Jadwal Diet Sehat, Solusi untuk Memperoleh Tubuh Sehat dan Ideal

jadwal diet sehat

Anda tengah menjalani program diet? Sudahkah pernah membuat jadwal diet sehat? Setiap orang menginginkan untuk memiliki tubuh dan berat badan ideal. Namun keinginan tersebut tidak diimbangi dengan realisasi pola makan yang sehat dan terukur. Akibatnya tubuh tidak memiliki postur dan berat yang ideal.

Pola hidup tidak hanya berdampak pada penampilan dan berat badan yang ideal namun juga akan berpengaruh terhadap tubuh yang sehat. Jika kamu ingin memiliki berat dan postur tubuh yang ideal maka kamu perlu mencoba untuk mulai menerapkan pola hidup sehat dengan program diet. Diet sehat merupakan pola makan dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh harian.

Membuat Jadwal Diet Sehat

Diet selama ini kita pahami sebagai upaya untuk membuat badan menjadi lebih kurus. Sampai ada orang yang melakukan diet ekstrim dengan tidak makan sama sekali. Hal ini justru membuat tubuh tidak sehat. Lantas bagaimana cara diet yang sehat?

Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Diet sehat berfungsi untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal. Hal ini berarti diet tidak selalu hanya untuk menurunkan berat badan namun juga untuk menaikkan berat badan. Untuk bisa mengontrol berat badan seseorang harus menghitung kebutuhan kalori harian.

Pastikan tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup, hal tersebut merupakan bagian dari idealnya menjalani program diet. Kebutuhan kalori harian tidak mesti sama untuk seiap orang, tergantung jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan. Biasanya kebutuhan kalori pria dewasa rata-rata sekitar 2.500 per hari, sementara wanita dewasa biasanya membutuhkan kurang lebih 2.000 kalori per hari.

Diet sehat yang bisa kamu coba yakni mengurangi berat badan dengan cara menghitung kebutuhan kalori harian. Jika sudah mengetahui kebutuhan kalori harian maka bisa menentukan menu dan jumlah kalori yang dibutuhkan. Dengan menghitung BMR dan tingkat aktivitas harian kamu bisa mendapatkan angka kebutuhan kalori harian.

Baca juga :  Pisang Rebus Untuk Diet, Ternyata Inilah Manfaatnya!

Untuk menjalani jadwal diet sehat, kamu harus berolahraga agar kalori yang terbakar lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang kamu konsumsi. Selain itu sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang rendah gula .Dari hal ini maka kamu harus memiliki pengetahuan tentang kadar kalori dalam makanan.

Untuk mengatur porsi makanan kamu bisa memperkirakan sendiri dengan membuat jadwal diet sehat. Jika kamu tidak terlalu yakin dengan kemampuanmu maka kamu bisa berkonsultasi dengan seorang ahli mengenai jenis dan kadar kalori dalam makanan. Atur porsi makan sehingga kalori yang masuk kedalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.

Membuat Daftar Menu Harian

Menjalani diet sehat diperlukan asupan makanan yang tepat. Oleh sebab itu penting untuk membuat pilihan menu harian agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi namun tidak cepat bosan. Mempersiapkan menu diet yang sehat ternyata cukup mudah dan murah, ada banyak bahan makanan yang bisa kamu pilih.

Katuk, kangkung, bayam, pakcoy, dan lainnya merupakan sayuran hijau yang tergolong sebagai makanan untuk diet sehat. Buat kamu yang ingin diet setelah melahirkan jenis makanan ini sangat bagus untuk diet sehat. Selain berguna untuk program diet daun katuk juga terbukti mampu melancarkan produksi ASI.

Sayuran hijau bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan konsumsi serat serta untuk menurunkan berat badan karena rendah karbohidrat dan kalori. Buat kamu yang ingin diet ketat bisa mencari makanan yang paling sesuai untuk diet. Sayuran berdaun hijau berfungsi untuk meningkatkan volume makanan tanpa menambah kalori.

