Tips Membuat Olahan Tempe Untuk Diet, Mudah dan Enak

Olahan Tempe Untuk Diet

Tempe merupakan sebuah makanan yang dipercaya memiliki kandungan gizi tinggi. Selain itu, tempe juga bisa digunakan sebagai makanan untuk diet. Namun, jika Anda mengkonsumsi tempe dengan rasa bumbu yang sama, pasti lama kelamaan Anda akan bosan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa olahan tempe untuk diet. Lalu bagaimana cara mengolahnya?

Untuk cara pengolahannya, Anda bisa mencari referensi melalui media internet atau bertanya kepada saudara yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang memasak. Tempe merupakan salah satu makanan yang sangat mudah untuk diolah dengan berbagai cara apapun.

Namun sebaiknya kurangi konsumsi tempe dengan cara digoreng, dan juga kurangi menggunakan garam yang berlebihan. Karena kedua hal tersebut dapat menggagalkan program diet Anda. Nah supaya Anda tahu lebih lengkapnya, sebaiknya simak beberapa ulasan dibawah ini,

Membuat Olahan Tempe Untuk Diet Mudah dan Enak

Untuk membuat menu diet menggunakan tempe sebaiknya kurangi menggunakan metode dengan cara digoreng seperti yang sudah dikatakan diatas. Karena minyak memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Lalu dengan metode seperti apa? Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah tempe. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, dibakar ataupun di kukus. Berikut ini beberapa tips untuk mengolah tempe menggunakan berbagai metode untuk bahan pengganti makanan berlemak.

Pepes Tempe

Metode pertama yang dapat dilakukan adalah membuat pepes tempe. Pepes tempe akan menjadi salah satu makanan yang sangat pas untuk dikonsumsi pada saat anda melakukan program diet. Tak hanya tempe, Anda juga bisa menambahkan tahu supaya memiliki rasa yang varian.

Kedua makanan tersebut merupakan diketahui memiliki rendah kalori, jadi pepes tempe dan tahu ini menjadi solusi untuk Anda yang bosan dengan metode memasak tempe yang sudah melakukan.

Baca juga :  Makanan Larangan Asam Urat Ini Jangan Anda Konsumi, Berbahaya!

Untuk membuat pepes tempe, anda perlu menyiapkan beberapa macam bahan-bahan supaya rasa pepes tempenya enak. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan yaitu daun jeruk, daun salam, Bawang merah putih, cabe, kemiri, dan yang terakhir adalah daun pisang.

Setelah Anda menyiapkan beberapa bumbu tersebut, potong tempe dan tahun sesuai dengan selera. Berikutnya haluskan bumbu-bumbu dan tumis bumbu yang sudah halus bersama dengan tempe dan tahu yang sudah dipotong-potong.

Setelah selesai ditumis, bungkus tempe tersebut menggunakan daun pisang yang sudah Anda siapkan tadi, kemudian kukus kurang lebih sekitar 20 menitan. Setelah itu, siap dikonsumsi. Olahan tempe untuk diet ini merupakan salah satu olahan banyak disukai orang.

Sate Tempe

Metode olahan tempe untuk diet kedua yaitu membuat sate. Sate tempe merupakan salah satu metode memasak yang pas untuk Anda yang sedang melakukan diet mayo.

Selain itu, sate tempe juga akan terasa lebih enak dan tidak membosankan. Sebelum mulai memasaknya, Anda perlu menyiapkan 1 buah tempe dan beberapa bumbu terlebih dahulu. Lalu apa saja bumbu yang harus disiapkan? Bumbu yang harus Anda siapkan adalah cabai merah, bawang merah putih, dan kemiri.

Cara memasak sate tempe ini juga sangat mudah dan mungkin siapapun bisa melakukannya. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghaluskan semua bumbu yang sudah disiapkan tadi. Setelah bumbu tersebut sudah halus, tuang ke wadah dan tambahkan air hangat secukupnya. Sebelum itu pastikan Anda sudah memotong tempe menjadi kecil-kecil.

