Ini Dia Manfaat Kayu Secang untuk Diet Sehat yang Mujarab

Manfaat Kayu Secang untuk Diet Sehat

Banyaknya tanaman yang ada di sekitar rupanya mempunyai banyak khasiat  bagi tubuh. Salah satunya yaitu pohon secang. Tanaman dengan nama latinnya adalah Caesalpinia Sappan yang sudah banyak dikenal luas oleh masyarakat umum sebagai bahan untuk membuat obat tradisional. Perlu kamu ketahui bahwa terdapat manfaat kayu secang untuk diet yang dapat membantu bentuk tubuh semakin ideal. Secara lebih lanjutnya kamu dapat menyimak ulasan berikut ini.

Simak Manfaat Kayu Secang untuk Diet

Kayu secang banyak tumbuh pada ketinggian rendah sampai sedang di Tiongkok, Asia Tenggara, serta India. Indonesia juga menjadi salah satu tumbuhnya tanaman kayu secang karena dengan curah hujannya yang berkisar 300mm dengan suhu rata-rata sekitar 24-28 derajat Celcius. 

Pohonnya yang kecil dan berduri dapat mencapai ketinggian kurang lebih sekitar 6-9 m serta mempunyai diameter 15-25 cm. Masa hidupnya cukup pendek, yakni sekitar 7-8 tahun saja. Kayu secang berwarna merah sedikit orange, sangat berat, keras, dan memiliki tekstur halus serta rata. Belum banyak orang yang tahu bahwa bunga kayu secang itu berwarna kuning.

Memiliki manfaat yang banyak, kayu secang tidak hanya dapat kamu temukan di alam liar saja, tapi sudah ada beberapa negara yang membudidayakan. Tanaman kayu secang bisa menjadi obat tradisional yang memanfaatkan batang tanaman atau kayunya. Caranya adalah dengan mengambil kayu secang setelah itu keringkan dalam waktu tertentu selanjutnya bisa lanjut untuk diolah.

Kandungan Kayu Secang

  1. Brazilin

Brazilin merupakan sebuah zat pewarna alami yang dapat memberikan warna merah bisa digunakan sebagai pewarna tekstil atau pewarna makanan.

  1. Minyak Atsiri

Minyak atsiri telah dikenal luas karena memiliki aroma wewangian yang begitu khas dan cukup kuat. Minyaknya dapat dimanfaatkan sebagai pemberi aroma pada suatu makanan atau minuman untuk menambahkan aroma yang mengenakkan. Selain itu minyak atsiri juga dapat digunakan sebagai aroma terapi.

Baca juga :  Diet Untuk Penderita Diabetes Dengan Cara Mudah

Minyak atsiri yang terkandung di dalam kayu secang bersifat antiseptic yang berguna untuk dapat membunuh kuman serta bakteri yang bisa merugikan dan mengatasi masalah pencernaan.

  1. Tannin

Tanin adalah senyawa komplek yang sifatnya anti bakteri. Sama seperti minyak atsiri, kandungan tanin mampu untuk mengobati luka pada usus yang disebabkan oleh bakteri maupun virus serta bisa membunuh virus berbahaya di dalam usus.

  1. Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa yang dapat memegang peranan untuk memikat serangga guna untuk membantu penyerbukan, meskipun semua serangga tidak akan tertarik oleh senyawa tersebut. Flavonoid berfungsi sebagai zat antioksidan dalam tubuh berguna sebagai penangkal radikal bebas serta sebagai zat anti alami. Flavonoid membantu untuk penyerapan vitamin C yang ada pada tubuh.

  1. Saponin

Senyawa yang ada dalam berbagai jenis kacang-kacangan termasuk juga ada di kayu secang. Memberi rasa pahit pada kayu secang. Jika kamu ingin tahu tanaman yang mengandung saponin yaitu dengan cara memasukkan bagian tanaman ke dalam air serta mengocoknya. Jika air timbul buih maka dapat kamu pastikan bahwa temenan itu mengandung saponin.

  1. Polifenol

Kayu secang tinggi akan kandungan polifenol yang merupakan zat antioksidan bisa menangkal radikal bebas serta benda asing yang berbahaya untuk berusaha masuk dalam tubuh.

