Makanan Larangan Asam Urat Ini Jangan Anda Konsumi, Berbahaya!

makanan larangan asam urat

Jika Anda menderita asam urat, maka makanan larangan asam urat harus benar-benar menjadi perhatian khusus. Karena jika tidak, akan sangat membahayakan bagi tubuh Anda sendiri.

Biasanya makanan yang banyak mengandung purin yang tinggi seperti hati, daging sapi maupun kalkun adalah makanan pantangan penyakit tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus bisa menghindari sejenis makanan seperti itu.

Seperti yang kita ketahui bahwa asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang sering menyerang persendian dan menimbulkan rasa nyeri. Bahkan hal yang paling parah adalah Anda akan kesulitan untuk bergerak maupun berjalan. Hal ini karena asam urat dibagian sendiri telah mengendap dan mengkristal.

Beberapa Makanan Larangan Asam Urat yang Harus Kamu Ketahui

Pada dasarnya setiap orang akan mempunyai asam urat di dalam darahnya, hanya saja pada kadarnya sebagai pembedanya. Sebab asam urat yang terlalu tinggi ternyata bisa membuat rasa nyeri dan sakit terutama di bagian persendirian.

Oleh karena itu hal seperti ini juga sudah berlebihan maka jangan sampai dianggap remeh begitu saja. Meskipun belum mengetahui atau menderita asam urat, sebaiknya Anda juga harus tahu pantangan-pantangannya apa saja.

Asam urat sendiri diakibatkan oleh adanya zat purin atau zat hasil dari sebuah sistem di metabolisme tubuh seseorang. Prosesnya melalui zat purin tersebut akan larut ke ginjal lalu akan dikeluarkan bersama urin.

Jika kondisinya terlalu tinggi, maka ginjal tidak akan bisa mengolah maupun mengeluarkan zat tersebut bersamaan dengan urine. Akibatnya zat purin tersebut akan tersimpan darah darah dan menimbulkan asam urat semakin meninggi.

Baca juga :  Catering Sehat Jakarta Selatan Bebas Pilih Menu Sesuai Kebutuhan

Nah, untuk bisa menghindari dari gejala-gejala tersebut, maka Anda harus selalu menjaga kadar purin supaya tetap seimbang, yaitu dengan jangan mengkonsumsi makanan larangan asam urat atau yang banyak mengandung purin.

Berbagai Macam Jeroan

Jeroan atau merupakan bagian isi dari hewan merupakan salah satu jenis makanan yang dilarang dikonsumsi bagi penderita asam urat. Bagaimana tidak, jeroan sendiri ternyata banyak memiliki kandungan protein yang sangat tinggi namun malah berbahaya.

Pasalnya dari protein tersebut saat dipecah oleh tubuh, maka akan langsung menghasilkan lebih banyak purin pada aliran darah di dalam tubuh.

Misalnya saja sebanyak 100 gram hati ayam, ini ada sebanyak 243 mcg purin yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain hati ayam jeroan yang lain juga seperti otak, jantung, limpa, babat, paru maupun ampela.

Makanan Berlemak Tinggi

Seperti yang kita ketahui, bahwa makanan yang banyak mengandung lemak ternyata sangat memicu terjadinya kenaikan benara badan berlebih.

Bahkan tidak hanya itu, saat seseorang memiliki obesitas, maka tubuh mereka juga akan banyak menghasilkan insulin.

Dari meningkatnya insulin tersebut maka akan sangat mengganggu kinerja ginjal dan berakibat asam urat. Akibatnya menumpuknya asam urat tersebut bisa mengakibatkan kristal pada bagian persendian dan menimbulkan rasa nyeri.

Biji-Bijian yang Utuh

Makanan larangan asam urat selanjutnya adalah berbagai macam jenis biji-bijian yang utuh seperti oatmeal dan gandum. Meskipun kedua makanan tersebut hanya memiliki kandungan purin sedang, namun jika berlebihan dikonsumsi juga sangat berbahaya.

Meskipun bisa mengurangi risiko penyakit stroke, jantung, obesitas maupun diabetes, rupanya bagi penderita asam urat harus lebih hati-hati lagi.

Pasalnya dalam sebuah studi telah menunjukkan, bahwa dengan mengurangi indeks glikemik mampu menurunkan kadar asam urat.

