Jenis Sayur Untuk Salad yang Baik Dikonsumsi

jenis sayur untuk salad

Salad bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan Anda. Jenis sayur untuk salad sangat banyak dan memiliki kandungan nutrisi yang penting. Maka dari itu banyak ahli yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi salad sayur sebagai pengganti makanan cepat saji.

Membuat salad sayur sebaiknya menggunakan kombinasi bermacam-macam sayur yang berwarna hijau. Sayuran hijau merupakan makanan yang bagus untuk menjaga berat badan. Berikut ini varian sayur yang bisa digunakan untuk salad.

Rekomendasi Jenis Sayur Untuk Salad

Buncis

Setiap 100 gram buncis mengandung 1,2 gram serat yang bermanfaat dan sangat baik untuk kesehatan. Selain mengandung serat yang tinggi buncis mempunyai manfaat lain untuk kesehatan. Dalam buncis kaya akan vitamin A, C dan K serta serat dan asam folat. Buncis merupakan sumber zat kantin dan Lutein yang kuat. 

Buncis memiliki manfaat yang mirip seperti kacang polong dan okra. Manfaatnya bisa membantu menurunkan risiko kanker serta jantung, membantu mencegah cacat lahir bahkan meningkatkan penglihatan. Mengonsumsi sayur buncis bisa mendukung kesehatan dengan menyeluruh.

Mentimun

Satu cangkir mentimun yang sudah diiris mempunyai 19% vitamin K dari nilai harian. Vitamin k dibutuhkan untuk membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat jaringan serta tulang yang sehat, bahkan vitamin K membantu untuk pembekuan darah dengan baik.

Mentimun bisa dijadikan untuk salad yang menyegarkan. Kandungan serat pada mentimun sangat melimpah dan banyak sekali manfaatnya. Mentimun baik untuk pencernaan terutama pada usus besar dan usus halus. Mentimun merupakan sumber potasium yang sangat baik serta bisa menurunkan tekanan darah.

Baca juga :  Berat Badan Stuck Saat Diet, Ini Cara Mengatasinya!

Seledri

Selain untuk memperlambat proses penuaan pada tubuh seledri mempunyai kadar serat yang cukup banyak. Serat pada seledri sebanyak 15 gram per 100 gram seledri. Seledri merupakan sayuran tinggi serat dan rendah kalori. Selain itu, mempunyai kandungan vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin yang terkandung pada mentimun seperti vitamin C vitamin K dan beberapa jenis vitamin B kompleks. Selain itu, mentimun memiliki kandungan mineral seperti mangan, kalium, kalsium dan magnesium. Daun seledri juga mengandung fitonutrien yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh.

Kale

Kale mengandung nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin K, C dan A serta folat, kalsium dan kalium. Hal ini membuat sayuran kale menjadi favorit untuk menjaga kesehatan untuk diet. Mengonsumsi sayuran untuk salad seperti kale bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Brokoli

Brokoli bisa dijadikan pilihan untuk anda yang menjalani hidup sehat serta sedang diet. Jenis sayur untuk salad seperti brokoli mengandung kalori 35, protein yang cukup tinggi sekitar 2,4 gram. Selain mengandung serat yang tinggi brokoli juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat brokoli bisa meningkatkan kesehatan gigi dan tulang, meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, dan kesehatan otak.

Asparagus

Asparagus mempunyai nutrisi yang istimewa dengan kalori rendah. Berbagai kandungan nutrisi pada sayuran apa ragus yaitu lemak, protein, kalium, serat, fosfor, folat, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Tidak hanya itu asparagus mempunyai kandungan mikronutrien seperti riboflavin, zat besi dan zinc.

Asparagus mempunyai kandungan vitamin K tinggi, yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan pembekuan darah. Bahkan kandungan folat yang tinggi jenis sayur untuk salad ini sering disarankan untuk ibu hamil agar pembentukan sel dan DNA calon bayi terbantu.

