22 Rekomendasi Cemilan yang Bikin Kurus untuk Diet Sehat Anda

cemilan yang bikin kurus

Diet sering diartikan sama sekali tidak boleh makan camilan. Sayangnya tidak banyak yang tahu bahwa ada beberapa jenis makanan camilan yang membantu proses penurunan berat badan. Beberapa cemilan yang bikin kurus dapat kita jumpai dan temukan dengan mudah. Pemahaman tentang camilan sebagai  faktor yang dapat meningkatkan berat badan mungkin benar.

Namun ada juga camilan yang memberikan efek kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi rasa lapar. Pemilihan camilan yang mengandung nutrisi serta protein tinggi menjadi bagian integral dari diet menurunkan berat badan.

Rekomendasi Cemilan yang Bikin Kurus Untuk Diet Sehat Anda

Biasanya hasrat kuat untuk makan camilan muncul pada sore hari. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet sudah pasti hal ini menjadi tantangan tersendiri.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa ngemil tidak selalu berpotensi menambah berat badan. Era modern seperti saat ini, sudah banyak makanan-makanan yang kaya nutrisi diproduksi. Makanan tersebut tidak akan mempengaruhi naiknya berat badan saat dikonsumsi.

Kini bagi Anda yang hobi ngemil tidak perlu khawatir akan bertambah berat badannya saat menjalani program diet. Tubuh akan terlihat slim dengan konsumsi makanan camilan sebagai berikut

Agar-Agar

Makanan yang satu ini tergolong baik untuk camilan diet. Selain rendah kalori kandungan seratnya juga cukup tinggi.

Mekanisme kerjanya adalah saat berada di dalam perut, lemak jenuh akan diserap agar-agar dan dibuang bersama ampas makanan. Hal ini membuat pencernaan lancar dan mencegah susah BAB.

Keripik Sayur

Sebagian besar keripik mengandung garam, kalori, dan lemak yang cukup tinggi. Oleh karena itu makan keripik saat sedang menjalani program diet adalah pantangan yang besar dan tidak boleh dilanggar.

Baca juga :  Pisang Rebus Untuk Diet, Ternyata Inilah Manfaatnya!

Namun Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi keripik sayur yang satu ini. Cemilan yang bikin kurus ini dapat dikonsumsi dengan aman jauh dari rasa was-was.

Keripik sayur ini dapat Anda buat sendiri. Hanya dengan mengganti minyak goreng dengan olive oil untuk mengurangi kadar garamnya.

Bila saja tidak sempat membuat sendiri, Anda dapat membeli yang sudah matang. Asal saja pilih keripik dengan lemak dan kalori yang rendah. Adapun jenis keripik yang dapat dipilih yaitu keripik bayam, brokoli, dan bayam.

Yoghurt

Yoghurt dianggap sebagai camilan yang sehat dan baik untuk menjaga berat badan, karena rendah kalori dan melancarkan sistem pencernaan. Pilihlah yoghurt yang bebas gula. Yoghurt dengan rasa buah dapat kita jumpai dengan mudah sekarang ini.

Granola

Cemilan yang bikin kurus selanjutnya adalah granola. Camilan ini berasal dari buah-buahan kering, kacang-kacangan, dan oats.

Ada banyak cara untuk dapat menikmatinya. Boleh langsung dimakan atau dengan menambahkan madu sebagai pemanisnya. Anda juga bisa menambahkan susu rendah lemak agar semakin lezat menikmatinya.

Acai Bowl / Smoothie Bowl

Terbuat dari smoothie bertekstur lembut selembut es krim dengan tambahan buah-buahan berry, chia seeds, kacang-kacangan, dan oats.

Cukup dengan semangkuk acai bowls bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. Selain itu Anda juga akan mendapatkan sensasi yang menyegarkan. Acai bowl sehat dan bernutrisi sehingga tidak akan menambah berat badan Anda.

Paprika Merah

Dibandingkan dengan jenis paprika lainya, paprika merah memiliki kandungan oksidan paling tinggi. Nikmat disantap dengan saus dari buah alpukat (guacamole). Adapun jumlah kalori yang dihasilkan di bawah 200 kkal.

Celery Stick

Cemilan yang bikin kurus satu ini lebih nikmat disantap bersama krim keju. Celery stick mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker dan mengurangi resiko peradangan.

Baca juga :  Pilihan Makanan Diet Protein untuk Kurus dan Ideal

Kandungan kalori 5 batang celery stick dengan 60 gram krim keju dibawah 200 kkal. Aman dikonsumsi bukan sebagai camilan diet Anda?

