalori.

Dengan ini akan sangat cocok Anda konsumsi saat sedang diet, selain itu brokoli juga mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Seperti vitamin C dan kalsium yang baik untuk menjaga metabolisme dalam tubuh.

Brokoli merupakan jenis sayuran yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi untuk diet. Brokoli ini biasanya akan dipecah dalam tubuh menjadi senyawa seperti index carbazole atau ICZ.

Senyawa ini akan mengaktifkan senyawa lain yang disebut dengan reseptor aryl hidrokarbon, senyawa ini berfungsi  menjaga kelancaran kerja usus. Untuk mendapat menu diet terbaik, Anda bisa pilih catering sehat M Kitchen.