Baca juga :  Menu Diet Sehat 30 Hari Dengan Nasi Dijamin Anti Gagal

Selain itu dengan membatasi sejumlah makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti pasta, roti maupun nasi bisa mengurangi kadar asam urat. Bahkan selain itu juga mampu untuk mencegah terjadinya serangan asam urat.

Meski demikian, masih diperlukan sebuah penelitian lebih lanjut mengenai penemuan seperti ini. Namun perlu Anda ingat, jika mengkonsumsi biji-bijian utuh dengan cara berlebihan bisa berisiko tinggi terutama untuk penderita asam urat.

Beberapa Sayuran Tinggi Purin

Makanan larangan asam urat berikutnya yaitu sejenis sayuran yang tinggi akan zat purin. Memang dengan mengkonsumsi berbagai macam sayur mayur sangat baik bagi kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

Meski demikian, bagi penderita harus selalu waspada dengan beberapa sayuran yang memiliki kadar purin tinggi. Nah, contoh sayuran tersebut adalah seperti bayam, asparagus maupun kembang kol.

Akan lebih baik lagi konsultasikan terlebih dahulu ke dokter apabila Anda ingin menambahkan sayuran tersebut ke dalam menu makanan harian. Hal ini supaya Anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi sayuran tersebut.

Sebab, di dalam beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa sayuran yang memiliki zat purin tinggi sangat berkaitan dengan adanya kadar asam urat. Zat purin tersebut akan memicu atau bahkan meningkatkan resiko terjadinya asam urat.

Buah Durian

Ternyata durian merupakan salah satu makanan larangan asam urat yang wajib Anda ketahui. Bagaimana tidak, buah yang satu ini ternyata sering menjadi opini bagi sebagian orang pada umumnya.

Bahkan ada sebagian orang yang tidak segan untuk mengkonsumsi buah durian secara utuh. Tapi ada sebagian orang yang justru merasa mual meskipun hanya mencium baunya saja. Karena durian mengandung zat purin maka penderita asam urat harus selalu mewaspadai.

Buah Nangka

Buah berikutnya yaitu nangka, ternyata bisa menyebabkan gejala asam urat yang berlebihan juga. Pasalnya dengan mengkonsumsi buah nangka yang berlebihan, dapat menyebabkan rasa nyeri atau sakit pada bagian sendi.

Baca juga :  Contoh Menu Makanan untuk Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Tidak hanya itu saja namun purin yang ada dalam buah nangka juga akan berhenti di dalam ginjal pula. Jika lama kelamaan itu dibiarkan, maka purin yang lebih susah untuk dicerna dan akhirnya malah menumpuk sehingga menyebabkan batu ginjal.

Makanan yang Banyak Mengandung Gula

Makanan larangan asam urat selanjutnya adalah sejumlah menu atau makanan maupun minuman yang banyak mengandung gula. Jika Anda memiliki asam urat, maka dengan mengkonsumsi gula berlebihan merupakan salah satu kesalahan fatal.

Sebab, kadar gula yang berlebihan dalam tubuh bisa menimbulkan gejala rematik bahan memicu rasa nyeri sendi yang tak tertahankan. Selain hanya asam urat saja, ternyata makanan dengan kadar gula sangat tinggi mampu menyebabkan penyakit lain seperti diabetes. Sebagai pengganti, ada baiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan segar saja.

Solusi Makanan Sehat

Anda bingung mencari olahan makanan yang sehat dan bergizi? Tenang saja, sebab di M Kitchen Anda bisa menemukan apapun yang Anda inginkan.

Catering sehat M Kitchen menyediakan berbagai macam menu catering atau makanan yang enak dan sehat pula. Sehingga sangat baik untuk tubuh Anda dan tentunya aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Selain itu di sana semua jenis makanan disana juga sangat enak, lezat dan akan membuat Anda lebih enjoy untuk menjalani kehidupan. Oleh sebab itu, segera pesan saja dan nikmati kelezatan olahan yang ditawarkan. Klik tombol dibawah untuk melakukan pemesanan cepat.

Setelah mengetahui beberapa makanan larangan asam urat, sebaiknya Anda menerapkannya secara nyata. Supaya penyakit asam urat Anda tidak semakin parah dan bisa sembuh dengan cara sehat.

 

WA catering