Dalam menjalani jadwal diet sehat kamu tetap bisa makan yang mengandung protein baik hewani maupun nabati. Protein hewani bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi dada ayam sedangkan untuk protein nabati kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan. Makanan ini mengandung protein tinggi, kaya akan serat dan lemak sehat yang seimbang sehingga cukup bagus untuk diet.

Baca juga :  Apa Itu Frozen Food? Kenali Beberapa Jenis Frozen Food yang Populer

Buah-buahan memiliki serat yang mampu mencegah zat gula terlalu cepat terlepas ke dalam aliran darah dan juga mengandung vitamin yang banyak. Selama proses diet kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan karena bisa membuat lebih kenyang. Alpukat, apel, pepaya, dan lainnya merupakan pilihan dari bermacam buah yang bisa kamu gunakan untuk diet sehat.

Membuat Jadwal Diet Sehat

Sebagian orang beranggapan bahwa faktor utama keberhasilan diet adalah porsi makanan dan jenis makanan yang dipilih. Padahal tidak hanya itu. Membuat jadwal untuk makan juga menjadi faktor penunjang keberhasilan diet yang sedang kamu lakukan.

Ketika kamu makan di waktu yang tidak menentu tiap hari. Hal itu dapat memicu perut bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Namun bila kamu makan secara terjadwal dengan baik, pencernaan pun akan menyesuaikan diri dan berfungsi dengan baik.

Saat menjalani jadwal diet sehat kamu tidak boleh melewatkan sarapan. Sarapan penting untuk mengisi energi tubuh. Sarapan sebaiknya diisi dengan makan makanan yang mengenyangkan namun rendah kalori.

Cobalah untuk memilih makanan yang berprotein tinggi tapi rendah gula dan karbohidrat. Menyantap oatmeal, buah segar, telur dadar dengan bayam atau sepotong roti gandum utuh dengan selai kacang memberi dampak baik bagi pencernaan. Terkadang sarapan tidak harus kenyang yang penting perut terisi.

Upayakan untuk makan siang sekitar empat sampai lima jam setelah sarapan, yakni sekitar pukul sebelas atau dua belas siang. Makan siang yang baik terdiri dari, karbohidrat kompleks (nasi merah, pasta, atau roti gandum), protein tanpa lemak (daging tanpa lemak seperti kalkun, ayam, atau ikan, serat dan lemak baik.

Makan malam sebaiknya jangan terlalu dekat dengan waktu tidur sebab dapat meningkatkan gula darah dan insulin yang menyebabkan kamu sulit tidur. Selain itu makanan terakhir diupayakan adalah makanan yang paling ringan di hari itu. Ide untuk makan malam sama halnya seperti saat makan siang, makanan meliputi protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, dan sayuran.

Baca juga :  Makanan Tinggi Kalori dan Protein yang Aman dan Sehat untuk Tubuh

Jadwal Diet Sehat dengan skema sarapan, makan siang dan makan malam disesuaikan dengan jumlah pembagian dari kebutuhan kalori harian. Setiap individu membutuhkan kalori dengan jumlah yang berbeda dengan individu lainnya maka pola makan dan menu makanan juga berbeda dengan orang lain. Selain itu juga mengacu pada tujuan program diet yakni untuk menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan.

Olahraga

Pada program jadwal diet sehat, olahraga berperan untuk menyeimbangkan kalori yang telah masuk ke dalam tubuh agar tidak ada penimbunan kalori didalam tubuh. Kegiatan ini harus dilakukan setiap hari sedikitnya 30 menit. Hal ini berguna untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

Olahraga merupakan upaya untuk meningkatkan stamina tubuh serta untuk membentuk postur tubuh agar lebih profesional. Dalam beberapa kasus, baik olahraga maupun pola makan terkadang tidak berpengaruh pada postur tubuh. Ada yang badannya gemuk namun gesit ada pula yang badannya kurus tapi tidak gesit.

Menjaga tubuh bisa diikhtiari dengan pola hidup sehat dan juga pola makan yang sehat. Untuk mendapatkan makanan sehat, enak dan berkualitas kamu bisa mendapatkannya di Healthy M Kitchen. Selain menyediakan makanan, M Kitchen juga bisa membantumu untuk menentukan makanan terbaik sesuai dengan jadwal diet sehat.