Chia Seeds

Merupakan makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan jantung. Antioksidan yang dikandungnya membantu mengurangi peradangan. Chia seeds mengandung kalori kurang dari 200.

Buah-Buahan

Beraneka buah seperti pisang, pir, apel, jeruk dan anggur boleh Anda konsumsi saat merasa lapar di luar jam makan. Kandungan senyawa cucurbitacin pada mentimun memiliki efek anti kanker.

Telur Rebus

Kandungan dua butir telur rebus berkisar 140 kalori dan 13 gram protein. Selain itu juga memiliki kandungan protein, vitamin K2 dan B12 yang cukup tinggi. Baik dikonsumsi sebagai cemilan yang bikin kurus untuk menurunkan berat badan Anda.

Kelapa Kering

Usahakan saat mengkonsumsi kelapa kering tanpa diberi tambahan pemanis. Mengkonsumsi kelapa kering dapat meningkatkan metabolisme dan fungsi otak.

Whey Protein Shake

Makanan cemilan yang bikin kurus ini dapat menambah massa otot, meningkatkan komposisi tubuh, dan menghilangkan lemak.

Edamame

Kacang kedelai muda, edamame mengandung anti oksidan dan kaempferol yang teruji mampu menurunkan berat badan dan menurunkan gula darah. Satu cangkir edamame mengandung sekitar 0,0017 kg protein dan 180 kalori.

Kacang-Kacangan

Merupakan cemilan yang bikin kurus bergizi ideal. Walau tinggi lemak, konsumsi kacang cukup mengenyangkan.

Kacang mengandung lemak sehat, serat, dan protein yang seimbang. Pada 1/10 kg kacang mengandung 180 kalori

Popcorn

Sebagai cemilan yang bikin kurus, nilai kalori yang ada pada secangkir popcorn adalah sekitar 30 kalori. Konsumsinya aman sebab tidak mengandung gula dan mentega.

Almond & Dark Chocolate

Perpaduan keduanya adalah kombinasi yang cocok. Mengandung magnesium yang cukup tinggi. Konsumsi 30 gram almond dan 30 gram dark chocolate memberikan 300 kalori total.

Keju

Keju yang dikonsumsi sebanyak 60 gram, menyediakan 20 kalori dan 14 gram protein.

Baca juga :  Makanan yang Bikin Kurus untuk Berat Badan Tetap Ideal

Tomat Ceri

Cemilan yang bikin kurus satu ini kaya akan likopen, antioksidan, vitamin C, dan potasium. Antioksidan dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Walau dikombinasi dengan 60 gram keju mozarella, tomat ceri tetap mempunyai kandungan kalori di bawah 200.

Wortel Rebus dan Saus Salad

Mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Konsumsi 4 wortel rebus dengan 30 gram saus salad, akan menghasilkan kalori yang masih dalam batas aman yaitu sebesar 200 kalori.

Alpukat

Cemilan yang bikin kurus selanjutnya adalah alpukat. Merupakan buah yang aman dikonsumsi saat diet. Walau mengandung lemak tinggi namun lemak yang dikandung baik untuk kesehatan. Kandungan kalori sebesar 160 kalori pada tiap 100 gram alpukat.

Memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mampu mengendalikan gula darah dan insulin.Vitamin E dan K pada alpukat mengandung lemak sehat yang mampu mengurangi kolesterol jahat.

Pisang

Buah pisang juga dipakai untuk pencuci mulut dan pilihan camilan ringan pada sore hari. Nilai energi pisang sekitar 89 kalori pada setiap 100 gramnya.

Buah pisang berfungsi penyedia energi, meningkatkan dan menjaga kadar gula darah dalam waktu yang relatif lama.

Tepat dipilih untuk diet karena dapat melancarkan pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Pemilihan buah pisang yang belum terlalu matang baik untuk menjaga kadar gula darah.

Sayuran Lalapan

Konsumsi sayuran mentah sebagai  banyak manfaatnya. Sayuran dan salad dengan buah segar hanya berkalori rendah. Sayuran mentah kaya akan serat  dan bisa menimbulkan efek kenyang.

Walaupun sedang menjalani diet, Anda tetap bisa menikmati berbagai cemilan yang bikin kurus seperti yang telah direkomendasikan di atas. Ternyata ada banyak sekali camilan yang tetap bisa dikonsumsi bukan? Dari sekian rekomendasi camilan di atas, manakah camilan yang Anda suka? Dapatkan banyak informasi diet sehat hanya di M Kitchen.