Baca juga :  Catering Sehat Jakarta Pusat Untuk Pilihan Sajian Makanan yang Tepat

Selada

Selada mempunyai rendah kalori tetapi mengandung nutrisi yang banyak. Kandungan sayuran selada paling kuat adalah kandungan vitamin K yang bisa hingga 100% untuk kebutuhan harian. Manfaat selada bisa diperoleh dari kandungan vitamin C, Vitamin A, mangan, kalsium dan serat.

Selada mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh seperti menguatkan tulang, mencegah penuaan dini, menjaga kestabilan darah, memperkuat gigi, menyehatkan jantung, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan hati, membantu sembelit dan meningkatkan kesuburan.

Kubis

Pada 89 gram kubis memiliki serat sekitar 2 gram dengan kalor yang sangat rendah yaitu 22. Selain itu, Anda akan memenuhi kebutuhan 85% vitamin C dari angka rekomendasi.

Tomat Ceri

Jenis tomat ini mempunyai ukuran seperti namanya yaitu kurang lebih sama seperti buah ceri. Tomat ceri sering digunakan sebagai jenis sayur untuk salad karena ukurannya bisa dilihat dengan satu suapan. Satu buah tomat ceri mengandung 3 kalori, tapi mengandung berbagai mineral dan vitamin. 

Jagung

Jagung bisa digunakan untuk membuat salad dan bukan tanpa alasan. Nutrisi yang terdapat pada jagung tergolong sangat banyak. Kandungan nutrisi pada jagung di antaranya mineral, serat, lemak, vitamin dan rendah protein.

Jagung juga mengandung karbohidrat yang berasal dari pati. Walaupun pati dikenal meningkatkan gula darah. Namun, hal ini tergantung pada jumlah yang dikonsumsi. Penggunaan jagung pada salad biasanya relatif sedikit dibandingkan sayur lain. Walaupun demikian jagung membantu untuk menyeimbangkan kadar gula darah yang dikonsumsi dan masih mempunyai manfaat serta aman dikonsumsi dengan salad.

Bawang

Jenis sayur untuk salad yang satu ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Bukan hanya bawang putih saja yang bisa digunakan untuk salad seperti bawang bombay, bawang merah dan daun bawang. Inilah mengapa, Anda mungkin seringkali melihat dalam salad terdapat bawang bombay. 

Baca juga :  Jadwal Hidup Sehat 24 Jam, Peroleh Tubuh Sehat dan Bugar

Bayam

Apa Anda tahu semakin gelap warna yang dimiliki sayuran maka semakin tinggi kandungan nutrisi. Mengonsumsi bayam bisa memenuhi kebutuhan vitamin K dan vitamin A sebanyak 16 persen. Selain sering dijadikan untuk salad, bayam juga menjadi pendamping makanan pokok.

Saat dimasak apa yang menjadi sumber zat besi yang sangat baik serta vitamin C karena bisa memenuhi anjuran asupan harian sampai 20 persen. Bayam juga dikenal tinggi akan seratnya yang berperan penting untuk saluran pencernaan.

Kembang Kol

Setiap 128 gram kembang kol mengandung serat sekitar 3 gram. Pada berat ini kalori yang diperoleh sekitar 25 jumlah yang cocok untuk diet. Kembang kol mengandung nutrisi yang disebut kolin. Peran penting dari kolin adalah untuk neurotransmitter sehingga bisa menjaga kesehatan sistem saraf secara tidak langsung.

Wortel

Sayuran berwarna orange ini mempunyai banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan. Wortel memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Wortel mempunyai kandungan serat sekitar 2,8 gram setiap 100 gram wortel.

Jumlah ini sangat fantastis serta kalori yang sangat rendah yaitu 41 pada berat yang sama. Selain tinggi serat wortel mengandung zat antioksidan betakaroten. Beta karoten bisa berubah menjadi vitamin A saat masuk ke dalam tubuh serta menjaga kesehatan mata Anda.

Beberapa jenis sayur untuk salad sudah disebutkan, mungkin anda bisa membuat salad sendiri dirumah dengan bahan tersebut. Atau Anda juga bisa memesan di M Kitchen. Kami menyediakan berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk diet, bahkan Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan.