Kenali Porsi Makan Untuk Diet yang Paling Pas

Porsi Makan untuk Diet

Langkah awal untuk mendapatkan badan ramping dan sehat adalah memperhatikan porsi makan untuk diet. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan, lantaran konsumsi makan berperan besar dalam pertumbuhan lemak dalam tubuh.

Jika makanan yang Anda konsumsi mengandung lemak terlalu banyak, makan program diet Anda tidak akan berjalan lancar. Porsi makan pas bisa memberikan hasil yang juga pas dalam melakukan program diet.

Sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang lama, untuk mendapatkan tubuh sesuai harapan. Berhubungan dengan hal tersebut, juga kami akan memberikan berbagai tips mengenai porsi makan yang pas, ketika menjalankan program diet.

Simak dengan baik, dan terapkan porsi makan ini, agar kegiatan diet Anda lebih memberikan hasil yang maksimal.

Kenali Porsi Makan untuk Diet yang Pas

Tubuh gemuk mungkin akan membuat beberapa aktifitas Anda tidak bisa berjalan dengan lancar. Karena itu, Anda perlu menurunkan berat badan agar kegiatan bisa dikerjakan dengan baik. Jika olahraga ringan saja tidak membuahkan hasil, maka bisa diselingi dengan diet sehat.

Program diet juga ada banyak, meski begitu jangan sekali-kali mencoba diet ketat. Meski diharapkan bisa menurunkan berat badan lebih cepat, namun hasilnya akan merusak tubuh Anda. Asupan nutrisi juga perlu dipenuhi.

Karena itu, meski ada dalam program diet, tetap penting untuk makan 3 kali sehari. Terus diet tidak bisa berfungsi? Tenang saja, Anda bisa mengurangi porsi makannya. Tips ini, bisa memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan diet.

Baca juga :  Contoh Menu Makanan 500 Kalori Untuk Diet Sehat & Aman

Selain porsi makan, kandungan nutrisi juga perlu diperhatikan. Dalam satu kali penyajian harus selalu ada nutrisi dan vitamin yang seimbang. Jadi, meski komposisinya sedikit Anda tetap kenyang dan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti biasa.

Apa Saja Porsi Makan untuk Diet?

Kegiatan menyiapkan porsi makan selama diet merupakan tindakan yang dilakukan dengan sadar, dan menentukan dengan jumlah makanan sebenarnya. Nilai nutrisi didalamnya juga penting untuk disesuaikan, serta tujuan dari dilakukanya pengaturan porsi makan.

Jika porsi makan tidak diatur, maka tubuh akan lebih mudah terkena obesitas, gula darah tinggi dan berbagai penyakit lainya. Porsi makan untuk diet yang baik bisa membantu Anda untuk mendapatkan nutrisi yang baik.

Anda perlu tahu cara menyesuaikan ukuran porsi makan, ketika menjalankan program diet. Hitunglah berat lemak dan berapa banyak makanan yang harus dikonsumsi. Hal ini bisa menjadi pedoman dalam menjalankan kebiasaan baik, sehingga diet bisa berjalan lebih mudah.

Mengkonsumsi karbohidrat merupakan salah satu kebiasaan ketika menjalankan program diet.  Jangan kira dengan menghilangkan karbohidrat, diet akan lebih efektif. Hal tersebut salah besar, sebab tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi dari karbohidrat tersebut.

Cara mudah untuk mengatur porsi makan untuk diet adalah mengikuti program gizi dari Kementerian Kesehatan RI. Dalam sebuah piring harus ada beberapa makan sehat, berikut diantaranya.

Sayur

Dalam piring harus ada sayuran setidaknya sepertiga dari piring tersebut. Anda juga dianjurkan mengkonsumsi 250 gram sayur sehari dalam tiga porsi makan. Jadi setidaknya Anda bisa mengkonsumsi 100 gram sayur sekali makan.

Buah-Buahan

Buah harus ada seperlima dari piring makan, dalam sehari Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi 150 gram buah atau 50 gram sekali makan. Konsumsi buah juga cukup penting, karena kaya akan serat, sehingga mengurangi rasa lapar Anda.

