Menu Diet Rendah Kalori dan Cara Pengolahannya

menu diet rendah kalori

Diet merupakan langkah untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara diet terbaik dengan menerapkan pola makan sesuai kebutuhan gizi terutama kalori dalam tubuh. Ada berbagai menu diet rendah kalori yang bisa Anda pilih.

Kalori merupakan salah satu kebutuhan gizi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta memenuhi kebutuhan ketika aktivitas sehari-hari. Dalam hal ini bukan berarti menghindari makanan dengan kandungan kalori tinggi. Anda hanya perlu mengurangi asupan tersebut agar berat badan tetap seimbang.

Menerapkan perilaku hidup sehat merupakan salah satu cara untuk menjalankan diet. Pada dasarnya menu sehat yang Anda sajikan tidak harus ribet. Mulai dari menu sederhana mampu memberikan manfaat terbaik untuk kesehatan.

Varian Menu Diet Rendah Kalori

Gaya hidup sehat termasuk dengan menjaga pola makan seimbang dan melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Diet sehat memiliki tujuan lain seperti menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Hal tersebut harus diimbangi dengan pemenuhan asupan nutrisi yang penting untuk tubuh.

Kalori merupakan sumber energi yang selalu dibutuhkan oleh tubuh ketika beraktivitas. Nantinya kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi energi. Tak heran apabila seseorang selalu bertenaga dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Nah, sisa dari kalori yang tidak terpakai akan berubah menjadi lemak. Hal inilah yang menjadi pemicu tubuh seseorang menjadi lebar atau gemuk. Berat badan akan terus meningkat secara drastis.

Penting untuk Anda membatasi jumlah kalori dengan mengonsumsi menu diet rendah kalori. Jangan sampai jumlah kalori harian bisa melebihi kebutuhan yang dibakar. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan padat nutrisi lainnya agar kebutuhan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Baca juga :  Menu Sarapan Untuk Diet Pemula Yang Bermanfaat

Lalu, apa saja menu diet yang baik untuk mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Telur

Menu pertama yang bisa Anda konsumsi adalah telur. Pada dasarnya telur merupakan makanan rendah kalori yang kaya nutrisi. Untuk sebutir telur memiliki kandungan 74 kalori.

Sedangkan kandungan lemak pada telur berkisar 4.97 gram, karbohidrat 0,38 gram, dan protein 6.29 gram. Telur merupakan makanan yang sangat cocok untuk diet. Mengkonsumsi satu butir telur rebus membuat perut merasa lebih kenyang dalam jangka waktu lama.

Lobak

Kemudian ada lobak yang merupakan salah satu makanan rendah kalori. Dalam hal ini bisa kita ketahui apabila tiap 100 gram lobak menyematkan 21 kalori. Anda bisa mengonsumsinya dengan memberi tambahan asupan nutrisi.

Anda bisa mengolah lobak sebagai sup dan menjadi menu diet rendah kalori yang memberi banyak manfaat. Tak heran jika banyak orang yang sengaja membeli lobak untuk melaksanakan diet. Sehingga berat badan bisa turun dengan signifikan walaupun secara perlahan.

Selada

Menu diet rendah kalori berikutnya adalah selada. Dalam hal ini sayuran selada sering dipakai sebagai lalapan. Sayuran tersebut mengandung sedikit kalori hanya sebesar 18 kalori.

Ketika Anda diet sangat bagus untuk mengkonsumsi selada dengan mengolahnya menjadi salad. Anda bisa mencampurkannya dengan sayuran lainnya dengan kebutuhan nutrisi harian. Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

Selada merupakan sayuran yang kaya akan serat. Jenis sayuran tersebut juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan Vitamin K. Tentunya hal ini sangat tepat guna memelihara daya tahan tubuh agar tetap fit dan fresh.

Wortel

Menu diet rendah kalori yang bisa Anda konsumsi adalah wortel. Sayuran yang satu ini cocok digunakan untuk menu makan sehat. Pada dasarnya wortel juga merupakan sayuran yang baik untuk kesehatan mata.

Baca juga :  Kalori Salad Sayur Penting Untuk Kelancaran Program Diet

Anda bisa mengolahnya dengan berbagai jenis sayuran lainnya. Dalam hal ini cukup mencampurkan wortel dalam sup atau jenis olahan lainnya. Wortel juga mengandung vitamin A, vitamin B, protein, dan lain-lain.

