Jus Buah Untuk Diet yang Penuh Nutrisi

Jus Buah untuk Diet

Kunci keberhasilan diet yakni dengan cara membenahi pola makan dan olahraga yang teratur. Supaya bisa memperbaiki pola makan, Anda bisa menambah jus buah untuk diet sebagai alternatif sehat yang bisa dijadikan sebagai menu harian.

Jus untuk diet biasanya tanpa ada tambahan gula agar lebih efektif untuk membantu supaya diet berhasil. Lalu, apa saja jus buah yang baik untuk diet itu? Simak yuk!

Ini Dia Jus Buah untuk Diet Penuh Nutrisi

Penggunaan jus untuk diet kerap kali dilakukan oleh banyak perempuan untuk mendapat tubuh yang proporsional. Walaupun begitu, melakukan program diet bukan hanya untuk para perempuan saja, tapi laki-laki pun juga turut andil untuk melakukan hal tersebut.

Penggunaan jus untuk diet dinilai dapat membantu mengurangi berat badan. Sehingga Anda dapat mengendalikan berat badan supaya tetap ideal. Selain itu juga Anda akan mendapatkan manfaat yang dapat menyehatkan tubuh.

Karena buah banyak mengandung vitamin, nutrisi, serta mineral, jadi cocok sekali untuk dijadikan sebagai jus untuk diet. Namun, tidak semua buah dapat dijadikan sebagai jus buah untuk diet. Hanya terdapat beberapa saja yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya.

Mengetahui Berat Badan yang Ideal

Alasan utama orang melakukan diet yakni untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Tetapi, terkadang tujuan tersebut dilakukan oleh sebagian orang. Sebabnya, orang yang telah mempunyai berat badan langsing sering ditemukan tengah melakukan program diet, supaya mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan.

Ada baiknya Anda mengetahui dulu berat badan saat ini serta tinggi badan ideal. Terdapat rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung berat badan ideal seperti rumus Body Mass Index serta Brocha.

Baca juga :  Kalori Tteokbokki Sangat Tinggi? Benarkah?

Rumus Body Mass Index

Cara menghitung dengan rumus BMI sangat mudah sekali untuk Anda lakukan. Langkah pertama dengan cara ketahui terlebih dahulu berat badan dalam satuan kilogram serta tinggi badan.

Tinggi badan kuadrat : 1,60 x 1,60 = 2,26

Berat badan ideal : 50/2,26 = 19,5

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa hail BMI Anda sebesar 19,5, yang mana hasil itu masih terbilang normal. Jadi Anda tidak perlu untuk melakukan diet untuk dapat berat badan yang ideal

Rumus Brocha

Rumus kedua yang dapat Anda pakai adalah rumus Brocha.

Perempuan:

(tinggi badan-100)-(15% x (tinggi badan-100)

Misalnya berat badan ideal perempuan dengan tinggi badannya 160 cm

(160-100)-(15% x (160-100) = 51

Pria:

(tinggi badan-100)-(10% x (tinggi badan-100)

Berat badan ideal pria dengan tinggi 175 cm

(175-100)-(10% x 175-100) = 67,5

Jus Buah untuk Diet

Setelah Anda memahami tentang rumus yang bisa digunakan untuk menghitung berat badan ideal. maka marilah simak beberapa jus buah untuk diet yang dapat dipakai sebagai alternatif sehat antara lain.

  1. Nanas

Nanas memiliki kandungan vitamin A serta kalium yang ada didalamnya. Manfaatnya sebagai jus karena mengandung enzim bromelain serta vitamin C yang bisa membantu untuk melancarkan pencernaan. Vitamin C yang ada di dalamnya merupakan bentuk dari antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu melawan radikal bebas.

Selain itu, bromelain bekerja bersama enzim lain contohnya seperti lipase untuk mencerna lemak serta menurunkan nafsu makan. Buah nanas dapat Anda olah menjadi jus sehingga Anda bisa mendapat kurang lebih sekitar 132 kalori yang baik untuk mengontrol porsi makan dalam Anda merencanakan program diet.

  1. Pisang

Buah yang satu ini bisa meningkatkan proses metabolisme pada tubuh serta dapat membantu tubuh merasa cepat kenyang. Buah dengan warna kulit kuning ini bagus untuk menambah tenaga serta camilan yang dapat Anda buat untuk menjalani diet. Segala macam buah pisang dapat diolah termasuk dengan menjadikannya sebagai jus untuk diet. 

