Kandungan Kuning Telur dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Kuning Telur dan Manfaatnya

Kandungan kuning telur yang terlihat sepele ternyata mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Secara utuh, telur sendiri merupakan salah satu sumber makanan yang tinggi protein, namun rendah kalori.

Tidak heran jika kebanyakan orang suka dengan menu masakan yang berbahan dasar telur. Bahkan beberapa ada yang hobi mengkonsumsi dengan merebusnya saja. Lantas, bagaimana dengan mereka yang anti telur?

Orang-orang yang tidak suka dengan telur, kadangkala hanya anti dengan bau amisnya saja atau menganggap kandungannya bisa meningkatkan kadar kolesterol. Padahal perlu kita ketahui, tiap butir telur mengandung 5,5 gram protein dan keseluruhan terdapat 72 kalori.

17 kalori tertanam di bagian putih telur, sedangkan sisinya termuat dalam kuning telur. Inilah penyebab utama mengapa orang kerap menghindari kuning telur. Sejatinya, jika kita telaah lebih dalam, kuning telur termasuk salah satu sumber manfaat.

Kandungan Kuning Telur dan Manfaatnya

Kuning telur merupakan bagian tengah telur yang berwarna kuning keorenan. Banyak yang mengatakan kuning telur adalah bagian terlezat. Namun ada juga yang anti dengan telur lantaran bau amis dan tinggi kolesterolnya.

Padahal menengok dari sisi nutrisi, kuning telur ini tidak main-main gizinya. Namun perlu Anda tahu, jumlah nutrisi dalam kandungan telur ini tergantung pada ukuran, spesies asal, dan bagaimana sistem pengolahannya.

Ibaratnya memasak dengan telur secara utuh dengan minyak bisa meningkatkan nilai lemak dari menu masakan telur tersebut. Akan tetapi melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia secara umum kandungan kuning telur yang masih mentah adalah sebagai berikut.

Kuning telur mengandung protein 16.3 g, lemak 31.9 g, fosfor 586 mg, karbohidrat 0.7 g, dan kalsium 147 mg. Di dalam kuning telur juga terkandung mineral 49.4 g, energi 355 Kal, besi 7.2 mg, kalium 107.5 mg, seng 2.5 mg, betakaroten 63 mcg, dan 0.27 mg Thiamin

Baca juga :  Sering Lupa Karena Kapasitas Otak Terbatas?

Ada 7 jenis mineral yang termuat di dalam satu buah kuning telur. Seperti kalsium, sodium, kalium, magnesium, besi, seng, dan fosfor. Sebagai sumber vitamin, kuning telur menyelipkan kandungan vitamin yang larut dalam air dan lemak.

Melirik ke segi manfaatnya, kuning telur juga tidak kalah saing dengan sumber pangan lain. Namun, tentunya juga harus memperhatikan porsi. Sebab, jika berlebihan, resiko tinggi kolesterol akan meningkat juga. Kuning telur akan mendatangkan banyak hal positif untuk kesehatan jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Dengan kandungan kuning telur yang membawa lemak berupa omega-3, sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak dan memori. Di samping itu, juga bisa meminimalisir terjadinya peradangan pada tubuh.

Kuning telur yang kaya akan vitamin dan nutrisi bisa meningkatkan kesehatan jantung meski tidak secara langsung. Dengan Kolin dari telur, mampu mengatur fungsi kardiovaskular. Sehingga, risiko beberapa penyakit kronis seperti asma, radang, hingga jantung bisa lebih ringan.

Menjaga Kesehatan Rambut

Kuning telur mengandung nutrisi yang sama dengan rambut sehat dan berkilau. Sehingga tidak heran jika beberapa orang terlihat mengoleskan kuning telur di rambutnya sebagai salah satu cara perawatan. 

Vitamin yang terkandung di dalam kuning telur lebih anti dari kerusakan serta sanggup mengobati beberapa masalah rambut lainnya. Misalnya, rambut patah, rambut rontok, atau lebih cepat menumbuhkan rambut.

Berpengaruh dalam Kesehatan Mata

Kandungan kuning telur ternyata juga sangat bagus untuk kesehatan mata. Kuning telur menyediakan kandungan antioksidan Lutein dan zeaxanthin yang bisa membantu mencegah mata katarak dan degenerasi makula.

Di samping itu, karotenoid yang juga terhimpun di dalam kuning telur berperan untuk antioksidan mata. Dimana kuning telur akan bergerak menjadi pelindung dari radikal bebas yang berisiko merusak retina mata. Sebab, jika retina rusak, penglihatan akan terganggu, terutama dalam memfokuskan cahaya.