Dada Ayam

Selanjutnya ada dada ayam tanpa lemak yang baik untuk menjadi asupan ketika diet. Biasanya dalam 100 gram dada ayam mengandung kalori 164.9 kcal. Selain itu juga memiliki kandungan 86 mg kolesterol, 74 mg natrium, 256 mg kalium, 31 protein, dan kaya oleh vitamin A.

Daging Ikan

Ternyata daging ikan termasuk salah satu menu diet rendah kalori yang cocok untuk diet. Dalam hal ini ada berbagai ikan yang bisa Anda pilih yaitu ikan kod, patin, salmon, kembung, dan ikan tuna. Untuk 100 gram ikan kod mengandung 82 kalori dan 18 gram protein.

Lain halnya dengan 100 gram ikan tuna memiliki kandungan 131.9 kcal serta 28 gram protein. Masih banyak jenis ikan lainnya yang bisa Anda jadikan menu untuk diet. Sehingga berat badan bisa terjaga dengan seimbang.

Buah Beri

Anda juga bisa mengonsumsi buah beri yang memiliki rendah kalori. Beberapa buah tersebut diantaranya adalah stroberi raspberry, blueberry, dan blackberry. Tidak hanya terkenal rendah kalori, bermacam beri tersebut juga kaya akan mineral dan kandungan antioksidan.

Kandungan serat yang tinggi pada buah beri bisa memberikan rasa kenyang cukup lama. Mampu menunjang penurunan berat badan dan meminimalisir rasa lapar.

Tips Mengolah Menu Diet

Kebanyakan orang gagal melakukan diet karena salah dalam pengolahan bahan makanan. Mungkin terdapat kesalahan dalam proses pengolahan sehingga tidak membuat berat badan Anda turun. Adapun cara pengolahan menu diet rendah kalori adalah sebagai berikut.

Menggunakan Minyak Pilihan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak pilihan. Salah satu minyak yang cocok untuk Anda gunakan adalah minyak kelapa. Kebanyakan orang sering memilih minyak sayur untuk mengolah menu diet.

Baca juga :  Diet Untuk Penderita Diabetes Dengan Cara Mudah

Padahal minyak tersebut justru menambah risiko peningkatan berat badan. Gunakan minyak dengan takaran seperlunya. Anda perlu menghindari penggunaan minyak goreng berulang kali agar kesehatan tetap terjaga.

Mengatur Kombinasi Pilihan Makanan

Kemudian penting bagi Anda mengatur kombinasi pilihan makanan untuk diet. Pastikan bahwa makanan tersebut sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sehingga tidak menimbulkan kelebihan nutrisi yang berujung menjadi lemak dalam tubuh.

Anda perlu memperhatikan kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, kalori, dan lain sebagainya. Kombinasi antara buah, daging, dan sayur agar tidak bosan. Dengan begitu memberikan kesempatan untuk Anda bisa bersemangat dalam melaksanakan diet.

Perhatikan Waktu Memasak

Mengolah menu diet rendah kalori bisa dengan memperhatikan waktu memasak. Olah semua makanan tersebut dengan metode yang tepat. Jangan memasak sayuran hingga terlalu matang karena bisa menghilangkan nutrisi yang ada.

Boleh Memakai Bahan Makanan yang Mengandung Lemak

Anda bisa mengolah makanan dengan tambahan bahan lemak. Namun, Anda harus memperhatikan berbagai jenis lemak untuk mencukupi kebutuhan. Mengingat bahwa seseorang juga membutuhkan lemak untuk menambah energi dalam menjalankan berbagai aktivitas.

Kandungan lemak yang baik terdapat pada beberapa makanan seperti alpukat, minyak zaitun, dan lain sebagainya. Satu hal yang perlu Anda ingat untuk menyesuaikan porsi dengan kebutuhan harian.

Jangan menambahkan lemak dalam jumlah yang terlalu banyak. Pasalnya lemak yang berlebih justru meningkatkan berat badan Anda.

Dengan memperhatikan menu diet rendah kalori maka berat badan Anda bisa lebih terjaga. Hal tersebut perlu diimbangi dengan aktivitas olahraga. Sehingga kesehatan tubuh juga terjaga dengan baik tanpa menurunkan daya tahan tubuh.

Nah, tentunya agar lebih praktis dalam menyiapkan menu diet, Anda bisa memanfaatkan vendor yang ada. Kami merekomendasikan M Kitchen yang sudah mumpuni dalam melayani berbagai makanan menu diet nan sehat untuk Anda. Anda bisa mengunjungi situs resminya di https://healthymkitchen.com/.