Baca juga :  Gak Perlu Khawatir Sama Batuk Berdahak!

Dengan demikian Anda bisa mendapatkan manfaat yang tidak jauh berbeda saat memakannya secara langsung. Bila Anda akan menggunakan pisang dijadikan sebagai jus diet, usahaan memilih pisang yang warnanya hijau ukuran sedang. Jangan memilih yang sudah matang karena rasanya pasti akan terlalu manis.

  1. Semangka

Kandungan air yang tinggi, buah semangka cocok digunakan sebagai jus buah untuk diet. Berguna untuk menurunkan berat badan karena kaya akan asupan serat yang rendah kalori, sehingga baik untuk dimasukkan dalam menu diet. Tubuh yang mendapatkan air cukup bisa mengurangi rasa lapar serta mencegah Anda untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat. 

Maka tidak heran jika semangka bisa Anda olah menjadi jus untuk kurangi berat badan berlebih. Anda juga dapat menggabungkan buah semangka tersebut dengan buah lainnya untuk dijadikan jus seperti sayur yang rendah kalori atau jeruk. Dengan demikian Anda bisa mendapat hasil diet yang lebih maksimal dengan jus tersebut.

  1. Bit

Buah bit dapat Anda jadikan jus untuk diet. Membantu menurunkan berat badan, karena mempunyai kandungan protein serta tinggi serta yang dapat melarutkan sel lemak dengan lebih cepat. Jika Anda ingin membuat jus dari buah bit bisa melakukanya dengan cara memblender lalu biarkan sampai halus. Bisa diberi tambahan jeruk nipis ataupun madu sebagai tambahan rasa yang lebih sedap.

  1. Apel

Rendah kalori serta tinggi serat, jus apel bagus untuk kamu pakai sebagai jus untuk diet. Kandungan kalori kurang lebih sekitar 16 gram dan 5,4 gram serta dapat Anda konsumsi. Karena memberi efek mengenyangkan serta bisa membantu untuk dapat mengendalikan nafsu makan.

  1. Lemon

Siapa yang tidak tau dengan bau yang satu ini, lemon. Mengandung banyaknya nutrisi dan kaya vitamin C dan B, lemon banyak serta, kalsium, air, serta karbohidrat. Anda yang ingin menggunakan lemon sebagai jus untuk diet bisa menyiapkan air putih lalu masukkan perasan lemon ke dalamnya. Tambahkan gula sedikit untuk perasa manis supaya tidak terlalu asam. 

Baca juga :  Hindari Makanan Penyebab Perut Buncit Ini

Minum air lemon dan gula tersebut setiap Anda merasa ingin makan. Tapi disarankan jangan terlalu banyak, Anda cukup minum enam hingga dua belas kali saja dalam sehari. Jika target diet Anda sudah berhasil atau mengalami penurunan berat badan yang dingin maka hentikan untuk meminum jus lemon tersebut.

  1. Markisa

Buah yang mengandung vitamin C, A, zat besi serta kaya akan serat tersebut mampu Anda gunakan untuk membuat jus buah untuk diet. Serat dalam buah itu bisa membantu sistem pencernaan Anda bekerja lebih baik serta membantu untuk kenyang lebih lama. Bukan hanya itu saja, buah markisa mempunyai kandungan zat piceatannol berfungsi mengurangi tekanan darah di dalam tubuh.

Tips Minum Jus untuk Turunkan Berat Badan

Sekarang Anda sudah tahu bukan jenis buah apa saja yang dapat diolah untuk membantu diet. Dengan cara diet dengan mengganti jus buah tersebut setidaknya bisa mendukung program diet yang sedang Anda lakukan. Ada cara mengolah jus dengan baik untuk program diet seperti:

  • Pilih buah yang kaya serta
  • Minum jus buah saat pagi atau setengah jam sebelum Anda makan
  • Cari tahu terlebih dahulu porsi jus yang sesuai

Cara baik untuk konsumsi buah yaitu dalam keadaan segar. Anda dapat sesekali untuk mengganti metode diet dengan cara meminum jus tapi yang paling disarankan yakni memakan keduanya dalam keadaan yang utuh.

Meskipun begitu setidaknya Anda telah mencoba untuk mengurangi berat badan dengan  jus buah untuk diet. Anda dapat melihat lebih lanjutnya di M Kitchen untuk informasi yang lebih update.