Sarapan Pagi Untuk Diet Dengan Menu Sehat dan Tepat

sarapan pagi untuk diet

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebagian besar penyakit timbul karena pola makan yang kurang tepat, termasuk sarapan pagi untuk diet.

Penting bagi kita untuk memulai pola makan yang sehat sehingga terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Mulailah dengan menerapkan sarapan pagi yang tepat dan sehat untuk diet harian Anda.

Diet bukan berarti mengurangi jumlah dan porsi makan. Diet yang demikian hanya akan menyiksa diri kita sendiri.

Pola makan sehat yang dimaksud adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Sebagai gantinya adalah dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung protein.

Aneka Menu Sarapan Pagi untuk Diet Sehat Anda

Sarapan pagi itu penting agar kita mempunyai cukup nutrisi dan tenaga untuk beraktivitas sehari-hari. Ada baiknya menu makanan yang kita pilih saat sarapan rendah kalori dan lebih mengutamakan kandungan protein.

Faktanya, konsumsi makanan berprotein sebesar 30 gram sudah mampu membuat kita kenyang. Kita tidak akan merasakan lapar yang berlebih sepanjang hari. Kondisi yang demikian akan membuat asupan makanan kita lebih terkontrol. Otomatis kita terhindar dari perilaku makan yang berlebih.

Ubi

Selain mengandung karbohidrat tinggi, ubi juga kaya akan serat. Serat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan dan terhindar dari gangguan kesehatan.

Donat Kentang

Kentang bermanfaat untuk memperbanyak baker baik di dalam saluran pencernaan. Olahan donat kentang sebagai sarapan pagi untuk diet dapat dijadikan sebagai penawar racun alami asam yang berlebih pada tubuh.

Baca juga :  Makanan Tinggi Kalori dan Protein yang Aman dan Sehat untuk Tubuh

Selai Kacang

Selai kacang banyak mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan. Cocok dipadukan sebagai pelengkap roti sebagai menu diet sehat.

Roti Gandum dengan Varian Isi

Untuk mendapatkan nutrisi yang kompleks, konsumsilah roti gandum lengkap dengan isian. Isian yang dimaksud adalah dengan perbanyak sayuran seperti selada dan tomat. Serat yang terkandung dalam sayuran melancarkan pencernaan dan dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Sup Tahu Tempe

Olahan dari kedelai tersebut mengandung protein yang berperan dalam menyeimbangkan asam basa cairan dalam tubuh. Jika keseimbanagan asam dan basa trjaga, otomatis cairan dalam tubuh menjadi stabil.

Sayur Bayam

Kandungan zat besi dan potasiumnya baik untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Konsumsi bayam sebagai sarapan pagi untuk diet baik asal porsi tetap diperhatikan.

Ikan Salmon

Selain bergizi, ikan salmon juga mengandung minyak ikan yang membantu insulin mengalirkan glukosa  dari aliran darah ke dalam sel. Ini merupakan upaya membuat tubuh tidak kecanduan konsumsi gula secara berlebih.

Yoghurt dan Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak merupakn salah satu menu diet yang baik. Anda juga bisa mengkonsumsi yoghurt yang mengandung susu rendah lemak. Untuk amannya pilihlah yoghurt yang bebas gula dan rendah kalori, yaitu lain yoghurt. 

Selain mengenyangkan, yoghurt juga baik dan sehat untuk pencernaan. Pencernaan yang sehat akan memperlancar BAB dan menjaga berat badan tetap stabil.

Olahan Makanan dalam Bentuk Jelly

Jelly bisa menjadi rekomendasi menu sarapan pagi untuk diet ringan Anda. Jelly dapat membantu menjaga stabilnya berat badan tubuh dan cukup memberikan energi untuk beraktivitas.

Aneka Buah-Buahan

Potongan buah seperti apel, alpukat, pisang, dan pir  berguna untuk menurunkan kolesterol dan mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Buah juga mengandung anti oksidan , mineral, serat, protein, dan lemak sehat.

Baca juga :  Kalori Tteokbokki Sangat Tinggi? Benarkah?

Pengaturan konsumsi buah bertujuan agar tidak cepat membuat perut selalu lapar. Lebih baik lagi bila buah-buahan diatas tidak disajikan dalam bentuk jus.

Mengapa? Karena setelah diolah menjadi bentuk cair tidak akan mampu membuat perut kenyang dalam waktu yang lama. Konsumsi dalam bentuk jus juga mengandung tambahan gula yang dapat memicu berat badan selalu naik.

Edamame, Kacang Kedelai Muda

Diet dengan konsumsi edamame adalah diet terbaik. Kacang kedelai muda ini mengandung rendah lemak, kaya protein, dan serat.

Telur Rebus

Bahan makanan ini juga bisa dikonsumsi sebagai menu  sarapan pagi untuk diet sehat. Telur merupakan sumber protein dan lemak hewani yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi telur dapat mencegah rasa lapar berlebih pada siang hari. 

Sereal dengan Susu Rendah Lemak

Makanan ini sangat mengenyangkan apabila dicampur dengan susu rendah lemak sebagai pelengkapnya. Hal ini memungkinkan Anda agar tidak selalu mkn camilan. Selain itu sereal bergizi untuk tubuh. Taburkan potongan kismis sebagai pelengkapnya.

Pisang

Konsumsi pisang berguna untuk menciptakan rasa kenyang lebih lama. Selain itu pisang kaya akan serat. Agar kalori tetap terjaga cukuplah konsumsi satu buah pisang per harinya.

Oatmeal

Kombinasi oatmeal dan granola dengan susu rendah lemak dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Memiliki kandungan  serat yang cukup tinggi dan mampu mengontrol gula dalam darah. 

Oatmeal juga berfungsi sebagai penghilang lemak dan membersihkan racun dalam tubuh. Selain itu makanan kaya serat ini baik untuk menjaga kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol.

Bahan makanan yang aman dan sehat dapat kita temukan dengan mudah di M Kitchen. Kita hanya harus menerapkan kebiasaan sarapan pagi untuk diet sehat dan tepat. Diet sehat bukanlah diet yang menyiksa.

Baca juga :  Menu Sarapan Sehat dan Praktis untuk Diet, Berikut Ini Rekomendasinya