Makanan Tinggi Kalori dan Protein yang Aman dan Sehat untuk Tubuh

makanan tinggi kalori dan protein

Ada banyak jenis makanan tinggi kalori dan protein yang aman serta baik untuk tubuh seseorang terutama kesehatan. Jika karbohidrat merupakan sumber utama untuk tubuh, maka protein sebagai memainkan peran yang sangat penting.

Pasalnya manusia sangat membutuhkan asupan berupa protein dan kalori yang mencukupi. Tujuannya adalah guna memperbaiki jaringan yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, makanan yang banyak mengandung protein juga bisa membantu dalam menurunkan berat badan seseorang. Bahkan mampu menurunkan adanya tekanan darah tinggi.

Beberapa Makanan Tinggi Kalori dan Protein yang Baik dan Aman

Hampir setiap jenis makanan mengandung protein maupun kalori, hanya saja kadar yang cukup berbeda antara satu dengan yang lain. Pasalnya kalori bukanlah zat, tetapi elemen dari penghasil energi yang dihasilkan dari sejumlah zat seperti karbohidrat, protein dan lemak.

Salah satu fungsi dari kalori adalah sebagai penghasil energi di dalam tubuh kita. Maka dari itu, tubuh sangat membutuhkan asupan kalori setiap harinya. Namun bukan berarti kalori bisa membuat tubuh menjadi cepat gemuk.

Sedangkan protein merupakan sumber gizi penting karena dapat membangun organ, kulit, otot dan hormon. Karena di dalam tubuh manusia pasti membutuhkannya guna memperbaiki dan menjaga jaringan.

Sementara itu protein untuk anak-anak bertujuan sebagai proses pertumbuhan mereka. Nutrisi seperti ini merupakan salah satu penyumbang dari kaori di dalam makanan selain lemak dan karbohidrat.

Berikut ini ada beberapa makanan tinggi kalori yang tidak hanya mengandung lemak saja. melainkan mampu memberikan kandungan berupa nutrisi yang sangat baik untuk tubuh manusia.

Baca juga :  Contoh Menu Makanan untuk Diabetes yang Aman Dikonsumsi

1. Telur

Makanan tinggi kalori dan protein yang pertama adalah telur, yang merupakan salah satu sumber vitamin, lemak sehat, mineral dan antioksidan. Pasalnya seluruh bagian pada telur ini lebih banyak mengandung protein yang lebih tinggi terutama bagian putihnya.

Inilah mengapa bagian putih telur mengandung protein yang baik untuk seseorang yang ingin diet. Sedangkan sebesar 30% kalori di dalam satu butir telur ini berasal dari protein tersebut.

Satu butir telur kandungan protein dari bagian putihnya dapat mencapai hingga lebih dari 4 gram sedangkan kuningnya mencapai 3 gram. Sedangkan untuk kalori yang dihasilkan adalah sekitar 19 kalori untuk putihnya dan 61 kalori untuk bagian kuningnya.

Jika anda mengkonsumsi satu butir telur utuh bisa mendapat protein dan kalori lebih tinggi pula. Namun jika proteinnya lebih banyak maka kandungan kalorinya lebih sedikit.

2. Dada Ayam

Makanan tinggi kalori dan protein yang kedua dan yang sangat populer adalah dada ayam. Apabila anda mengkonsumsinya tanpa kulit, maka sebagian besar kalori tersebut berasal dari kandungan proteinnya.

Pasalnya dada ayam juga lebih mudah untuk dimasak bahkan serbaguna dengan rasanya yang begitu lezat. Kandungan protein dalam satu potong dada ayam sendiri mencapai 53 gram dan sebanyak 284 jumlah kalorinya.

3. Selai Kacang

Ini merupakan salah satu bahan pelengkap yang lezat karena mampu menambah rasa pada makanan seperti roti tawar. Dalam selai kacang memiliki kandungan berupa asam amino dan lemak yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Selain itu juga dapat meningkatkan massa otot pada tubuh anda. Kacang atau selai kacang sama-sama pilihan yang sempurna jika anda menginginkan makanan yang tinggi kalori dan protein.

Cara pembuatannya juga terbilang sangat praktis, dan selai kacang ini juga banyak mengandung kalori sebanyak 270. Anda juga bisa menambahkan selai tersebut ke berbagai makanan favorit.

4. Daging Merah

Makanan tinggi kalori dan protein selanjutnya adalah daging merah. Mengandung banyak asam amino (leusin) maupun keratin yang bisa membentuk otot. Selain itu juga banyak vitamin B12 yang sangat diperlukan untuk hormon, DNA, sintesis protein dan sel darah.