Baca juga :  Jus Buah Untuk Diet yang Penuh Nutrisi

Karbohidrat

Anda bisa memperoleh karbohidrat dari beras putih, merah maupun coklat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kentang maupun roti sebagai penggantinya. Jika kalori yang dibutuhkan tubuh kurang, maka akan menyebabkan penyakit lain. Namun jika terlalu banyak juga tidak baik, karena itu penting untuk mengkonsumsi kalori dengan tepat.

Lauk Pauk

Lauk pauk bisa Anda dapatkan dari protein hewani maupun nabati. Seperti ikan, ataupun daging. Asupan ini kaya akan serat sehingga memperlancar metabolisme tubuh.

Cara Mudah Menentukan Porsi Makan Selama Diet

Ketika menyiapkan porsi makan untuk diet mungkin akan membuat sebagian orang kebingungan. Masalahnya Anda harus menimbang dan memilih makanan tersebut. Apakah makan tersebut, cocok untuk digunakan atau tidak.  

Anda tidak perlu khawatir sebab kami akan memberikan berbagai tips mengenai porsi makan untuk diet yang perlu dilakukan. Tips ini bisa Anda terapkan, sehingga proses diet Anda bisa berjalan lebih baik dan tidak memberatkan.

Menggunakan Tangan untuk Menentukan Porsi

Cara ini merupakan metode paling mudah untuk menentukan porsi makan saat diet. Telapak tangan biasanya sesuai dengan ukuran tubuh. Orang yang memiliki tubuh besar, akan membutuhkan konsumsi makanan jauh lebih banyak, hal ini dapat dilihat dari telapak tangan yang berukuran besar.

Makan Dengan Piring Kecil

Misal Anda makan sebuah sup dalam mangkok, jika mangkok tersebut memiliki ukuran yang besar, otomatis sup tersebut banyak. Sedangkan bila menggunakan mangkok kecil, maka sup akan terlihat banyak, namun aslinya sedikit.

Banyak orang makan banyak karena menggunakan ukuran piring yang besar. Karena itu, Anda bisa mengukur piring dan sendok saji. Sehingga Anda tidak mengkonsumsi makan secara berlebihan. Namun tenang saja, Anda tetap akan kenyang meski mengkonsumsi makanan menggunakan piring kecil.

Baca juga :  Apa Itu Frozen Food? Kenali Beberapa Jenis Frozen Food yang Populer

Minta Setelah Porsi Ketika Membeli Makan di Luar

Anda suka membeli makanan di luar, maka bisa meminta ukuran porsi setengahnya. Rasanya memang sulit untuk menemukan makanan yang menyediakan menu diet. Kebanyakan menyedihkan dalam ukuran porsi besar.

Biasanya ukuran porsi makan sekitar 2,5x lebih besar dari ukuran tanpa Anda sadari. Jika dibiarkan, maka Anda akan mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak, dan program diet Anda akan gagal.

Minum Air Putih Sebelum Makan

Ketika Anda ingin membatasi jumlah makanan karena diet, maka bisa menggunakan cara ini. Tidak jarang orang terlalu kelaparan, dan akhirnya makan berlebihan. Jika Anda sering mengalami hal tersebut, maka sebaiknya minum air segelas 30 menit sebelum Anda makan.

Cara ini cukup efektif untuk mengurangi rasa lapar, dan mengontrol porsi makan Anda dengan mudah. Dalam kondisi dehidrasi, tubuh juga tidak mampu membedakan mana lapar dan haus.

Makan Snack Tinggi Serat dan Protein

Saat ini snack diet sudah banyak tersedia, dan bisa memberikan berbagai keuntungan tersendiri untuk Anda. Ngemil bisa mengurangi porsi  makan. Cemilan sehat tinggi protein seperti kacang dan gandum bisa menjadi sumber protein untuk tubuh.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mencari camilan yang rendah lemak, sehingga lebih sehat ketika dikonsumsi. Makanan seperti ini, juga bisa digunakan untuk menunda rasa lapar.

Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan untuk diet maka Anda bisa menggunakan jasa M Kitchen. Jasa ini menyediakan catering untuk makan diet. Anda bisa memanfaatkanya jika bosan membuat makan diet sendiri di rumah.

Berbagai makanan disana sudah lengkap dengan berbagi kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Jadi porsi makan untuk diet Anda bisa dibuat dengan lebih lengkap dan bergizi. Anda pun tidak terbebani dengan kegiatan diet.