Manfaat Kayu Secang untuk Diet

Setelah kamu mengetahui kandungan yang terdapat di dalam kayu secang, sekarang kamu akan diajak untuk melihat ulasan lebih lanjut tentang manfaat kayu secang untuk diet. Setiap wanita pasti menginginkan berat badan serta bentuk tubuh yang proporsional. Supaya keinginan tersebut dapat tercapai kamu perlu usaha yang ekstra untuk mewujudkannya. 

Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk diet sehat yakni dengan memanfaatkan kayu secang. Manfaat kayu secang bisa membatasi pengikatan gula darah yang efeknya bisa membuat penurunan berat badan.

Baca juga :  Catering Sehat Jakarta Barat Solusi Diet Aman & Halal

Supaya proses penurunan berat badan dengan ramuan kayu secang bisa berjalan dengan baik dan membuahkan hasil dalam waktu singkat, kamu perlu untuk melakukan diet protein.

Nah, reaksi kayu secang untuk menurunkan berat badan tersebut dipercaya lebih efektif dibandingkan dengan mengkonsumsi protein serta kalori yang seimbang.

Sebenarnya jika kamu ingin menurunkan berat badan ataupun diet perlu untuk dibarengi oleh usaha yang maksimal contohnya seperti olahraga rutin, tidur yang cukup, hindari stres, dan mengkonsumsi air putih yang cukup. Berikut cara membuat minuman dari kayu secang untuk membantu diet sehat kamu.

  1. Siapkan 1 jari kayu secang
  2. Cuci sampai bersih setelah itu bisa kamu potong-potong
  3. Rebus dengan menambahkan 3 gelas air matang sampai tersisa 1 gelas
  4. Matikan kompor jika sudah mendidih dan tunggu sampai dingin
  5. Saring paling sedikitnya 2x penyaringan
  6. Segera kamu minum selagi masih hangat
  7. Sebagai penambah citarasa, kamu dapat tambahkan beberapa sendok madu murni

Konsumsi minuman kayu secang tersebut secara rutin dapat membantu jalannya diet kamu. Selain itu juga baik untuk kesehatan tubuh karena antioksidan serta berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah adanya berbagai risiko penyakit yang akan menyerang tubuh.

Cukup dengan kamu meminum ramuan tersebut sekali dalam sehari, kalau muncul efek sampai seperti mual atau sakit perut kamu dapat segera menghentikan mengkonsumsinya.

Tetapi jika kamu meminumnya dan ada efek baik untuk diet yang sedang kamu jalankan, tetaplah untuk melanjutkan, tapi harus tahu aturannya.

Manfaat kayu secang untuk diet dapat kamu buktikan sendiri nanti. Untuk dapat segera membuatnya kamu dapat membeli kayu secang di pasar ataupun pesan online juga bisa.

Baca juga :  Catering Sehat Jakarta Selatan Bebas Pilih Menu Sesuai Kebutuhan

Di Indonesia kayu secang sangat mudah untuk kamu temukan dalam keadaan kering siap untuk dibuat minuman. Harga yang terjangkau bisa benget untuk kamu borong sebagai stok buat di rumah.

Kaya Khasiat

Ternyata manfaat kayu secang bukan hanya untuk diet saja, tetapi ada manfaat lain yang dapat kamu saat mengkonsumsinya. Seperti membasmi bakteri yakni menjadi salah satu manfaat kayu secang untuk kesehatan karena dapat mencegah pertumbuhan bakteri. 

Kandungan senyawa yang ada di dalam kayu secang bisa membasmi bakteri penyebab dari infeksi seperti bakteri Streptococcus, E coli, dan Salmonella, timbul karena adanya infeksi bakteri serta peradangan pada kulit, mengatasi jerawat yang terjadi karena peradangan nyeri karena mempunyai kandungan senyawa yang dapat meredakan peradangan, menghambat pertumbuhan sel kanker karena mengandung zat yang sifatnya anti kanker serta antioksidan. 

Menghentikan diare karena secara tradisional kayu secang cukup banyak orang memanfaatkan untuk obat diare. Biasanya dikonsumsi sebagai teh herbal.

Mencegah kerusakan sel karena tanaman tersebut mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh akibat dari efek radikal bebas, serta dapat membantu untuk menurunkan dan mengontrol gula darah.

Manfaat kayu secang untuk diet dapat kamu buat sendiri ramuannya. Segera coba lah untuk dapat membuktikan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Harganya yang murah dan dapat kamu temukan dimana saja. Lebih jelasnya kamu dapat melihat pada website M Kitchen untuk mencari tahu informasi lebih.