Makanan Yang Dihindari Saat Diet. Ini Jenisnya!

Makanan yang Dihindari Saat Diet

Memiliki tubuh ideal adalah keinginan semua orang. Biasanya mereka melakukan diet untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Nah, ada beberapa makanan yang dihindari saat diet karena bisa memberikan pengaruh terhadap naiknya berat badan.

Salah satu cara agar diet berhasil memang harus menghindari beberapa makanan dan minuman. Dalam hal ini termasuk makanan yang mengandung karbo, lemak jenuh, atau gula tinggi. Semua orang yang sedang diet perlu mempertimbangkan jumlah kalori dan kebutuhan nutrisi yang kaya akan serat serta protein sehat.

Ketika asupan kalori dalam tubuh rendah maka seseorang masih bisa merasakan lapar dalam waktu singkat. Sehingga penting bagi Anda untuk melakukan pola makan dan hidup sehat. Hal tersebut juga diimbangi dengan aktivitas olahraga.

Jenis Makanan yang Dihindari Saat Diet

Berupaya untuk menjaga berat badan agar tetap ideal membutuhkan usaha keras. Salah satunya berani menghindari beberapa makanan berikut.

Kentang Goreng

Makanan yang harus Anda hindari ketika menjalankan diet adalah kentang goreng. Pada dasarnya kentang merupakan salah satu makanan yang sehat untuk diet dan mengenyangkan. Namun, proses pengolahan kentang harus diperhatikan dengan baik.

Kentang kerap menjadi pengganti nasi saat seseorang menjalankan program penurunan berat badan. Hal ini menjadi berbeda ketika Anda mengolahnya dengan cara digoreng. Proses penggorengan kentang bisa meningkatkan kalori, garam, dan kadar lemak.

Selain itu, mengonsumsi kentang goreng secara berlebih mampu meningkatkan risiko kanker. Ada baiknya Anda mengolah kentang dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus. Metode tersebut baik untuk menjaga nilai nutrisi dalam kentang.

Gorengan

Makanan yang dihindari saat diet juga termasuk gorengan. Biasanya gorengan mengandung tinggi kalori, garam dan lemak tidak sehat. Kandungan tersebut berpotensi meningkatkan berat badan seseorang.

Baca juga :  Khasiat Daun Gaharu untuk Obat

Banyak orang yang mengonsumsi masakan dengan metode penggorengan dengan dalih menjadi lebih renyah. Padahal metode tersebut bisa menambah banyak lemak serta kalori. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi gorengan umumnya mudah merasa lapar.

Hal tersebut mengganggu proses diet agar berat badan tetap ideal. Konsumsi gorengan yang berlebih memungkinkan kandungan serat dan protein dalam tubuh semakin minim. Daripada mengonsumsi gorengan ada baiknya Anda makan buah dan sayur sebagai pelengkap hidangan.

Tak hanya itu, gorengan membuat berat badan cepat naik. Terbukti orang yang mengonsumsi gorengan akan cepat gemuk dan mudah lelah. Sehingga makanan tersebut tidak baik untuk menjalankan proses penurunan berat badan.

Mie Instan

Ternyata mie instan termasuk dalam kategori makanan yang dihindari saat diet. Bahkan mie instan yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Mie instan merupakan makanan yang rendah serat dan protein.

Namun, makanan tersebut sangat tinggi lemak, karbohidrat, natrium, dan zat aditif. Kandungan MSG pada mie instan mampu meningkatkan risiko terjadinya sembelit. Dengan begitu kesehatan tubuh akan terganggu.

Adanya kandungan protein dan serat yang rendah maka tidak memuaskan rasa lapar. Biasanya orang yang mengonsumsi mie instan akan merasa lapar dalam waktu singkat. Sehingga tidak efektif untuk menjalankan diet penurunan berat badan.

Roti Putih

Mengonsumsi roti putih berpadu dengan selai menjadi menu sarapan paling praktis. Tetapi siapa sangka roti putih merupakan makanan yang dihindari saat diet? Apabila Anda tengah menjalankan diet, disarankan mengganti roti putih dengan oats atau roti gandum.

Pasalnya roti gandum atau oats memiliki kandungan tinggi serat. Hal tersebut memungkinkan Anda merasa kenyang lebih lama. Apalagi rasa lapar yang membara memicu Anda untuk makan lebih cepat.