Setelah terpotong masukkan tempe kedalam wadah dan tutup selama sekitar kurang lebih 15 menitan. Apabila sudah 15 menit, yang terakhir harus Anda lakukan adalah menyusun potongan tempe hingga menyerupai sate. Setelah semua sudah ditusuk lalu panggang dan tunggu sampai matang. Lalu sate tempe siap untuk disajikan

Baca juga :  Cara Diet Sehat Untuk Remaja yang Efektif dan Aman

Jus Tempe

Berikutnya adalah cara membuat olahan tempe untuk diet dengan cara di jus. Mungkin sebagian Anda belum mengetahui tentang rasa dan cara membuatnya. Caranya sangat mudah karena pada umumnya pembuatan olahan ini seperti membuat jus pada umumnya. Anda juga dapat menambahkan beberapa buah yang disuka.

Agar terasa lebih nikmat sebaiknya kukus tempe terlebih dahulu. Setelah dikukus potong tempe kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender serta Tambahkan air secukupnya. Menambahkan buah ke dalam jus tempe bertujuan untuk menambahkan selera saat mengkonsumsi jus tempe. Selain itu buah juga memiliki fungsi sebagai pengganti gula.

Nah setelah tempe dan buah sudah dimasukkan ke dalam blender, saatnya Anda mulai untuk menghaluskan selama kurang lebih sekitar 3 menit. Setelah menjadi jus sebaiknya segera di minum. Lalu, penting untuk diperhatikan adalah, jangan mendiamkan jus tempe terlalu lama. Karena hal itu dapat membuat jus teroksidasi sehingga membuat minuman menjadi zat asam yang berbahaya yang tidak baik untuk dikonsumsi.

Bakso Tempe

Metode membuat olahan tempe untuk diet berikutnya adalah dengan membuat bakso tempe. Mungkin bakso tempe masih sedikit asing di telinga Anda. Karena memang jarang orang yang membuat bakso menggunakan tempe. Nah, untuk membuat bakso tempe, Anda harus menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah tempe, tepung tapioka, telur, garam, bawang putih, merica dan minyak.

Membuat bakso tempe ini memang sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan membuat menu-menu olahan tempe lainnya. Akan tetapi supaya Anda tidak mudah bosan, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan metode olahan seperti ini. 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukus tempe selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Setelah selesai mengukus, diamkan tempe hingga dalam keadaan hangat. Ketika tempe sudah hangat hancurkan tempe bersamaan dengan bawang putih merica garam dan telur. Jangan lupa untuk menambahkan tepung tapioka dan juga air supaya adonan menjadi lebih padat. Kemudian aduk terus adonan sampai adonan mudah dibentuk. 

Baca juga :  Jenis Sayur Untuk Salad yang Baik Dikonsumsi

Setelah adonan sudah siap untuk dibentuk, lakukan proses pembentukan bola-bola bakso tempe. Tidak hanya berbentuk bola namun Anda bisa membentuk sesuai keinginan Anda supaya dapat menambah selera.

Nah, saat semua bakso sudah terbentuk saat nya Anda masukkan bakso tempe ke dalam air mendidih. Tunggu bakso mengapung, karena apabila bakso sudah mengapung, itu berarti tandanya sudah matang dan sudah siap untuk Anda konsumsi. Jangan lupa untuk menambahkan saus dan kecap supaya makin nikmat.

Tempe Bacem

Tempe bacem mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Selain rasanya yang nikmat, tempe bacem juga bisa Anda masukan kedalam daftar olahan tempe Anda. Cara memasaknya pun juga mudah. Akan tetapi agak sedikit berbeda, karena Anda tidak perlu menggoreng ulang. Nah, bumbu yang Anda perlukan adalah bawang merah putih, ketumbar, gula merah, kecap, air kelapa, air, daun salam dan lengkuas.

Cara memasaknya adalah masukan semua bumbu dan tempe kedalam wajan yang berisi air. Tambahkan kecap sesuai selera. Tunggu sampai air meresap secara sempurna. Setelah kuahnya habis, angkat dan tiriskan. Setelah itu bisa untuk langsung dikonsumsi.

Jika Anda lebih memilih olahan tempe untuk diet secara instan, Anda bisa mengunjungi salah satu website M Kitchen. Selain itu, nantinya Anda akan diberikan beberapa tips untuk membuat makanan khusus untuk diet.