Baca juga :  Catering Sehat BSD Menyediakan Berbagai Variasi Menu Makanan Sehat

Anda juga bisa mengkonsumsi berbagai macam daging merah seperti daging kalkun, bebek, dan dendeng. Akan tetapi dengan menjaga asupan daging tersebut supaya tidak berlebihan.

5. Semua Jenis Ikan

Ikan merupakan makanan yang memiliki kandungan berupa nutrisi penting untuk tubuh. Salah satunya ikan banyak mengandung beberapa asam lemak omega 3 dan sangat baik untuk kesehatan jantung.

Sementara kandungan protein di dalam hewan air ini juga sangat bervariasi tergantung dari jenis ikan tersebut. Misalnya seperti ikan salmon yang banyak mengandung protein lebih tinggi hingga 19 gram.

6. Kacang Almond

Almond merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki protein, serat lebih tinggi serta mangan, vitamin E juga magnesium. Mengkonsumsi almond sebanyak 10 dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.

Selain itu kacang almond juga dapat memberikan protein sebanyak 0,25 gram dan kalori yang berasal dari protein sebanyak 15%. Dalam satu ons almond dapat menyediakan hingga 6 gram protein yang sebagian besarnya adalah lemak tak jenuh.

7. Buah Alpukat

Makanan tinggi kalori dan protein yang cocok anda konsumsi agar berat badan bisa naik lebih sehat adalah buah alpukat. Pasalnya alpukat ini mengandung sebanyak 160 kalori per 100 gram.

Selain itu buah yang satu ini juga kaya akan lemak sehat, vitamin A, B6, C, E, K, kalium, magnesium dan natrium yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi alpukat per hari bisa memperkuat kekebalan di dalam tubuh serta menambah energi seseorang.

8. Paha Ayam

Merupakan jenis makanan yang dapat menaikkan berat badan dan ini lebih baik daripada dada ayam karena memiliki vitamin, mineral dan protein lebih tinggi. Paha ayam adalah makanan yang tinggi kalori dan protein yang dapat anda pilih dari protein hewani.

Baca juga :  Daftar Menu Diet Sehat Sehari-Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

Akan tetapi anda harus bisa menjaga asupan daging ayam supaya tidak berlebihan. Karena paha ayam memiliki lemak jenuh lebih tinggi. Jadi, anda bisa memasaknya seperti dibakar atau direbus.

9. Coklat Hitam

Makanan tinggi kalori dan protein sebagai salah salah camilan sehat dalam menaikan berat badan adalah coklat hitam. Ini mengandung hingga 546 kalori/100 gram. Coklat hitam sendiri merupakan salah satu sumber antidepresan dan antioksidan yang baik.

Anda dapat menambahkan coklat hitam ke dalam roti lapis, smoothie, maupun biskuit gandum tanpa menambahkan apapun. Pasalnya coklat ini adalah sumber makanan yang tinggi kalori dan protein untuk menghasilkan energi dalam tubuh.

10. Buah Mangga

Buah ini banyak mengandung kalori yang jika anda konsumsi sebagai jus akan memiliki jumlah kalori hingga 156 Kkal per 100 gram. Meski demikian, sebaiknya anda harus mengkonsumsi mangga sewajarnya saja karena terlalu banyak kandungan kalori di dalamnya

11. Nasi

Nasi merupakan salah satu makanan pokok manusia yang cukup sulit dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat karena nasi adalah sumber makanan pertama yang bahkan semua orang selalu mengkonsuminya agar lebih kenyang tahan lama.

Oleh karena itu makanan ini merupakan sumber karbohidrat. Maka pilihan yang tepat dan utama bagi masyarakat Indonesia. Nasi memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi sebanyak 200 di dalam satu piring.

Tips Mendapatkan Makanan Tinggi Kalori dan Protein Dengan Mudah

Makanan sehat bisa didapatkan dari makanan dengan kalori dan protein tinggi seperti penjelasan diatas. Untuk lebih mudah kamu dalam mendapatkannya, M Kitchen sudah menyediakan solusinya. Dengan pilihan menu catering makanan sehat yang lezat & halal, kamu bisa mudah menjaga pola hidup sehat. Hubungi customer service Healthy M Kitchen untuk konsultasi atau pemesanan makanan tinggi kalori dan protein yang sehat & lezat.

 

WA catering