Baca juga :  Makanan 0 Kalori Cocok untuk Program Diet Anda

Bahkan mengonsumsi roti gandum bisa menghilangkan lebih banyak lemak perut. Sehingga mengonsumsi roti putih dan nasi putih kurang baik dalam menjalankan diet. Anda harus mengganti alternatif lain agar berat badan tetap ideal.

Nasi Putih

Nah, nasi putih juga termasuk makanan yang dihindari saat diet. Walaupun makanan pokok tetapi sangat rendah lemak, serat, dan protein. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak maka berpotensi menaikkan berat badan.

Hal yang lebih parah mampu memicu terjadinya obesitas. Biasanya risiko obesitas ini terjadi pada remaja wanita. Nasi putih juga memiliki kandungan berupa indeks glikemik yang tinggi.

Tentunya hal tersebut sama seperti roti tawar putih. Nasi bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Untuk menjaga kesehatan dan berat badan lebih baik Anda membatasi konsumsi nasi putih.

Makanan Cepat Saji

Rupanya makanan cepat saji tidak baik dikonsumsi saat seseorang menjalankan diet. Pizza, burger, sosis, dan lain sebagainya masuk dalam kategori makanan yang dihindari saat diet. Hal tersebut berkaitan dengan risiko kanker karena mengandung karsinogenik.

Makanan cepat saji identik dengan tingginya kalori, kolesterol, garam, serta rendah nutrisi. Jika Anda mengonsumsi makanan cepat saji sama saja menambah lemak dalam tubuh. Bahkan juga menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL dari tubuh manusia.

Memang makanan tersebut terkesan simpel. Namun, dampaknya tidak baik bagi kesehatan. Anda bisa memilih referensi menu lainnya agar berat badan tetap ideal.

Kue Manis

Makanan yang dihindari saat diet adalah kue manis berbahan dasar terigu, gula, dan mentega. Bahan tersebut mengandung tinggi kalori dan rendah nutrisi yang tidak baik untuk proses diet. Minimnya kandungan gizi pada kue manis menyebabkan Anda cepat lapar.

Baca juga :  Makanan Tinggi Kalori dan Protein yang Aman dan Sehat untuk Tubuh

Bahkan kue manis bisa membuat Anda tidak puas jika hanya makan satu kali saja. Kebanyakan orang akan makan lebih lanjut agar memuaskan rasa laparnya. Hal ini memicu kenaikan berat badan berlebih.

Jika anda ingin tetap mengonsumsi kue manis sebaiknya memperhatikan komposisi terlebih dahulu. Biasanya menggunakan bahan dasar tepung rendah kalori, cokelat hitam dan menggunakan sedikit madu alami untuk pemanis. Usahakan untuk menggunakan gula diet agar tidak berisiko pada berat badan.

Daging Olahan

Kemudian daging olahan juga termasuk makanan yang dihindari saat diet karena proses pengolahannya kurang tepat. Makanan yang termasuk daging olahan adalah kornet, sosis, spam, dan ham. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut saat sedang diet.

Jenis daging olahan kebanyakan melalui proses pengeringan, fermentasi, atau pengalengan. Hal tersebut membuat kandungan nutrisi pada daging menjadi berkurang.

Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi daging segar dan sehat untuk menu diet. Dalam hal ini termasuk fillet dada ayam panggang tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan ikan segar.

Es Krim

Nah, pasti banyak yang mengira es krim baik untuk diet. Padahal termasuk makanan yang dihindari saat diet karena rasanya sangat manis. Ice cream memiliki kandungan gula serta kalori yang sangat melimpah.

Sebenarnya boleh mengonsumsi es krim saat diet jika bahannya menggunakan jus buah asli. Anda bisa menggunakan buah stroberi, mangga, melon, dan lain sebagainya.

Hindari penggunaan gula tambahan agar tidak mengurangi nutrisi pada buah. Anda juga bisa membuat es krim dengan yogurt agar lebih sehat.

Memang sangat dianjurkan mengurangi makanan yang dihindari saat diet. Hal tersebut membuat proses diet terjadi sia-sia. Kunjungi M Kitchen untuk melihat berbagai menu diet terbaik.