Baca juga :  Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama dan Berbagai Manfaatnya

Mengandung Asam Amino Esensial

Perlu Anda ketahui, tidak semua jenis makanan mengandung zat yang satu ini. Asam amino kandungan kuning telur  merupakan senyawa yang perannya tidak bisa dipisahkan dari tubuh. 

Dalam proses pembentukan protein dan merangsang saraf otak, asam amino merupakan penggerak utama. Maka dari itu, dengan memanfaatkan asam amino yang terdapat pada kuning telur, akan lebih mudah mencukupi kebutuhan tubuh akan protein tersebut.

Sementara, tidak semua makanan mengandung asam amino ini, menjadi sebuah keberuntungan bagi Anda yang doyan dengan kuning telur. Di sisi lain, protein juga membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah, memaksimalkan Kesehatan tulang serta menurunkan berat badan.

Sangat Baik untuk Tulang dan Gigi

Masih ada lagi manfaat dari kandungan kuning telur yang tersembunyi. Selanjutnya yaitu menjadi sumber vitamin D yang mana bergerak dan menjadi tameng dalam kesehatan tulang, gigi, serta otot dan penyerapan kalsium. 

Vitamin D yang termuat di dalam kuning telur juga dipercaya mampu melindungi dan memperkuat tulang dan gigi.

Meminimalisir Kecacatan pada  Janin

Tidak hanya orang biasa yang bisa menikmati manfaat dari telepon ini, orang yang sedang hamil ternyata juga kecipratan manfaat. Pengkonsumsian kuning telur saat hamil bisa meminimalisir terjadinya cacat tabung saraf.

Hal ini mengingat kuning telur yang kaya akan kolin dan folat. Kedua nutrisi tersebut mempunyai pengaruh dalam tumbuh kembang janin, terutama perkembangan otak.  Studi juga menyatakan bahwasanya kerja sama dua nutrisi tersebut juga bisa menurunkan gejala asma.

Menghindari Pembekuan pada Darah

Kandungan kuning telur yang tinggi protein, ternyata masih mempunyai manfaat, yakni mencegah pembekuan darah. Seseorang yang sudah terbiasa dengan pola hidup kurang sehat, seperti merokok atau mereka yang menggunakan pil KB, lebih tinggi resikonya mengalami pembekuan darah. 

Baca juga :  Sarapan Pagi Untuk Diet Dengan Menu Sehat dan Tepat

Dengan mengkonsumsi kuning telur secara rutin sesuai anjuran porsi adalah salah satu cara untuk mencegah pembekuan darah. Jangan lupa untuk mengimbangi juga dengan pola hidup sehat lainnya. 

Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Melalui kandungan mineral yang dibawanya, kuning telur juga berperan dalam menanggulangi resiko terjadinya batu ginjal. Batu ginjal merupakan sebuah penyakit dimana terjadi pembentukan material keras semacam batu kecil yang berasal dari mineral garam ginjal.

Tidak hanya itu, karena kuning telur diklaim sanggup melindungi kandung kemih agar senantiasa terjaga kesehatannya.

Mengobati Jerawat dan Mencerahkan Kulit

Manfaat kandungan kuning telur yang tidak bisa dipisahkan dari kaum hawa adalah sebagai pelengkap komposisi masker wajah. Adanya sifat antibakteri yang bersembunyi di balik kuning telur mampu melawan kuman jahat penyebab jerawat aktif. 

Untuk maskernya, Anda bisa memadukan kuning bisa ini dengan madu atau minyak almond. Kemudian aplikasikan ke wajah beberapa menit. Terasa tidak nyaman dan agak lengket saat menggunakan. 

Namun, dari segi hasil, kemungkinan akan lebih baik dan tidak mengecewakan. 

Mengingat banyaknya manfaat yang hadir dan dikemas dalam kandungan kuning telur tersebut, sangat sayang jika Anda melewatkan menu sehat setiap harinya. Apalagi dengan Anda yang masih bimbang tentang menu diet yang sehat. Kuning telur ini bisa menjadi salah satunya.

Mengubah pola hidup sehat paling utama adalah merubah pola konsumsi. Mulai saat ini, Anda memerlukan asupan yang bernilai gizi dan sehat pastinya.

Hanya disini Anda bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat Anda. Menu-menu diet yang sehat sudah terkemas rapi, fresh, dan aman untuk dikonsumsi lantaran tidak menggunakan bahan pengawet. Terakhir, ada varian menu yang bisa Anda coba setiap harinya. Tunggu apalagi, yuk menjadi bagian M Kitchen sekarang juga.